3 ras anjing yang dianggap paling setia jadi teman hidup

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Monumen Hachiko anjing ras Akita Inu yang terkenal setia (camknows/flickr)

Selain kucing, anjing jadi salah satu hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan di Indonesia. karena itu pula, tepat setiap tanggal 26 Agustus, diperingati sebagai Hari Anjing Sedunia atau International Dog Day.

Sedikit membahas awal mulanya, peringatan ini diinisiasi oleh seseorang bernama Colleen Paige, pada tahun 2004 Dia adalah Ahli di bidang Gaya Hidup Hewan Peliharaan & Keluarga dan Advokat Hewan. Penetapan tanggal 26 Agustus sendiri dipilih, bertepatan dengan tanggal keluarganya mengadopsi seekor anjing saat Colleen masih berusia 10 tahun.

Meski tanggal yang dipilih diakui terlalu personal, tapi tujuan dari dihadirkannya peringatan Hari Anjing Internasional sendiri cukup penting. Peringatan ini bertujuan buat menarik perhatian masyarakat terhadap populasi anjing yang masih terlantar, dan yang ada di penampungan.

Tujuan lanjutannya adalah mendorong keputusan adopsi bagi setiap anjing yang belum menemukan tempat tinggal. Sementara itu bukan tanpa alasan anjing jadi salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan. Pasalnya, jenis hewan satu ini dianggap sebagai hewan setia yang bisa menemani dan hidup berdampingan dengan manusia.

  Pengakuan warga di Sukabumi yang bertemu hewan diduga harimau jawa

Bahkan, selama ini ada beberapa jenis atau ras anjing tertentu yang dianggap paling setia dan cocok dijadikan teman hidup. Apa saja jenis anjing yang dimaksud? Berikut beberapa yang paling banyak direferensikan berbagai sumber:

1. Ras anjing setia akita

Akita Inu (Adi Katz/Flickr)

Lebih spesifik membahas ras Akita Inu yang berasal dari Jepang. Sebenarnya, anjing ras akita inu sendiri merupakan anjing petarung dan pemburu dengan kemampuan yang hebat. Nenek moyangnya yakni akita matagi di masa lampau kerap memburu hewan besar seperti babi hutan dan rusa.

Seiring berjalannya waktu, akita inu dijadikan hewan ternak yang peranakannya banyak dijadikan hewan peliharaan. Kisah kesetiaan akita inu tergambar dalam film populer ‘Hachiko’, yang memang diangkat dari kisah nyata.

Kisah ini bercerita tentang seekor anjing ras akita inu yang setia menunggu majikannya pulang di Stasiun Ueno, Tokyo. Anjing yang diketahui bernama Hachiko tersebut tidak tahu bahwa sebenarnya sang majikan sudah meninggal dunia. Berkat kisah Hachiko ini pula, semakin banyak orang yang mengenal anjing ras akita inu.

  Tusam Sumatra, pinus endemik Tapanuli Selatan dengan segudang manfaat

2. Beagle

Beagle (Alberto Berthet/Flickr)

Merupakan anjing yang berasal dari Inggris, ras anjing satu ini sebenarnya dibagi lagi menjadi empat jenis. Yakni beagle berukuran sedang, beagle kerdil atau kecil, beagle rubah, dan beagle terrier (berbulu kasar).

Faktanya, ras anjing satu ini ternyata pernah hampir mengalami kepunahan di tahun 1923. Namun kemudian, seseorang bernama Phillip Honeywood menjadi sosok yang pertama mempopulerkan kegiatan berburu bersama beagle. Akhirnya populasi anjing ini kembalil meningkat bukan hanya sebagai hewan pemburu, namun juga hewan peliharaan.

Yang menarik, beagle rupanya punya sifat setia kawan dan dapat menjalin persahabatan bukan hanya dengan manusia atau spesies sesama anjing. Mereka dikenal cukup bisa hidup berdampingan dengan baik bersama jenis hewan peliharaan lain seperti kucing.

3. Golden retriever

(goldenretriever7/Flickr)

Sama seperti akita dan beagle, golden retriever awalnya juga banyak diperuntukkan sebagai hewan berburu. Nama retriever sendiri diberikan sesuai dengan karakter mereka yakni pengambil. Mereka biasa mengambil hasil buruan dan menyerahkannya dalam kondisi utuh ke majikan.

  Matoa, flora yang bermanfaat dari batang sampai ke biji

Bersamaan dengan kebiasan itu, mereka juga dilatih dengan kebiasaan menyukai air. Karenanya tak heran, jika cukup sering terlihat ras anjing satu ini kerap menyukai aktivitas bermain berupa melempar barang dengan jarak jauh termasuk ke air, dan akan mereka ambil dengan penuh semangat.

Fakta menarik lainnya, ras anjing satu ini juga memiliki sifat bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya. Kondisi itu yang membuat Golden Retriever menjadi salah satu anjing keluarga paling populer di dunia.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya