3 hewan ini dipercaya mampu mendeteksi keberadaan makhluk halus

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi kucing (Gene Dershewitz/Flickr)

Hewan diketahui memiliki indra yang lebih tajam daripada manusia. Kemampuan ini selain untuk mendeteksi ancaman dari hewan lain, juga berfungsi melihat keberadaan makhluk gaib. Ketika melihat kedatangan dari makhluk gaib, banyak dari hewan ini bersembunyi atau melakukan hal yang tak lazim.

Beberapa hewan yang dipercaya bisa melihat makhluk gaib ini termasuk peliharaan manusia. Sehingga digunakan oleh manusia untuk mengetahui keberadaan sosok yang berada di tempat tersebut. Bahkan ada beberapa yang dipakai dalam ritual tertentu. 

Lalu apa saja hewan yang dipercaya bisa melihat keberadaan makhluk gaib? Berikut uraiannya:

1. Anjing

Anjing (Pelerin Marie-Claude/Flickr)
Ilustrasi anjing (Pelerin Marie-Claude/Flickr)

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling dekat dengan manusia. Kecerdasan hewan ini menjadi salah satu alasan banyak orang memilih untuk memelihara anjing di rumahnya. Selain itu, hewan ini populer dengan kemampuannya melihat makhluk astral.

Biasanya anjing akan duduk diam bila merasakan kedatangan hal yang aneh, lalu tiba-tiba dia beranjak dan berlari mengikuti sesuatu yang tak manusia bisa lihat. Anjing tersebut bahkan akan tampak gelisah dan terus menggonggong. 

  14 spesies baru celurut ditemukan di Sulawesi, penemuan besar di kerajaan hewan

Ilmuwan telah menyelidiki bagaimana anjing merasakan dunia di sekitar mereka melalui kulit, salah satunya dengan rambut yang berdiri dan diketahui bahwa anjing dapat mendeteksi pergerakan serta perubahan suhu dengan cara yang tidak dilakukan manusia.

“Selama ribuan tahun, anjing tidak hanya menjadi pengamat perilaku manusia yang cerdik tetap juga impresionis yang terampil,” kata dokter hewan Matthew McCarthy yang dimuat dari Kompas.

2. Kucing

Kucing (Arif/Flickr)
Ilustrasi kucing (Arif/Flickr)

Sejak zaman dahulu, kucing sering diasosiasikan dengan hal-hal gaib. Contohnya saja di kalangan masyarakat Mesir kuno. Di sana, kucing sangat dihargai dan dianggap hewan yang sakral. Tak ada siapa pun yang boleh membunuh kucing.

Kucing juga diketahui memiliki indra yang jauh lebih tajam daripada manusia. Khususnya dalam hal pendengaran. Kucing mampu mendengar hingga 65 ribu hertz. Kemampuan tersebut membuat kucing bisa mengetahui seperti apa bunyi dari aliran listrik di rumah kita.

Karena kemampuan inilah banyak yang mempercayai kucing bisa melihat sesuatu yang tidak bisa manusia lihat. Walau hingga saat ini tidak ada penelitian ilmiah terkait hal ini. Namun dilansir dari IDN Times, dokter hewan dari New York, Dr Rachel Barrack mengatakan hal ini karena sifat rasa ingin tahu.

  5 spesies hewan ini diberi nama jajaran tokoh Indonesia

Karena sifat alami ini, kucing bisa merasakan adanya sesuatu yang mencurigakan, mereka tidak ragu untuk mencari, mengejar, atau bahkan meminta bantuan untuk memastikan benda tersebut. Beberapa tandanya seperti bulunya yang tiba-tiba tegak, mengeong, terlihat gelisah, bahkan bersembunyi.

3. Ayam

Ayam (Tai Lung Aik/Flickr)
Ilustrasi ayam (Tai Lung Aik/Flickr)

Ayam merupakan hewan yang paling sering dijumpai manusia. Hewan inilah yang paling sering dijumpai oleh manusia. Ayam selalu muncul ketika pagi hari dengan berkokok. Hal ini menjadi tanda manusia untuk memulai aktivitas, namun ada juga kepercayaan bahwa hal ini menjadi tanda hadirnya malaikat.

Bila engkau mendengar suara ayam jantan, makan mintalah karunia kepada Allah karena dia (ayam) melihat malaikat. Sedangkan bila engkau melihat ringkikan keledai, maka berlindung lah kepada Allah dari setan, karena dia (keledai) melihat setan.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ternyata hadis dari Rasullulah S.A.W ini dibuktikan dalam penelitian jurnal Public Library of Science 2010. Dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ayam memiliki kerucut retina tambahan. Kerucut retina tambahan ini memungkinkan ayam untuk membedakan tambahan warna lainnya, hal yang tidak terlihat oleh manusia.

  5 hewan dengan kemampuan migrasi terjauh, ada yang ke ujung bumi

Menurut ilmuwan di Washington University di ST Loui yang dipimpin oleh Joseph Carbo juga tidak menampik fakta itu. Carbo menyebut karena memiliki kerucut extra, sehingga memiliki kemampuan untuk melihat violet maupun sinar ultraviolet. 

Karena warna di retina ayam melebihi yang bisa dilihat pada mamalia. Tentunya membenarkan sabda Rasullulah S.A.W tentang ayam  yang memiliki malaikat. Pasalnya, malaikat diciptakan dari cahaya yang artinya dari sinar ultraviolet.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya