Hati-hati, 5 hewan ini ternyata pendendam pada manusia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi harimau memangsa buruan (Emma Rehnberg/Flickr)

Beberapa peneliti menyakini bahwa binatang juga bisa menyimpan emosi negatif seperti kemarahan dan dendam. Pasalnya, binatang pun bisa menyimpan emosi positif dalam hubungannya dengan manusia. Sebuah peneliti yang dilakukan berulang kali mendapatkan kesimpulan beberapa hewan bisa menyimpan dendam.

Burung gagak diceritakan menjadi salah satu hewan yang bisa menyimpan dendam. Bahkan burung gagak bisa menceritakan dendamnya ini kepada populasi di habitatnya. Selain burung gagak, ada pula beberapa jenis binatang yang bisa menyimpan sakit hati dan dendam.

Lalu apa saja hewan yang bisa menyimpan dendam? Berikut uraiannya:

1. Unta

Unta (roni jaya saputra/Flickr)
Unta (roni jaya saputra/Flickr)

Unta terkenal sebagai binatang yang tak bisa memaafkan dan tak bisa melupakan. Menyakiti hewan ini sama saja seperti membahayakan nyawa. Seorang pemilik unta di India suatu ketika melupakan salah seekor untanya yang terikat di luar kandang di bawah terpaan sinar matahari sepanjang hari.

Ketika pemilik unta bernama Urjaram ini kembali malam harinya untuk melepas ikatan yang ada. Ternyata unta ini sudah terlanjur marah dan menggigit kepala Urjaram hingga tewas. Penduduk sekitar membutuhkan waktu selama 6 jam untuk menenangkan unta yang marah tersebut.

  Katak dari neraka, spesies purbakala yang kekuatannya setara serigala atau harimau

2. Burung gagak

Burung gagak (zulkifli ishak/Flickr)
Burung gagak (zulkifli ishak/Flickr)

Studi tahun 2011 mengungkapkan fakta bahwa burung gagak bisa mengingat manusia yang pernah menangkap, mengurungnya dan mungkin juga menyakitinya. Penelitian yang lain menyatakan burung gagak dan spesies sejenisnya bisa menyimpan dendam selama dua tahun lamanya.

Sedangkan peneliti Universitas Lund di Swedia dan Universitas Vienna mencermati perilaku burung gagak yang diberi makan oleh dua grup manusia, yakni pelatih atau pawang yang memberi makan dengan adil dan pawang yang memberi makan secara tak adil.

Pawang yang tak adil akan menyodorkan remahan roti kepada burung gagak. Di kali kedua, pawang tersebut akan memakan sendiri remahan rotinya ketimbang memberikannya kepada burung gagak. Dari hasil studi itu, ditemukan fakta bahwa burung gagak akan mendekati pawang yang adil daripada sebaliknya.

3. Harimau

Harimau sumatra (Helene Hoffman/Flickr)
Harimau sumatra (Helene Hoffman/Flickr)

Menyakiti harimau siberia sama saja dengan menantang bahaya. Karena harimau yang bisa tumbuh seberat 225 kilogram ini bisa menyimpan dendam terhadap makhluk lain, termasuk manusia yang pernah menyakitinya. Misalnya saja kisah seorang pemburu asal Rusia, Vladimir Markov yang pernah melukai harimau siberia.

  Kesetiaan anjing yang terekam oleh Alquran dalam kisah Ashabul Kahfi

Selang 12 hingga 48 jam setelahnya, tepat di malam hari, harimau tersebut melacak jejak Markov hingga ke kabin tempatnya menginap. Namun malam itu dirinya tak ada di dalam kabin dan membuat harimau ini mengamuk, merusak seluruh barang yang ada dan menunggu kedatangan Markov.

Ketika akhirnya sang pemburu sampai di kabin, harimau tersebut membunuh dan memakannya. Kemampuan harimau tersebut dalam menunggu sang pemburu datang diklaim peneliti sebagai kemampuan harimau dalam mengingat-ingat sakit hati dan menyimpan dendam.

4. Anjing

Anjing (Carl Johan Heickendorf/Flickr)
Anjing (Carl Johan Heickendorf/Flickr)

Pada tahun 2015, seorang laki-laki di China mengusir dengan kasar anjing liar yang ada di parkiran mobilnya. Ketika itu, anjing ini tak melawan, namun selang beberapa waktu kemudian, hewan tersebut datang bersama kawanannya dan merusak mobil milik laki-laki tersebut.

Dalam artikel yang ditayangkan di jurnal Universitas Penn State, peneliti menyatakan bahwa anjing hanya menyimpan memori akan kejadian dalam hitungan menit saja. Hal ini menyebabkan anjing akan terlihat euforia menyambut kedatangan pemiliknya meski baru meninggalkannya selama 10 menit saja.

  Jejak Mbah Loreng, dan bentuk penghormatan orang Jawa pada harimau

Namun hal ini bukan berarti anjing lantas tak memiliki daya ingat. Anjing mempunyai daya ingat asal hal tersebut terkait dengan emosi spesifik, baik emosi positif  atau negatif. Hal inilah yang diyakini para ilmuwan bahwa anjing bisa menyimpan sakit hati.

5. Gurita

gurita (Stefan Köder/Flickr)
gurita (Stefan Köder/Flickr)

Gurita adalah makhluk air cerdas dengan kemampuan mengingat yang cukup lumayan. Gurita bahkan bisa menyimpan dendam dan membalas dendam jika ada kesempatan datang. Misalnya kisah gurita bernama Truman yang hidup di akuarium di Boston menyimpan dendam pada sukarelawan yang bekerja.

Disebutkan selama bekerja, wanita ini melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan dengan berbuat semaunya kepada Truman. Karena itu tiap kali ada kesempatan berdekatan, Truman akan menyemprotkan air kepada wanita tersebut hingga basah.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya