3 organisasi ini gambarkan semangat sumpah pemuda atas pelestarian lingkungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pemuda peduli lingkungan
kelompok aktivis muda Bye Bye Plastic Bags (Instagram @melatiwijsen)

Tepat di hari ini, setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Di masa kini, ada banyak hal yang bisa dilakukan pemuda Indonesia untuk membuktikan rasa bangga dan cinta tanah air, salah satunya adalah dengan aksi kepedulian dan pelestarian terhadap lingkungan.

Bukan tanpa alasan, karena saat ini wujud permasalahan yang dihadapi Indonesia bukan lagi soal penjajah. Melainkan permasalahan yang dapat mengancam kelangsungan hidup masyarakat, yang belum tentu semua orang peduli, salah satunya kerusakan lingkungan.

Beruntung, di Indonesia sebenarnya ada cukup banyak pemuda-pemudi yang menggaungkan gerakan kepedulian lingkungan. Keberadaanya pun tersebar di sejumlah penjuru Indonesia. Bukan hanya perorangan, gerakannya juga banyak dilakukan dalam bentuk organisasi agar bisa memberi manfaat lebih berarti.

Lalu apa saja organisasi pemuda di Indonesia dengan semangat sumpah pemuda yang peduli terhadap lingkungan? Berikut 3 contoh di antaranya, yang dikutip dari Econusa.id:

1. OurConservaSea

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OurConservaSea (@ourconservasea)

OurConservaSea adalah sebuah organisasi yang memiliki fokus utama untuk menggaungkan gerakan konservasi laut di wilayah Papua. Pendiri OurConservaSea adalah Julia Rosemary Tapilatu, seorang mahasiswi Ilmu Kelautan Universitas Papua, bersama 3 temannya yang menginisiasi organisasi ini pada tahun 2019.

  Pelajar Relawan mendorong gerakan ''Jumat Berinfaq'' di Sekolah Alam Bogor

Latar belakang yang membuat Julia dan temannya membuat gerakan ini adalah kondisi perubahan iklim yang kian nyata merusak lingkungan di Papua.

Julia mendirikan OurConservaSea setelah dirinya mengikuti School of Eco Diplomacy Manokwari, pada tahun yang sama saat mendirikan organisasi tersebut.

Dalam melancarkan upaya mulianya, Julia bersama dengan teman yang lain aktif berbagi informasi seputar isu kelautan melalui media sosial. Beberapa jenis konten yang dibagikan di antaranya fakta-fakta tentang aneka spesies laut, hingga upaya yang dapat masyarakat lakukan untuk dapat ikut melestraikannya.

Tentu bukan hanya berupa kampanye di media sosial, dalam bentuk aksi nyata OurConservaSea juga aktif melakukan aksi pembersihan. Mulai dari pembersihan sampah dan laut, pawai bebas plastik, dan masih banyak lagi.

2. Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pepelingasih Kota Jayapura 🌿 (@pepelingasih.kotajayapura)

Pepelingasih merupakan singkatan dari Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih. Sama-sama berlokasi di Papua, bedanya organisasi satu ini sudah lebih dulu didirikan sejak tahun 2017.

  Kebahagiaan anak-anak yatim-piatu penyintas gempa Pasaman

Sebenarnya, organisasi ini merupakan sebuah program yang didirikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia. Pembentukannya bertujuan untuk menjadi wadah bagi anak muda untuk meningkatkan kapasitas diri dan memberi dampak yang baik bagi lingkungan hidup sekitar. Kini

Hadir di berbagai daerah Indonesia, untuk wilayah Papua organisasi ini dikoordinatori oleh Esti Muabuay. Esti juga disebut sebagai alumni dri program School of Eco Diplomacy kelas menengah pada tahun 2020.

Dalam program pelestariannya, Pepelingasih Jayapura aktif melakukan aksi nyata berupa pembersihan pantai dan menanam mangrove. Tak hanya itu, mereka juga aktif mengedukasi masyarakat di Jayapura tentang berbagai isu lingkungan.

Yang menarik, tiap anggota dari komunitas yang dimaksud sebenarnya memiliki kesibukan masing-masing. Ada yang sekolah dan berkuliah, namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk memberikan kontribusi secara nyata dan menggambarkan semangat pemuda untuk menjaga lingkungan.

3. Sorong Peduli Sampah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sorong Peduli Sampah (@sorongpedulisampah)

Bentuk organisasi lain yang juga dimotori oleh anak mudah untuk menggaungkan semangat menjaga dan cinta lingkungan adalah Sorong Peduli Sampah.

  Banjir Sangatta mulai surut, SalamAid galang bantuan sandang dan pangan

Pemuda yang tergabung dalam organisasi ini memiliki ragam kegiatan yang dilakukan sebagai solusi mengatasi permasalahan sampah di kota kota Sorong, Papua Barat. Aktif mengadakan dua bentuk acara baik daring atau secara langsung, mereka biasa melakukan kampanye dan kompetisi yang membakar semangat pemuda lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sedangkan untuk aksi nyata secara langsung, komunitas ini kerap mengadakan aksi membersihkan sampah di berbagai lokasi sudut kota.

Tak aktif sendiri, organisasi ini juga kerap melakukan aksi nyata dalam bentuk kolaborasi. Salah satunya dengan Bank Sampah Sorong Raya dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melakukan daur ulang sampah.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya