Terkenal mager, ini 3 hewan termalas di dunia yang hobinya suka tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi koala sedang tidur (Mike D'Errico/Flickr)

Lazimnya hewan memiliki perilaku yang unik bahkan kadang menggemaskan. Ada beberapa hewan yang suka makan, tetapi beberapa malah lebih suka tidur sehingga dikenal sebagai pemalas. Sejumlah hewan tidur lebih lama dibandingkan dengan yang lainnya, bahkan ada yang sampai 20 jam.

Lamanya siklus tidur pada hewan ini bukan berarti malas, namun juga ada manfaat fisiologis dari lamanya mereka tidur. Fungsi tidur dalam dunia hewan memang tidak hanya sebagai cara menambah energi, tetapi bentuk untuk mengurangi risiko dimangsa dan kerusakan mekanis. 

Lalu hewan apa saja yang memiliki waktu tidur lebih lama? Berikut uraiannya:

1. Koala

Koala (Bob Silver/Flickr)
Koala (Bob Silver/Flickr)

Koala adalah hewan marsupial yang memiliki kantung seperti kanguru yang dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia. Hewan lucu ini selalu dianggap sebagai hewan pemalas karena dapat tidur hingga 22 jam sehari. Mereka biasanya tidur di cabang-cabang pohon ekukaliptus yang tinggi di atas tanah dari bahaya apa pun.

Koala memiliki waktu tidur lama sebenarnya bukan karena malas, melainkan sebuah keharusan. Seekor koala dewasa harus memakan 1 kg daun eucalyptus setiap hari sebagai makanan pokok mereka untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

  Cikalang, burung perompak yang bisa menujukkan indikator alam

Agar mampu mencerna makanan ini sepenuhnya, tubuh koala butuh waktu 100 hingga 200 jam. Koala harus bergerak lambat karena mereka makan makananan yang tidak dapat dicerna cepat sehingga kekurangan nutrisi. Karena alasan yang sama, koala menjadi banyak tidur untuk menghemat energi dan mencerna makanan.

Namun, karena waktu tidur mereka yang terlalu lama, mulai dari 18-20 jam sehari. Maka bagi koala tidak ada siang atau malam sama sekali. Koala akan bangun dan makan ketika mereka merasa waktu tidurnya sudah cukup. Umumnya koala tidur pada siang hari dan bangun untuk makan di malam hari.

2. Kelelawar cokelat

Kelelawar (Going Batty/Flickr)
Kelelawar (Going Batty/Flickr)

Kelelawar cokelat adalah salah satu hewan yang paling umum di Amerika Utara dan juga menjadi organisme model untuk mempelajari kelelawar. Mereka biasanya sangat aktif di malam hari di musim semi, di mana dapat terdengar mencicit kera.

Meskipun kelelawar menikmati banyak tidur, kemungkinan besar mereka tidak bisa tidur selama yang kita duga. Para ilmuan pernah percaya bahwa kelelawar cokelat kecil tidur selama hampir 20 jam selama periode 24 jam. Namun kondisi itu kemungkinan besar lebih mengarah pada mati suri dibandingkan teridur.

  Fenomena belalang gurun, serangan hama yang paling berbahaya di dunia

Jumlah tidur yang diterima kelelawar tergantung pada spesies dan lingkungannya. Beberapa spesies kelelawar buah tidur rata-rata 15 jam setiap hari. Spesies lain bahkan ada yang bisa tidur selama 27 persen dalam waktu aatau sekitar 6,5 jam setiap hari selama musim dingin, dan berkurang 16 persen saat musim panas.

Pada malam hari, kelelawar biasanya menghabiskan waktu untuk berburu serangga. Di musim dingin, kelelawar cokelat dapat berimigrasi ke lokasi lain atau berhebrinasi mengatasi hawa dingin. Tidur lama kelelawar ini dicurigai bila ada predator potensial di dekatnya.

3. Panda

Panda (Gang Liu/Flickr)
Panda (Gang Liu/Flickr)

Lucu dan menggemaskan, giant panda dikenal sebagai hewan yang hobi rebahan. Bahkan dia bisa menghabiskan sebagian besar masa hidupnya untuk tidur. Dalam sehari, giant panda membutuhkan total waktu tidur 16 jam, namun tidak sekaligus. Dia juga suka bermain sendiri dan juga makan bambu.

“Giant panda membutuhkan istirahat atau tidur dalam satu hari 13-16 jam selebihnya dipakai untuk bermain dan membuang kotoran,” kata Pawang Giant Panda di Taman Safari Indonesia, Falahudin, dalam Detikcom.

Menurut Falahudin, saking magernya, giant panda sering makan sambil rebahan. Hewan asal Tiongkok ini juga bisa ketiduran saat kelelahan bermain. Mereka juga suka marah bila disuruh makan saat dia sedang tidur. Sampai-sampai dia bisa bertengkar dengan sang pawang dengan mengeluarkan suara yang khas.

  Perairan Taman Nasional Komodo jadi rumah ikan pari manta terbesar di dunia

Biarpun suka makan dan hobi tidur, giant panda juga menghindari obesitas. Hewan bertubuh gempal yang memiliki berat badan ideal yaitu 130 kg. Biasanya kebiasaan mereka untuk tidur digunakan untuk menghemat energi dalam beraktivitas. Ini terjadi karena asupan nutrisi yang kurang pada tubuh panda.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya