Larung Sembonyo, upacara adat nelayan Trenggalek ucapkan rasa syukur

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Sedekah laut (Eko Purnomo/Flickr)

Upacara adat dari Jawa Timur sangat banyak dan beragam, salah satunya upacara adat Larung Sembonyo. Upacara adat sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat lokal Pantai Prigi. Tempat ini terletak di kota Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Tradisi ini masih dilakukan oleh masyarakat Pantai Prigi, Trenggalek sebagai wujud rasa syukur atas hasil laut yang tersedia di alam. Upacara adat Larung Sembonyo ini juga sudah menjadi bagian dari kebudayaan lestari yang dikenal dari Trenggalek.

Lalu apa sejarah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya upacara adat ini? Berikut uraiannya:

1. Sejarah upacara adat

Sedekah laut (Eko Purnomo/Flickr)

Larung Sembonyo bermula dari peristiwa gaib yakni pernikahan Tumenggung Yudha Negara yang berasal dari Kerajaan Mataram. Tumenggung Yudha Negara merupakan utusan dari Kerajaan Mataram untuk melakukan perluasan lahan atau yang dikenal dalam bahasa Jawa yaitu babat alas.

Ketika melakukan perluasan lahan, dirinya bersama dengan saudara-saudaranya. Namun saudara-saudaranya diberi mandat untuk menjaga dan membuka lahan baru di wilayah yang mereka singgahi. Sedangkan Yudha melanjutkan perjalanan menuju wilayah Prigi.

  Air tertua di dunia berusia 2 miliar tahun ditemukan, bisa jelaskan awal mula dunia!

Kala itu, wilayah Pantai Prigi dikenal dengan kekuatan gaibnya yang tidak mudah ditaklukkan. Setelah melakukan bertapa dan meditasi akhirnya penguasa gaib di wilayah tersebut menyetujui penyerahan wilayah tersebut kepada Tumenggung Yudha.

Namun penyerahan tersebut tidak diserahkan secara percuma, Tumenggung Yudha harus menikahi putri bernama Putri Gambar Inten. Pernikahan antara dua dunia ini dilaksanakan pada Senin Kliwon yang saat ini juga diperingati sebagai hari pelaksanaan upacara adat Larung Semboyono.

2. Proses ritual

Sedekah laut (Eko Purnomo/Flickr)

Upacara adat tersebut dilaksanakan setiap Senin Kliwon di Desa Tasik Madu, Prigi. Sembonyo diambil dari nama mempelai tiru-tiruan yang berbentuk boneka dan dibalut dari tepuk beras kain. Adonan tepung dibentuk seperti sepasang mempelai dan diletakkan di atas perahu untuk dilarung.

Perlengkapan yang digunakan dalam upacara adat Larung Sembonyo juga dilengkapi dengan sesaji dan seserahan seperti dalam upacara perkawinan adat Jawa. Upacara adat Larung Sembonyo juga dikenal dengan nama lain antara lain, Bersih Laut, Sedekah Laut, dan Mbucal Sembonyo.

Biasanya sepanjang jalur arak-arakan, ribuan warga menonton layaknya sebuah festival kesenian. Setiba di pantai, tumpeng raksasa di letakan di atas pelampung yang terbuat dari pelepah pesan dan kayu untuk kemudian di bawa ke tengah laut.

  3 cara memasak tanpa minyak ala masyarakat tradisional Indonesia

Kegiatan melaut nelayan dihentikan selama tiga hari untuk menghormati acara Larung Sembonyo. Acara ini benar-benar harus disakralkan sebagai bentuk ucapan syukur atas rezeki yang telah laut berikan kepada nelayan dan warga sekitar.

3. Tujuan dan ritual upacara

Sedekah laut (Eko Purnamo/Flickr)

Laut merupakan sumber rezeki bagi para nelayan dan warga pesisir. Bertahun-tahun warga bergantung pada kekayaan bahari. Larung merupakan cara masyarakat pesisir mengucapkan syukur kepada laut. Tradisi ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu silam.

Dikutip dari National Geographic, Panitia Larung Sembonyo menyebut tradisi Sembonyo ini sudah berjalan sekitar dua dasawarsa sebagai bentuk rasa syukur dan mengenang jasa para leluhur. Terutama karena Tumenggung Yudha mampu membuka lahan baru di wilayah Prigi.

Pantai Prigi akhirnya dapat digunakan untuk masyarakat sebagai tempat tinggal dan tempat mencari nafkah. Oleh sebab itu, masyarakat merasa bersyukur atas wilayah dan hasil laut yang melimpah dengan melaksanakan upacara adat.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan bahwa tumpeng raksasa dilarung ke laut adalah simbol ucapan syukur kepada laut yang telah memberikan rezeki. Karena laut sudah memberi rezeki, sekarang mari menjaga laut, laut jangan diberi sampah.

  7 ikan tercepat yang ada di laut, apa saja?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya