Misteri ratusan paus terdampar dan mati di Australia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Paus terdampar dan mati di Australia (GLENN NICHOLLS/AFP via businessinsider.mx)

Fenomena terdamparnya satwa laut dalam jumlah besar kembali terjadi. Sebelumnya heboh kejadian yang sempat mencuri perhatian berupa terdampar dan matinya puluhan lumba-lumba di laut hitam pada bulan April lalu. Kali ini, giliran hewan paus yang terdampar di Australia. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya bukan lagi puluhan melainkan ratusan.

Meski tidak di satu hari, dilaporkan jika peristiwa paus terdampar ini berlangsung dalam beberapa hari yang berdekatan. Disebutkan jika dari ratusan paus tersebut, sekitar setengahnya ada yang masih bertahan hidup, dan tak sedikit yang mati dengan tragis.

Seperti apa detail kejadian terdamparnya ratusan paus yang dimaksud? Berikut penjelasannya, seperti yang dimuat dalam New York Times.

1. 280 paus terdampar

Ratusan paus terdampar di pantai barat Australia (Department of Natural Resources and Environment Tasmania, via Associated Press)

Kejadian paus terdampar ini secara detail terjadi di kawasan pantai bagian barat Australia, mulai dari kawasan Tasmania hingga Ocean Beach.

Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania diketahui mengonfirmasi jika setidaknya ada sekitar 230 spesies paus pilot terdampar di wilayah tersebut.

“Tampaknya sekitar setengah dari hewan itu (masih) hidup,” ujar perwakilan dari instansi terkait, masih mengutip sumber yang sama, pada Rabu (21/9/2022).

  Mengenal 5 spesies badak yang ada di dunia

Akibat dari banyaknya individu paus yang terdampar, disebutkan bahwa saat itu penindakan ekstra juga dibutuhkan. Saking seriusnya kondisi di lapangan, bahkan pihak Departemen SDA dan Lingkungan Tasmania sampai mempertimbangkan kemungkinan meminta bantuan masyarakat umum.

“Pakar satwa liar laut akan menilai tempat kejadian dan situasi untuk merencanakan respons yang tepat. Tanggapan terdampar di area ini kompleks, jika memang ditentukan perlu bantuan dari masyarakat umum, permintaan akan dilakukan melalui berbagai jalan.” ujar salah satu perwakilan lebih lanjut.

Lebih lanjut, bahkan disebutkan jika jalan menuju kawasan Ocean Beach sampai ditutup. Seorang juru bicara menjelaskan kalau pertugas Polisi Tasmania juga sampai hadir di daerah itu dan membantu upaya penyelamatan.

2. Kesaksian dari mereka yang membantu

Kejadian yang sama di Australia (Marc Russo/flickr)

Melibatkan berbagai pihak, Sam Gerrity salah satu warga di Strahan, kota kecil salah satu lokasi tempat ditemukannya sebagian puluhan paus juga menjelaskan kondisi makhluk terdampar tersebut.

“Ada beberapa di pelabuhan yang masih hidup, dan mayoritas dari mereka berada di Ocean Beach.”

Di lain sisi, Tom Mountney seorang pegiat akuakultur yang berada di Ocean Beach, juga turun ke lokasi untuk membantu bersama lima orang temannya.

  Dikenal ganas, mengapa buaya takluk pada kuda nil?

“Saya melihat sekitar 200 paus di pantai ini. Saya bisa mengatakan sekitar setengahnya masih hidup. Kami memulai upaya penyelamatan kami dengan membawa mereka ke wilayah khusus untuk melihat kondisinya. Paus terbesar yang terdampar ada yang berbobot lebih dari dua hingga tiga ton. Kami sedang memilah-milah yang lebih kecil.” ujarnya, mengutip The Guardian.

Lebih lanjut, Mountney juga mengungkap jika ia sempat melihat sekitar 20 hingga 30 paus yang terjebak di gundukan pasir pada Rabu pagi.

3. Bukan kali pertama

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Genevieve Carver (@gevicarver)

Sementara itu diketahui jika peristiwa terdamparnya paus di pesisir Australia ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya di tahun 2020 lalu, kejadian dengan skala lebih besar dan parah pernah terjadi. Waktu itu, jumlah paus yang terdampat mencapai angka 470 ekor.

Fenomena itu bahkan disebut sebagai fenomena paus terdampar terburuk dalam catatan Australia. Lebih tepatnya, saat itu pada tanggal 21 September 2020, sebanyak 470 paus ditemukan terdampar di gundukan pasir.

  3 ras anjing yang dianggap paling setia jadi teman hidup

Kala itu tindakan dan upaya penyelamatan disebut berlangsung selama seminggu. Nahasnya, dari 470 ekor paus yang terdampar, hanya 111 paus yang bisa diselamatkan. Sementara itu sisanya berakhir mati dan semua orang harus bekerja sama untuk menangani lebih dari 350 bangkai paus yang mati.

Lebih detail, spesies paus yang diketahui terdampat di lokasi sama baik saat dua tahun lalu dan saat ini adalah jenis paus pilot bersirip panjang. Seorang ahli paus dan lumba-lumba asal Massey University yakni Prof Karen Stockin angkat bicara mengenai fenomena ini.

Ia menjelaskan jika lokasi pantai barat Tasmania pada dasarnya memang merupakan habitat alami dari paus pilot.

Menurutnya, ada beberapa alasan fenomena paus pilot terdampar bisa terjadi. Beberapa di antaranya karena perubahan suhu air laut yang dipengaruhi fenomena La Niña atau El Niño namun secara tak wajar.

“Pada paus pilot, mereka sangat bersifat sosial dan kohesif sehingga jika salah satunya lemah atau terlalu dekat ke pantai, ratusan ekor lainnya dapat mengikuti.” jelasnya.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya