Simba, bayi kambing unik dengan telinga panjang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Kambing Simba (Akhtar Soomro/Reuters)

Kambing merupakan salah satu hewan ternak baik sebagai ternak pedaging atau susu yang umum dijumpai. Bukan hanya di Indonesia tapi juga berbagai negara lain. Jenisnya sendiri beragam, mulai dari kambing kacang, etawa, jawarandu, boer, dan masih banyak lagi. Setiap spesies biasanya memiliki ciri tubuh yang berbeda, baik dari bentuk tanduk, bulu, perawakan, hingga telinga.

Bicara soal kambing, beberapa waktu belakangan ini perhatian dunia sedang menyorot tentang kemunculan seekor kambing unik. Berbeda dari spesies sesama lainnya, kambing satu ini menjadi viral gegara wujud telinganya yang tak biasa, alias sangat panjang.

Kambing normal umumnya punya telinga sepanjang 5 sentimeter atau maksimal sepanjang 10 sentimeter pada spesies tertentu. Tapi, jenis satu ini unik karena punya telinga dengan panjang lebih dari 40 sentimeters sejak lahir. Seperti apa wujud kambing yang dimaksud?

Simba asal Pakistan

Simba dan pemiliknya (Akhtar Soomro/Reuters)

Anak kambing bertelinga panjang yang belakangan menjadi viral adalah Simba. Hewan ini punya telinga sepanjang 56 sentimeter dan berasal dari Pakistan. Awalnya kambing ini disebutkan lahir dengan telinga sepanjang 48 sentimeter di kota Karachi pada 4 Juni lalu.

  Kenali 5 hewan paling aneh yang bisa ditemukan di gurun

Kemudian dalam waktu satu bulan sejak lahir, disebutkan bahwa telinganya telah tumbuh sekitar 7,3 sentimeter. Pertumbuhan telinga tersebut terus terjadi tanpa menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Mohammad Hasan Narejo, sang pemilik mengaku sampai membuat kantung beludru khusus untuk telinga kambingnya itu.

“Saya buat kantung khusus supaya Simba aman sewaktu ingin berlari-larian dan bermain, tanpa menginjak atau tersangkut telinganya sendiri.” jelas Hasan, mengutip VOA Indonesia.

Rencana masa depan kambing Simba

(Akhtar Soomro/Reuters)

Hasan mengaku sangat menyayangi kambing kesayangannya itu. Ia bahkan mengungkap sudah memiliki rencana untuk masa depan Simba. Lebih tepatnya, ia berencana mengawetkan sperma kambing jantan tersebut untuk inseminasi buatan seandainya terjadi apa-apa dalam beberapa tahun ke depan, agar Simba tetap bisa punya keturunan.

Tidak jauh berbeda dari kambing pada umumnya, Hasan mengaku memberi Simba asupan susu tiga kali dalam sehari.

Sejak aktif dipublikasikan oleh Hasan di media sosial, keberadaan kambing bertelinga panjang ini telah sukses mencuri perhatian. Simba berhasil menjadi pusat pemberitaan selama hampir dua bulan terakhir di berbagai media internasional.

  5 ras kucing yang banyak jadi hewan peliharaan di Indonesia

Soal keunikan telinga kambingnya, Hasan mengatakan kalau ia sudah mengirim informasi ke Buku Rekor Dunia atau Guinness World Records. Tapi sampai saat ini ia mengaku belum mendapat respons.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya