Meski per hari ini, Selasa (3/1/2023), harga BBM mengalami penurunan. Namun itu bukan berarti ongkos transportasi tak lagi membengkak. Belum lagi soal urusan udara kotor yang kita hirup saban harinya dari asap knalpot kendaraan.
Nah, dengan kondisi tersebut nampaknya cukup masuk akal jika para pengguna motor mengalihkan pilihannya ke moda motor listrik, yang secara ekonomis jika dilihat dari sisi kehematan berkendara, biaya harian motor listrik terbilang lebih enteng.
Pengisian daya motor bakal tergantikan dengan pengisian daya listrik atau charging, layaknya pengisian daya pada perangkat elektronik lainnya.
Jika dirasa ribet harus mengisi daya yang membutuhkan waktu sekira 3-6 jam, maka pengguna bisa menggunakan alternatif lain, yakni melakukan swap baterai di beberapa gerai yang menyediakannya. Biaya sewanya juga gak kalah murah, cukup rogoh kocek Rp300 ribu/bulan maka kita bisa bebas melakukan tukar baterai kapanpun selama masa berlangganan.
Belum lagi soal wacana pemberian subsidi untuk pembelian kendaraan listrik, khususnya motor listrik yang mengemuka belakangan ini. Dalam rencananya itu, pemerintah bakal memberi subsidi sebesar Rp6,5 juta/unit bagi pembelian motor listrik baru.
Bukan tanpa alasan, bantuan subsidi dari pemerintah ini bertujuan mendorong target 13 juta unit motor listrik mengaspal di Indonesia pada 2030.
Nah, berikut ini daftar motor listrik yang ada di Indonesia.
1. Gesits G1
Motor listrik Gesits G1 sebelumnya sudah resmi diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, tepatnya pada 25 April 2019. Tampilannya lazim dengan motor matik konvensional pada umumnya. Selain memiliki eksterior yang kompak, motor ini juga dibekali dengan fitur yang tak kalah unggul di kelasnya.
Untuk pengisian daya baterainya pun terbilang cukup mudah, yakni menggunakan kabel atau mengisi baterai secara terpisah. Baterainya pun bukan baterai tanam, sehingga pemilik bisa mengisi daya baterainya terpisah dari motornya. Motor ini dilego secara resmi dalam kisaran Rp28 juta.
2. Alva One
Pada Agustus tahun lalu, Illectra Motor Group (IMG) secara mengejutkan memperkenalkan motor listrik pertamanya yang dijual resmi di Indonesia, Alva One. Dengan bekal mode berkendara yang dibilang cukup lengkap, motor ini diklaim bakal cocok untuk kebutuhan pengguna motor komuter.
Pengendara Alva One bisa memilih antara mode eco, cruise, dan e-Sport, yang tiap mode berkendaranya dibatasi untuk kecepatan maksimumnya. Soal harga, motor ini dibanderol Rp34,9 jutaan (OTR Jakarta).
3. NIU Gova 03
Motor asal negeri Tirai bambu, NIU Gova 03, resmi meluncur di Indonesia pada ajang IIMS Hybrid 2021. Tipe ini merupakan seri entry level dari unit-unit yang sebelumnya beredar, yakni NIU NQI Sport dan NIU NGT. Secara fisik, desainnya terbilang sederhana dan mirip dengan motor matik konvensional lainnya.
Soal pengisian dayanya, serupa dengan Gesits G1. Bedanya, motor NIU Gova 03 menggunakan baterai tanam, sehingga tidak bisa dilepas-pasang. Namun, produsen baterai Oyika memiliki versi NIU Gova 03 dengan yang memiliki baterai lepas-pasang, dengan biaya langganan Rp300 ribu/bulannya.
Harga motor ini setara dengan motor matik 125 cc konvensional yang ada saat ini, yakni di angka Rp23,8 juta (OTR Jakarta).
4. Volta Virgo
Kota Semarang, Jawa Tengah, berhasil unjuk gigi dengan menghadirkan produk motor listrik unggulannya, yakni Volta Virgo yang diperkenalkan secara resmi ke hadapan publik pada ajang IIMS Hybrid 2022. Motor seharga Rp15,4 juta (OTR Jakarta) ini cukup simpel, karena pengguna bisa dengan gampang menukar baterai pada lokasi swap point terdekat.
Uniknya, motor ini mengeluarkan suara laiknya motor konvensional yang memiliki knalpot. Hal itu lantaran penyematan suara artifisial yang bertujuan agar kehadiran motor ini terdengar oleh pengendara lain atau pejalan kaki.
5. Selis E-Max
Resmi diluncurkan di Indoneisa pada tahun 2019 yang lalu, Selis E-Max menggunakan sistem pengisian daya swap, yang memudahkan penggunanya. Menukil laman resmi Selis, motor listrik ini tergolong mahal, yakni berbanderol Rp28 juta dengan paket baterai ganda. Tapi jangan risau, karena ada versi yang lebih terjangkau dengan selisih Rp6 juta dengan paket baterai tunggal.
6. Viar Q1
Jika di jalan raya kita kerap melihat pengguna ojol Grab menggunakan motor listrik, maka motor itu adalah Viar Q1 yang diperkenalkan secara resmi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.
Dari sisi desain, sekilas tampak mirip dengan NIU Gova 03 dengan goresan konsep retro atau motor klasik. Motor yang dilego Rp18 jutaan ini didesain untuk pengguna yang menggunakan motor untuk perjalanan jarak pendek dan menengah. Jadi, untuk perjalanan jarak jauh tidak direkomendasikan.
7. United T1800
Siapa yang tak kenal sepeda dari jenama United. Nah, jenama ini kini telah memproduksi motor listrik pada akhir tahun 2020 lalu dengan nama, United T1800. Tak kalah dengan produk sepedanya yang tahan banting, motor ini mampu memiliki kecepatan maksimal hingga 70 km/jam, dengan jarak tempuh maksimalnya 130 km untuk sekali pengisian daya baterai.
Untuk versi standar, United menjual motor ini seharga Rp27,5 juta, sementara untuk versi yang lainnya yakni United T1800 CM lebih mahal Rp6 juta (Rp33,5 juta), dan versi flagship-nya yaitu United T1800 TM–dengan paket dua baterai–dilego Rp34,2 juta.
8. ECGO 2
Sejatinya, motor listrik ECGO-2 resmi meluncur di Indonesia pada pameran GIIAS 2019. Desainnya mengusung konsep retro dengan lampu utama yang sudah menggunakan LED. Di antara motor listrik lainnya, motor ini berbanderol lebih murah, yakni cuma Rp11 juta. Bahkan untuk menyewa baterainya dalam kurun sebulan, cukup merogoh kocek Rp95 ribu saja.