7 hewan dengan kemampuan berpuasa, bahkan bisa sampai 10 tahun

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Beruang I Pixabay
Beruang I Pixabay

Hewan ternyata juga memiliki kebiasaan untuk berpuasa. Mereka mampu tidak makan dan minum dalam waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hewan ini biasanya berpuasa karena hibernasi atau memang tidak ada mangsa yang dimakan.

Makanan sebagai sumber energi utama bagi fungsi tubuh yang benar, tidak hanya meningkatkan metabolisme tubuh tetapi sebagai bahan bakar untuk tulang, otot, dan saraf. Makanan ini juga akan menyeimbangkan tingkat reaksi tubuh.

Tetapi ada beragam hewan yang secara alami berbeda dan mengesampingkan semua elemen dan fitur alami ini. Biasanya mereka akan bertahan untuk hidup tanpa makanan dan minum selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Berikut 7 hewan yang berpuasa cukup lama dikutip dari Recipes Timesofindia:

1. Beruang

Beruang (Pixabay)

Beruang merupakan mamalia yang memiliki kemampuan untuk tidak makan dan minum selama musim dingin. Beruang Grizly akan melakukan hibernasi selama musim dingin dan akan menghabiskan seluruh waktunya untuk tidur.

Selama waktu ini, beruang tidak akan melakukan beragam aktivitas apapun, baik makan dan minum, serta buang air selama sekitar 100 hari. 

  Cikalang, burung perompak yang bisa menujukkan indikator alam

2. Penguin

Penguin (Wikipedia)

Penguin memiliki kemampuan berpuasa cukup lama. Karena suhu dingin mengurangi nafsu makan dan mereka bisa hidup tanpa makanan selama 2-4 bulan. Betina biasanya keluar ke suhu di bawah nol untuk berburu, sedangkan jantan duduk di sarang, menjaga bayi tetap hangat.

Burung yang tidak bisa terbang ini memiliki kemampuan bertahan selama berbulan-bulan pasalnya menyimpan cadangan makanan di lemak. Hal ini membuat mereka mampu hidup berbulan-bulan tanpa asupan makanan dan minuman.

3. Hiu

Ikan hiu (Wikipedia)

Ikan hiu menjadi salah satu predator di lautan yang sangat ditakuti. Ikan ini ternyata memiliki kemampuan berpuasa selama berminggu-minggu, ketika perutnya sudah terisi penuh.

Hiu bisa hidup tanpa makanan selama 8-10 minggu. Bahkan selama mereka hidup tanpa makanan, keterampilan berburu mereka akan semakin sempurna.

4. Ular

Ular (wikipedia)

Ular menjadi salah satu reptil yang memiliki kemampuan berpuasa sangat lama, yakni bisa mencapai satu tahun. Hal ini dilakukan ular ketika ekosistem mereka sedang dalam musim dingin. Saat berada di musim dingin, metabolisme ular akan berkurang hingga 70 persen.

  5 mamalia yang sebabkan ratusan kematian per tahun

Kondisi ini membuat mereka bisa bertahan tanpa makanan selama satu tahun penuh. Selama dalam kondisi ini mereka juga akan lebih lama berdiam diri di sarangnya sehingga tidak memerlukan energi besar untuk berburu mangsa.

5. Olm

Salamander air (Wikipedia)

Olm juga salah satu hewan yang mempunyai kemampuan berpuasa cukup lama. Hewan yang juga dikenal sebagai salamander air ini mampu tidak makan dan minum selama 10 tahun.

Ikan berkaki ini memiliki kemampuan bertahan hidup tanpa makan karena bisa beradaptasi dengan lingkungan yang minim makanan. Hidup di gua bawah air, Olm akan menggunakan lemak dan cadangan glikogennya sebagai sumber energi.

6. Buaya

Buaya (Wikipedia)

Buaya sebagai hewan berdarah dingin juga memiliki kemampuan bertahan hidup tanpa makanan dalam waktu yang sangat lama. Reptil ini dapat bertahan selama beberapa bulan tanpa makanan.

Bahkan dalam beragam kasus yang ekstrim, buaya dapat bertahan hingga tiga tahun tanpa makanan. Mereka bisa menghemat energi dengan bergerak lambat dan terkadang juga tidak bergerak.

7. Katak

Katak (Wikipedia)

Selain buaya dan ular, katak juga masuk dalam keluarga reptil yang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup tanpa makanan. Katak ditemukan terutama di habitat basah dan tubuhnya dapat bertahan tanpa makanan hingga 16 bulan.

  5 ras kucing yang banyak jadi hewan peliharaan di Indonesia

Tidak sekadar berpuasa, katak juga mampu tidak bergerak selama musim dingin, selama ini mereka tidak akan makan dan minum maupun melakukan aktivitas biasanya sehingga tidak membutuhkan energi untuk hidup atau mencari mangsa.

Foto:

  • Pixabay (1-2)
  • Wikipedia (3-8)

Artikel Terkait

Artikel Lainnya