Kisah persahabatan erat antara beruang, singa, dan harimau yang mendunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Berung, singa, dan harimau yang bersahabat (Noah's Ark Animal Sanctuary Facebook)

Persahabatan sejatinya tidak hanya terjalin dalam hubungan antar manusia. Sebagai makhluk hidup yang juga memiliki perasaan, hewan juga bisa memiliki hubungan erat layaknya persahabatan yang terjalin dalam waktu cukup lama.

Yang membuat menarik, persahaban yang terjalin antara hewan nyatanya tidak hanya berlaku bagi mereka yang berasal dari spesies sama, pada beberapa kondisi cukup banyak ditemui sejumlah kisah persahabatan antara hewan dengan jenis berbeda, bahkan yang jenisnya buas sekalipun.

Memang, selama ini kisah persahabatan antara hewan buas terlebih yang berbeda jenis lebih banyak dijumpai sebagai cerita dalam bentuk dongeng atau mungkin film. Tapi di dunia nyata, fenomena tersebut benar-benar ada dan sempat jadi pusat perhatian dunia pada beberapa tahun silam.

Beruang, singa, dan harimau adalah tiga jenis hewan buas yang mungkin bisa dibilang sulit untuk hidup berdampingan karena keinginan untuk saling mendominasi, tapi lain halnya dengan tiga satwa bernama Baloo (beruang), Leo (singa), dan Shere Khan (harimau benggala), yang menghabiskan waktu 15 tahun hidup bersama tanpa terpisahkan, layaknya saudara tiga serangkai.

1. Peliharaan terlantar milik bandar narkoba

Beruang, singa, dan harimau saat masih kecil (Noah’s Ark Animal Sanctuary Facebook)

Cikal-bakal persahabatan ketiga hewan tersebut dimulai dari kondisi saat mereka menjadi hewan peliharaan milik bandar narkoba asal Amerika Serikat.

  Kekuatan capitan kepiting kelapa yang setara dengan terkaman singa

Saat pemilik tersebut diamankan dan ditangkap pada tahun 2001, pihak kepolisian disebut menemukan banyak hewan peliharaan yang dikurung dalam kandang. Dari sekian banyak hewan yang dimaksud, tiga di antaranya adalah Baloo, Leo, dan Shere Khan.

Mengutip Daily Mail, ketiganya ditemukan saat masing-masing masih berusia sekitar dua bulan dan dalam keadaan memprihatinkan. Baloo disebut ditemukan dalam kondisi kelaparan dengan kalung yang mengekang di leher, sementara Leo ditemukan dalam sebuah kandang sempit nan sesak, dan kondisi hidung yang mengalami luka infeksi. Hanya Shere Khan yang saat itu disebut ada dalam kondisi baik.

Dievakuasi ke Pusat Penyelamatan Hewan Noah’s Ark Animal Sanctuary di Locust Grove, Georgia, AS, sejak awal tiba pihak pengelola memutuskan untuk menempatkan mereka dalam satu kandang, karena ketiganya dinilai punya hubungan yang erat.

2. Hidup bersama layaknya tiga saudara

Berung, singa, dan harimau yang bersahabat (Noah’s Ark Animal Sanctuary Facebook)

Keakraban tiga hewan ini sempat menimbulkan rasa bingung, pasalnya beruang, singa, dan harimau sendiri sama-sama merupakan hewan predator puncak yang masing-masing punya kekuatan untuk saling menyakiti satu sama lain.

  5 hewan yang memiliki kaki terbanyak di dunia, salah satunya beracun

Tapi selama 15 tahun hidup bersama, ketiganya disebut bisa berdampingan dengan santai bahkan cenderung bercanda, saling membantu, dan menjahili satu sama lain. Karena kondisi itu pula, ketiganya populer di mata dunia dengan sebutan Trio BLT, yakni Baloo the bear, Leo the lion, dan Shere Khan the tiger.

Selama 15 tahun itu pula, mereka hampir tidak pernah terpisah. Ada satu peristiwa perpisahan sederhana yang diceritakan semakin membuktikan eratnya persahabatan antara tiga hewan tersebut.

Satu waktu, Baloo harus melakukan operasi untuk melepaskan tali kekang yang tertinggal di salah satu cakarnya saat masih menjadi hewan peliharaan. Saat selesai di operasi, ia tidak langsung kembali ke kandang karena mengalami infeksi.

Selama itu pula Leo dan Shere Khan disebut menjadi sangat gelisah sekaligus murung, dan selalu menunggu satu saudaranya tersebut kembali ke ‘rumah’ mereka. Saat Baloo sudah dinyatakan sembuh sepenuhnya, dua kucing besar tersebut dikabarkan langsung kembali ceria dan menjalani hari bersama. Pihak penjaga bahkan mengungkap kalau mereka sama sekali tidak pernah berkelahi.

3. Beruang yang berduka sendirian

Baloo yang masih hidup sendirian (Noah’s Ark Animal Sanctuary Facebook)

15 tahun berselang setelah hidup bersama atau tepatnya di tahun 2016, awal mula perpisahan itu akhirnya terjadi, Leo dilaporkan menjadi hewan yang pertama kali meninggal dari trio tersebut akibat tumor hati, setelah berbulan-bulan sakit karena lesu dan tidak makan.

  Peristiwa pawang tewas diterkam harimau, mengapa bisa terjadi?

Selama sakit pula, Leo ditempatkan di kandang terpisah tapi tetap bisa dijenguk oleh dua saudaranya. Dua tahun setelahnya atau di tahun 2018, Shere Khan harimau ikut menyusul kepergian Leo dan meninggalkan Baloo sendirian.

Menurut cerita yang dibagikan di akun Facebook resmi Noah’s Ark Animal Sanctuary, sejak ditinggal satu-satunya saudara yang tersisa Baloo disebut menunjukkan perilaku yang tidak biasa.

Selama musim dingin biasanya Baloo banyak tinggal di terowongan selama berbulan-bulan, tapi beberapa tahun sejak hidup sendiri, dia lebih banyak menghabiskan waktu musim dingin berkeliaran keliling kandang, dan hal itu diyakini ia lakukan karena mencari saudaranya.

Perlahan mulai pulih, terlihat kalau sampai saat ini Baloo jadi satu-satunya hewan yang masih hidup dari Trio BLT, dan keberadaannya menyisakan kenangan persahabatan 15 tahun yang diingat bagi pihak pengelola Noah’s Ark sekaligus dunia.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya