7 hewan kanibal yang mampu memangsa sesama spesiesnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Beruang kutub kanibal (Photographers Giving Back Award PGB/Flickr)

Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan yang dapat dikonsumi lazimnya dibedakan menjadi 3. Yakni Karnivora pemakan daging, herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan, dan omnivora pemakan segala.

Adapun pemakan segala bagi omnivore juga mencakup biji-bijian dan sejenisnya. Sementara itu bagi hewan karnivora umumnya memburu hewan yang lebih lemah dan memang menjadi mangsanya dalam rantai makanan.

Namun di samping kelaziman tersebut, ada satu kondisi yang membuat segelintir hewan memiliki kebiasaan menyimpang. Yakni kebiasaan memakan sesama spesiesnya atau dikenal dengan istilah kanibalisme.

Bukan hanya bagi manusia yang memang masih dianggap bukan hal wajar, kejadian kanibalisme nyatanya juga kerap terjadi dan dilakukan sejumlah spesies hewan. Hewan apa saja yang diketahui memiliki kebiasaan ini? Berikut 7 di antaranya yang dikutip dari Discover Wildlife:

1. Singa

Singa yang memakan bayinya (Paul Joysno Hicks via dailymail.co.uk)

Hewan buas satu ini lazimnya memburu hewan lain yang ada di alam liar sebagai mangsa, misalnya rusa atau zebra. Namun nyatanya, ada satu kondisi yang membuat Singa bisa memakan sesama spesiesnya pada saat-saat tertentu.

Bukan dalam artian sesama spesies yang berusia atau berukuran sama, perilaku kanibalisme ini biasa dilakukan oleh pejantan yang akan membunuh bayi singa. Selama ini singa dikenal sebagai hewan yang hidup akan rasa kebanggaan akan kawanan. Ketika memimpin kawanan baru yang di dalamnya terdapat bayi namun hasil perkawinan dari pejantan lain, mereka tak segan untuk membunuh ‘bayi tiri’ tersebut.

  5 mamalia yang sebabkan ratusan kematian per tahun

2. Kuda nil

Kuda nil yang memakan sesamanya (Leejiah Dorward via Dailymail.co.uk)

Yang satu ini juga terbilang aneh, karena pada dasarnya kuda nil sendiri adalah hewan herbivora. Bukan bayi, individu yang dimakan justri sesama kuda nil dewasa lainnya. Meski jarang, peristiwa kanibalisme ini pernah terdokumentasikan oleh seorang ilmuwan pada tahun 2014.

Kejadian tersebut terjadi di kawasan Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Ilmuwan tersebut meyakini jika kondisi tersebut bisa saja terjadi ketika dihadapkan dengan situasi tertentu. Salah satunya adalah pasokan makanan yang umum mereka makan langka atau berkurang di alam.

3. Hewan kanibal hamster

Hamster (Claudia Lee/Flickr)

Bukan hanya hewan besar dengan label buas, bahkan hewan kecil yang nampaknya menggemaskan juga memiliki potensi menjadi kanibal. Kebiasaan ini sering ditemui baik pada hamster yang berada di penangkaran maupun alam liar.

Pada dasarnya sama seperti kelinci, kebiasaan memakan sesama spesies tersebut dilakukan oleh induk betina yang memakan bayinya. Hal tersebut dilakukan karena mereka kekurangan vitamin dan mineral penting setelah melahirkan banyak bayi, dan akhirnya melahirkan bayi termuda.

  Lungfish, ikan purba yang bisa hidup selama 4 tahun walau tanpa air

4. Kodok tebu

Kodok tebu (Rob Valentic/Flickr)

Bukan hanya antara ibu dan anak, perilaku memakan sesama juga terjadi pada sesama saudara dalam hal ini Kodok. Seperti yang kita tahu, dalam pertumbuhannya kodok memang mengalami fase yang dinamakan berudu sampai membentuk wujud kodok sempurna.

Kejadian kanibalisme kerap terjadi saat wujud berudu yang lebih besar akan memakan adik mereka yang baru menetas. Disebutkan bahwa perilaku ini paling sering terlihat di Australia, di mana kodok tebu adalah spesies yang bersifat invasif dan sangat merusak.

5. Belalang sembah

Belalang sembah kanibal (Oliver Koemmerling/Wikimedia Commons)

Yang satu ini sebenarnya sudah kerap dibahas sebelumnya. Bukan antara ibu/ayah dan anak atau saudara, namun perilaku kanibalisme justru dilakukan oleh pasangan belalang sembah. Hal ini menjadi salah satu kebiasaan dalam fase seksual mereka.

Belalang sembah betina akan sering memakan belalang jantan tepat setelah berkembang biak. Pertama-tama mereka menggigit bagian kepala, lalu melanjutkan memakan bagian tubuh lainnya. Ada penjelasan yang mengungkap jika hal tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesuburan belalang betina.

  5 hewan dengan kemampuan migrasi terjauh, ada yang ke ujung bumi

6. Laba-laba janda hitam

laba-laba janda hitam (Marc Javelly/Flickr)

Dikenal juga dengan sebutan black widow spiders, hewan ini jadi spesies lainnya yang akan memakan laba-laba jantan yang berukuran lebih kecil. Kebiasaan tersebut juga kerap dilakukan setelah kawin, bahkan karena hal itu mereka disebut dengan julukan ‘janda’.

Sama halnya seperti belalang, tak sedikit laba-laba jantan yang biasanya akan secara sukarela ‘menyodorkan’ diri untuk dimakan.

7. Hewan kanibal sesilia

Sesilia (Chien Lee/Flickr)

Selain laba-laba dan belalang, hewan lain yang juga memiliki perilaku kanibalisme adalah sesilia. Sesilia sendiri adalah hewan dari ordo amfibi yang memiliki tubuh layaknya cacing. Yang menarik, maksud dari kanibalisme ini terbilang unik.

Bukan memakan sesama, induk sesilia akan menghasilkan sebuah lapisan luar kulit khusus pada tubuhnya yang dapat dirobek dengan mudah. Lapisan yang kaya akan lemak dan nutrisi tersebut yang nantinya akan dimakan oleh bayi mereka. Ditambah lagi, kulit itu sendiri nantinya akan kembali tumbuh dalam tiga hari.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya