Kehangatan program ”Kampuang Ramadhan” di lokasi bencana gempa Pasaman

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Program Kampung Ramadan SalamAid di wilayah Pasaman, Sumatra Barat | SalamAid

Ramadhan 1443 H tahun ini menjadi bulan puasa yang berbeda pasca pandemi, setelah sudah membersamai kita selama dua tahun terakhir. Di tanah bencana gempa Pasaman, Sumatra Barat, jelas semuanya begitu kentara perbedaannya.

Lazimnya mereka berpuasa di rumah dengan menu yang mewah dan menggugah, kali ini mereka para penyintas gempa mesti berpuasa di tenda pengungsian dengan menu sederhana dan alakadarnya.

SalamAid dengan program Kampung Berbuka sepanjang Ramadhan ini yang menyebar di 22 kota di Indonesia, berupaya memfasilitasi para penyintas dengan menghidangkan menu berbuka puasa yang lebih layak, seperti yang biasa mereka hidangkan di hari-hari sebelum bencana melanda.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi).

Berangkat dari hadis ini, tim SalamAid ingin mengajak #SahabatBaik untuk bersama mendapat keberkahan dari kebaikan yang kita lakukan bersama.

“Allhamdulillah tarimo kasih dari aden masyarakat Kampung Aur Malampah, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, kepada SalamAid, yang sudah membuat kegiatan Buka Puaso Basamo Kampuang Ramadhan. Hari ini ada sekitar 75 orang ikut makan hidangan Buka Puaso mudah mudahan kebaikannya dibalas oleh Allah. aamiin..” ucap Eman, warga penyintas gempa.

  Keikhlasan anak belia untuk berdonasi dalam acara Salam Charity Bogor Day

Program Kampuang Berbuka terasa hangat di Pasaman. Warga Kampung Aur merasakan manfaat dari tiap-tiap menu berbuka. Salah satunya dengan dihidangkannya Sanok–kolak–sebagai pembuka menu takjilnya ,lalu ada ayam balado dan sayur sebagai menu utamanya.

Terimakasih #sahabatbaik atas sedekah baik di bulan baik Ramadan ini. Salam dari Pasaman Salam Ramadhan 22 Kota di Indonesia.

Program Kampung Ramadan SalamAid untuk penyintas gempa Pasaman, Sumatra Barat | SalamAid

Program Ramadan SalamAid

Secara umum, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program-program yang dilakukan oleh SalamAid sepanjang bulan Ramadan ini. Setelah sebelumnya meluncurkan program kegiatan The Rise With Ramadan 2022, yang bertajuk ”Salam Ramadan 22 Kota di Indonesia”.

Kegiatan ini ditujukan untuk mendorong para donatur untuk membantu masyarakat yang memang sangat membutuhkan, khususnya pasca pandemi Covid-19, dan juga momentum untuk melaksanakan niat baik dalam bulan suci Ramadan.

Di Ramadan kali ini ada juga paket pengembangan program Warung Seribu Cinta (WSC) spesial Ramadan. Paket tersebut menyiapkan menu berbuka bagi para pejuang jalanan, hadiah lebaran relawan, dapur ramadan, dan tentunya takjil sehat.

  Kolaboraksi JSAN Regio 1 dan petani kirim 1,5 ton sayuran untuk penyintas gempa Pasaman

SalamAid menargetkan kegiatan berbagi tersebut dapat disalurkan kepada 22.000 penerima manfaat yang terebar di 22 kota di Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan berbagi pada tahun ini juga dikatakan menjadi yang terbanyak, jika dibandingkan pada program Ramadan tahun sebelumnya yang hanya menyasar daerah Jabodetabek.

SalamAid juga akan mengadakan road show Ramadan di 22 kota di Indonesia yang mencakup di wilayah Sumatra, Batam, Jawa, dan Sulawesi.

Lembaga kemanusiaan itu juga disebutkan telah memiliki mitra yang tersebar di 22 kota untuk melakukan aksi dan mendukung program-program berkelanjutan selama bulan Ramadan.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SalamAid (@salam.aid)

Artikel Terkait

Artikel Lainnya