Ada yang bisa hidup sampai kiamat, ini 5 hewan paling kuat di dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Beruang Kutub (Eva Blue/Unsplash)

Kalau diminta menyebut apa jenis hewan paling kuat nan tangguh yang ada di bumi ini, kira-kira apa yang paling tepat jadi jawabannya? Hiu, paus, singa, harimau, atau mungkin buaya dan berbagai jenis hewan buas lainnya?

Sederet jawaban tersebut tentu tidak sepenuhnya salah, karena sebagian besar dari hewan buas sendiri memang dikenal sebagai predator puncak atau kelas alfa dalam sejumlah ekosistem yang ada di alam bebas.

Tapi bicara soal kuat dan tangguh, nyatanya tidak selalu identik dengan kesan bobot badan yang besar atau kemampuan memburu yang kejam. Bermodalkan keunikan, beberapa hewan dikenal tangguh karena mampu bertahan di situasi ekstrem dan tak terduga.

Apa saja jenis hewan yang dimaksud? berikut daftarnya:

1. Musang Madu

Musang madu melawan oryx (Dirk Theron/Caters News)

Dikenal juga dengan nama global honey badger, kalau dilihat secara fisik sebenarnya hewan satu ini tampak tak berbeda dengan musang pada umumnya. Ukurannya bahkan terbilang kecil dengan rata-rata panjang 55-77 sentimeter, dan bobot di kisaran 6-16 kilogram.

Tapi musang madu banyak dijuluki ilmuwan sebagai hewan yang tak mengenal takut. Bukan tanpa alasan, karena keganasan hewan ini disebut melebihi predator besar layaknya singa atau macan tutul.

  Terungkap 'pelindung' yang jadikan tardigrada hewan terkuat di bumi

Bermodalkan kemampuan mengeluarkan bau tubuh yang menyengat, ibarat preman mereka bisa dengan berani menantang binatang yang berukuran lebih besar atau lebih buas dari mereka untuk memperebutkan mangsa.

Bahkan tak jarang, mereka juga bisa memangsa ular berbisa dan anak rusa. Sisi ganasnya semakin lengkap lewat fakta kalau mereka suka mencuri sarang milik hewan lainnya.

2. Gajah afrika

Gajah Afrika (Nam Anh/Unsplash)

Gajah afrika juga jadi salah satu jenis terbesar di antara semua spesies gajah yang ada di muka bumi saat ini. Bayangkan dengan tinggi badan sekitar nyaris 4 meter, bobot gajah afrika bisa sampai di kisaran 6.350 kilogram!

Meski bobotnya besar, hewan satu ini bisa berlari dengan kecepatan 24 kilometer/jam. Punya massa otot yang kuat, gajah afrika juga bisa merobohkan pepohonan, apalagi merusak pemukiman warga kalau sudah mengamuk.

3. Penguin emperor

Penguin emperor (hubert neufeld/unsplash)

Gimana bisa seekor penguin jadi hewan yang tangguh? Jangan salah, penguin emperor sendiri jadi jenis penguin terbesar di antara famili penguin lainnya. Dikenal juga dengan sebutan penguin kaisar, tinggi maksimalnya bisa mencapai lebih dari 1 meter dengan bobot sekitar 80 pound atau setara 36 kilogram.

  3 hewan ini dipercaya mampu mendeteksi keberadaan makhluk halus

Penguin emperor hidup di daratan Antartika yang ditutupi oleh salju tebal di mana suhu terendahnya bisa mencapai -79 derajat celsius. Selama musim kawin, penguin emperor bisa berjalan sampai sejauh 75 mil atau 120 kilometer buat mencari pasangannya.

Bukti ketangguhan lain yang paling memukau, penguin satu ini punya kemampuan berenang dengan kecepatan layaknya torpedo, di mana mereka berenang sejauh 15 kilometer dan menyelam sampai kedalaman 900 kaki hanya dalam waktu 18 menit.

4. Beruang kutub

Beruang kutub (Hans-Jurgen/Unsplash)

Sama halnya seperti penguin emperor, beruang kutub juga jadi jenis beruang terbesar yang pernah ada di antara jenis beruang lainnya. Dengan tinggi lebih besar dari manusia yaitu bisa mencapai 2,5 meter, beruang kutub jantan punya bobot rata-rata di kisaran 400-600 kilogram. Tapi di beberapa kondisi, ada juga yang punya berat sampai 800 kilogram.

Tak mau kalah unggul dengan penguin emperor sebagai sesame penghuni wilayah kutub dengan suhu dingin yang ekstrem, beruang kutub mampu berenang sejauh 60 mil atau sekitar 96 kilometer tanpa berhenti sama sekali.

  5 hewan akuatik unik yang menjadi inspirasi dari karakter pokemon

Biasa memburu ular dan anjing laut, beruang kutub juga diketahui cukup ganas buat mencabik-cabik bangkai daging paus dan mampu mencium bau mangsanya bahkan dari jarak sejauh 32 kilometer.

5. Beruang air (Tardigrada)

Beruang air (Eye of Science/Science Source Images)

Bukan sembarang beruang, jangan kira akan melihat wujud beruang raksasa layaknya beruang kutub. Karena kebalikannya, hewan yang juga punya nama lain Tardigrada ini justru berukuran sangat kecil bahkan hanya bisa dilihat menggunakan alat bantu mikroskrop.

Panjang tubuh tardigrada dewasa sekitar 1,5 mm, paling kecil ukurannya 0,1 mm, sedangkan larvanya berukuran 0,05 mm. berkaki delapan, hewan ini biasa hidup di air.

Yang membuat takjub, peneliti memastikan kalau hewan ini bisa bertahan hidup di berbagai situasi ekstrem apapun yang ada di muka bumi, mulai dari bencana alam ekstrem sampai ledakan nuklir, bahkan beruang air tetap bisa bertahan bahkan meski tanpa makan dan minum selama 30 tahun lamanya.

Kecil-kecil cabe rawit, karena fakta itu tak heran kalau hewan satu ini dianggap sebagai hewan yang bisa terus hidup sampai kiamat.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya