7 tanaman yang terbukti sebagai pengusir nyamuk secara alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi nyamuk (Rui Oliveira Santos/Flickr)

Nyamuk adalah salah satu jenis hewan pengganggu yang dapat merugikan manusia. Bukan hanya menghisap darah, keberadaannya juga berperan sebagai pembawa penyakit serius. Karena itu, tak heran jika penggunaan alat atau obat pengusir nyamuk sudah bukan hal asing bagi banyak orang.

Namun nyatanya, alat atau obat pengusir nyamuk yang ada saat ini berbahaya baik dari penggunaan atau karena kandungan bahan kimia. Sehingga sebagai alternatif, mulai banyak yang memanfaatkan bahan alami untuk mencegah keberadaan nyamuk. Salah satunya dengan berbagai jenis tanaman dan bunga.

Memang, ada sederet spesies/jenis tanaman yang terbukti efektik sebagai pengusir nyamuk. Apa saja tanaman yang dimaksud? Berikut 7 di antaranya:

1. Serai

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by R (@our1stgarden)

Jenis tanaman satu ini umumnya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Padahal lebih dari itu, ada potensi pengusir nyamuk dari ragam zat yang terkandung dalam serai. Adapun zat yang dimaksud adalah geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan sitronela.

Ragam zat di atas yang sejatinya biasa terkandung dalam berbagai macam obat nyamuk semprot. Disebutkan jika setiap tanaman serai mampu menjaga area sekitar 10 kaki persegi agar terbebas dari nyamuk.

  Mengenal stevia, tanaman pemanis alami pengganti gula

2. Lavender

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by global_plants_photography (@global_plants_photography)

Dikenal sebagai tanaman yang memiliki aroma menenangkan, aroma itu pula yang nyatanya dapat mengusir nyamuk secara alami. Cara penggunaannya sebagai pengusir nyamuk adalah dengan menanamnya di kebun atau pot yang terletak di dekat pintu dan jendela rumah.

Agar dapat bekerja lebih optimal bagi tubuh, bisa dilakukan dengan cara menggosok tanaman ke area kulit untuk melepas kandungan minyaknya. Lavender juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam semprotan pengusir nyamuk baik yang olahan atau alami.

3. Bawang putih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Zdravá Zahrádka (@zdrava_zahradka)

Jenis tanaman lain yang sebelumnya hanya diketahui sebagai bumbu dapur, namun nyatanya juga bisa berperan sebagai pengusir nyamuk. Ada penelitian yang menyebut kalau kandungan minyak dari bawang putih dapat menghancurkan spesies larva nyamuk tertentu.

Lebih detail, disebutkan bahwa zat sulfur dalam ekstrak bawang putih juga terbukti efektif melawan berbagai macam serangga, termasuk nyamuk. Lain itu, bau bawang putih yang tertinggal nyatanya juga dapat mencegah nyamuk dari suatu titik selama berminggu-minggu.

  Selain daun pisang, 5 jenis daun ini juga sering dijadikan bungkus makanan

4. Rosemary

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Progetu Su Bilinguismu (@progetu_su_bilinguismu)

Dikenal sebagai tumbuhan penghasil rempah, nyatanya seluruh bagian dari rosemary juga efektif untuk mengusir serangga dan nyamuk. Cara penggunaannya pun cukup sederhana

Hanya perlu sedikit bagian dari batang rosemary yang digunakan dengan cara dibakar. Setelah itu, asap aromatik yang dikeluarkan tidak hanya mengeluarkan aroma yang harum, tapi juga cukup kuat mengganggu nyamuk. Bahkan selain nyamuk, akan banyak jenis seranga lainnya yang tidak akan berani mendekat.

5. Basil

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lisa Catalano (@our.garden.gig)

Minyak esensial dari basil bisa memberikan tingkat perlindungan nyamuk yang sangat tinggi, yaitu sebanyak 100 persen. Hal tersebut terungkap dalam sebuah jurnal penelitian yang diterbitkan dalam Malaria Journal pada tahun tahun 2011.

Secara umum, basil sendiri memang bisa memberikan aroma menyengat tanpa harus disentuh atau dihancurkan daunnya. Sama seperti lavender, tumbuhan basil sebagai pengusir nyamuk dapat ditanam pada pot yang diletakkan di halaman atau kebun.

  Bunga kenanga, penebar wangi yang dapat mengusir nyamuk demam berdarah

6. Pengusir nyamuk marigolds

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Perennial Petals (@perennialpetals)

Bukan tanaman biasa, pengusir nyamuk alami satu ini merupakan tanaman yang memiliki bunga cantik berwarna oren atau kuning. Tak hanya indah secara tampilan, pada tanaman ini terkandung pyrethrum, yakni senyawa yang banyak digunakan berbagai penolak serangga.

Cukup sederhana, marigolds yang ditanam dalam pot bisa ditempatkan pada area dekat pintu masuk rumah untuk mengusir nyamuk. Peletakkan juga bisa dilakukan di titik masuk nyamuk umum seperti jendela terbuka dan lain sebagainya.

7. Peppermint

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Casa De Greens (@casadegreens)

Masih menurut penelitian yang diterbitkan dalam Malaria Journal, pepperminta juga sangat efektif untuk mengusir nyamuk secara alami.  Lebih detail, disebutkan jika para ahli menemukan fakta bahwa larva nyamuk terbunuh 24 jam setelah terpapar larutan minyak peppermint dan air.

Adapun metode pengusir nyamuk dengan peppermint adalah menghancurkan beberapa daun tanaman ini, untuk melepas aroma dan minyak yang terkandung.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya