5 hewan yang memiliki kaki terbanyak di dunia, salah satunya beracun

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Kaki seribu (Amir Hamzah/Flickr)

Kehidupan fauna yang memiliki kaki terbanyak banyak memberi daya tarik bagi para peneliti. Bahkan ada hewan yang memiliki kaki terbanyak dijuluki kaki seribu. Walau sebenarnya para ilmuwan belum pernah benar-benar menemukan kaki seribu dengan jumlah yang tepat.

Terbaru para ilmuwan melihat hewan yang memecahkan rekor ini di Australia Barat yang memiliki 1.306 kaki. Namun ada juga hewan yang memiliki kaki terbanyak juga mempunyai racun mematikan. Tentunya ini menarik karena banyak yang belum diketahui tentang hewan dengan kaki terbanyak.

Lalu apa saja hewan dengan kaki terbanyak? Berikut uraiannya:

1. Laba-laba Unta (Solifugae) 8 kaki

Laba-laba unta (sergio niebla/Flickr)

Laba-laba unta atau kalajengking angin sebetulnya hanya panggilan dari hewan yang tergabung dalam ordo Solifugae. Karena itu mereka berbeda dengan laba-laba yang merupakan ordo Aranae dan kalajengking yang termasuk ordo Scorpione.

Meski mirip laba-laba dan kalajengking, hewan yang satu ini memiliki beberapa perbedaan fisik dengan kedua hewan tersebut. Mereka mempunyai sepasang organ sensorik bernama pedipalpus di kepalanya. Hal ini membuatnya tampak seperti memiliki 10 kaki.

  5 hewan akuatik unik yang menjadi inspirasi dari karakter pokemon

Padahal, seperti layaknya hewan-hewan Arachnida lainnya, laba-laba unta hanya punya 8 kaki. Laba-laba unta tidak berbisa, maka mereka tidak berbahaya bagi manusia. Seperti disebutkan tadi, gerakan mereka cukup cepat, yaitu mencapai 16 km/jam. Untuk ukuran hewan yang hanya berukuran beberapa cm, kecepatan itu luar biasa.

2. Udang macan (Penaeus monodon) 10 kaki

Udang macan (Jonatan Vera Caripe/Flickr)

Udang macan raksasa bukan hanya udang yang terbesar di laut, tetapi mereka juga bagian dari keluarga Decapoda yang berarti memiliki sepuluh kaki. Meskipun bukan satu-satunya hewan terbesar dari keluarga udang, tetapi spesies ini salah satu yang terbesar dari jenisnya.

3. Isopod raksasa (Bathynomus giganteus) 14 kaki

Isopod (Tim van der Leeuw/Flickr)

Isopod raksasa adalah salah satu krustasea dan anggota keluarga isopod terbesar. Meskipun terlihat seperti makhluk yang berasal dari film sci-fi, faktanya isopod raksasa merupakan makhluk hidup yang asli. Hewan yang satu ini hidup di laut, suatu tempat yang luas dan masih penuh misteri.

Sepintas, isopod raksasa terlihat seperti serangga. Di Indonesia, makhluk ini dipanggil dengan nama kutu laut raksasa. Di luar negeri, isopod raksasa sering disebut ‘kecoak laut’. Kenyataannya, isopod adalah krustasea, bukan serangga. 

  Kenali 5 hewan paling aneh yang bisa ditemukan di gurun

Isopod raksasa yang didefinisikan sebagai makhluk hidup yang tinggal di dasar perairan. Mereka hidup di kedalaman 170 meter (zona sublitoral yang remang-remang) hingga 2.140 meter (zona batipelagis yang gelap gulita), bahkan bisa lebih dalam lagi.

Bila dibandingkan dengan teman dekatnya, pill bugs, ukuran isopod raksasa dapat dikatakan abnormal. Umumnya ukuran panjang makhluk dengan nama ilmiah Bathynomus giganteus berada di kisaran 19 hingga 36 sentimeter. Akan tetapi, pernah ditemukan isopod dengan ukuran sepanjang 76,2 sentimeter. 

Penyebab perbedaan ukuran masih menjadi misteri, peneliti menduga bahwa ukuran yang besar merupakan cara adaptasi hewan dalam menghadapi tekanan laut dalam yang sangat besar. Selain isopod, hal ini juga dialami kepiting laba-laba Jepang (Macrocheira kaempferi) dan cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux).

4. Lipan kaki kuning (Scolopendra gigantea) lebih dari 60 kaki

laba-laba raksasa (Martin/Flickr)

Ini adalah spesies kelabang terbesar dan sering kali dapat tumbuh sampai ukuran 30 sentimeter. Spesies ini juga dikenal dapat membunuh manusia karena racunnya yang kuat dan gigitannya yang dalam. Meskipun tidak memiliki kaki paling banyak dalam keluarga kelabang, mereka memiliki jumlah kaki sampai 60 lebih.

  5 hewan beracun yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk pengobatan

5. Kaki seribu (Illacme plenipes) 750 kaki

Kaki seribu (Amir Hamzah/Flickr)

Tidak mengejutkan bila mengetahui hewan kaki seribu merupakan spesies dengan jumlah kaki terbanyak. Rata-rata hewan kaki seribu memiliki sebanyak 750 kaki dan bukan 1.000 yang sering dikatakan.  Faktanya, tidak ada satu pun spesimen memiliki lebih dari angka ini, tetapi di sisi lain, jarang ada juga yang memiliki kurang dari angka itu.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya