Di balik kecantikannya, 10 bunga ini ternyata menebar racun

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Bunga foxglove (Carlin/Flickr)

Bunga-bunga indah dan harum adalah daya tarik bagi banyak orang, namun di balik kecantikannya, beberapa bunga mengandung racun yang sangat mematikan. Bahkan, beberapa jenis bunga sangat berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian pada manusia dan hewan peliharaan.

Jenis bunga beracun ini biasanya tumbuh di tempat yang terpencil atau di daerah yang tidak terlalu sering dilalui manusia, namun ada beberapa di antaranya yang masih sering ditanam di kebun atau dijual di pasar bunga. 

Mengetahui jenis bunga beracun ini sangat penting, terutama bagi mereka yang memiliki anak-anak atau hewan peliharaan.

Yang umum dan terisolir

Dalam beberapa kasus, bahkan hanya bersentuhan dengan bunga beracun tersebut dapat menyebabkan keracunan dan mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dan waspada saat berurusan dengan bunga-bunga ini.

Beberapa spesiesnya mungkin lazim kita lihat, sementara beberapa lainnya mungkin tidak terlalu dikenal. Namun semua jenis bunga ini sama-sama mematikan dan harus dihindari. Dengan mengetahui jenis bunga ini, kita akan lebih berhati-hati saat berurusan dengan tanaman-tanaman beracun ini dan dapat menghindari risiko keracunan yang fatal.

Berikut adalah daftar sepuluh bunga paling mematikan di dunia beserta penjelasan mengapa mereka sangat berbahaya.

1. Belladonna

Bunga belladonna (Christine Lynch/Flickr)

Belladonna atau juga dikenal sebagai Deadly Nightshade merupakan bunga beracun yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, dan mempengaruhi fungsi jantung dan pernapasan manusia.

  Matoa, flora yang bermanfaat dari batang sampai ke biji

Tidak hanya bunga yang beracun, tetapi buahnya juga sangat berbahaya. Bahkan jumlah kecil dari tanaman ini dapat menyebabkan kematian.

2. Oleander

Bunga oleander (idunbarreid/Flickr)

Oleander adalah bunga yang sangat indah tetapi sangat beracun. Semua bagian tanaman termasuk daun, bunga, buah dan akar sangat beracun dan dapat menyebabkan kerusakan pada jantung manusia.

Lain itu juga dapat menyebabkan kejang, muntah-muntah dan bisa berakhir pada kematian. Oleander juga sangat berbahaya bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

3. Azalea

Bunga azalea (Hilda Vélez Rodríguez/Flickr)

Azalea adalah bunga yang sangat populer untuk ditanam di kebun, tetapi juga sangat beracun. Semua bagian tanaman termasuk bunga, daun dan batang mengandung racun yang dapat menyebabkan keracunan pada manusia. Racun ini dapat menyebabkan mual, sakit kepala, dan kejang.

4. Lily of The Valley

Bunga Lily of The valley (Yantra/Flickr)

Lily of The Valley merupakan bunga beracun yang terkenal dengan aroma yang manis. Semua bagian tanaman termasuk bunga, daun dan buah mengandung racun yang dapat menyebabkan muntah, sakit kepala, kejang dan bahkan kematian pada manusia.

5. Aconitum 

Bunga aconitum (Nick/Flickr)

Aconitum atau juga dikenal sebagai Monkshood adalah bunga beracun yang sangat mematikan. Bahkan satu tetes air liurnya saja dapat mematikan manusia. Racun yang terkandung dalam bunga ini dapat mempengaruhi sistem saraf, menyebabkan kejang, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

  Mengenal 5 jenis keindahan pohon bunga yang ada di Indonesia

6. Castor Bean

Bunga castor bean (Roman Olynyk/Flickr)

Castor Bean adalah bunga yang tumbuh di seluruh dunia dan mengandung racun yang sangat berbahaya. Benih dari tanaman ini mengandung racun ricin yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah manusia dan menyebabkan kematian dalam beberapa jam setelah mengonsumsinya.

7. Daffodil

Bunga daffodil (Sharon B-nejad/Flickr)

Daffodil adalah bunga yang sangat populer pada musim semi, tetapi juga termasuk bunga yang beracun. Bagian-bagian dari bunga ini mengandung racun yang dapat menyebabkan mual, sakit kepala dan bahkan kematian pada manusia.

8. Water Hemlock

Bunga water hemlock (Rosie Hill/Flickr)

Water Hemlock adalah bunga liar yang tumbuh di seluruh Amerika Utara dan termasuk bunga yang paling beracun di dunia. Racun yang terkandung dalam bunga ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu kurang dari satu jam setelah mengonsumsinya.

Gejala awal dari keracunan Water Hemlock adalah mual dan muntah, tetapi kemudian berkembang menjadi kejang dan masalah pernapasan yang serius.

9. Angel’s Trumpet

Bunga Angel’s Trumpet (DAVE/Flickr)

Angel’s Trumpet adalah bunga yang sangat indah dan populer untuk ditanam di kebun, tetapi juga termasuk bunga beracun yang sangat mematikan. Semua bagian tanaman termasuk bunga, daun, dan biji mengandung racun yang dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan kematian.

  Menyesap manfaat delima yang katanya buah surga

10. Foxglove

Bunga foxglove (Carlin/Flickr)

Foxglove adalah bunga yang sering digunakan dalam pengobatan herbal, tetapi juga termasuk bunga beracun yang sangat mematikan. Semua bagian tanaman mengandung racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan sistem saraf, yang dapat menyebabkan kematian dalam waktu kurang dari satu jam.

Waspada dan upaya pencegahan

Bunga-bunga di atas mengandung berbagai jenis racun yang berbeda, termasuk alkaloid, glikosida, dan asam sianida. Racun ini dapat menyebabkan keracunan dan kematian pada manusia dan hewan jika dikonsumsi atau bahkan hanya bersentuhan dengan kulit.

Meskipun bunga-bunga ini sangat berbahaya, namun juga memiliki nilai penting dalam pengobatan herbal dan farmasi. Misalnya, foxglove mengandung senyawa yang digunakan dalam pengobatan jantung, namun digunakan hanya dalam dosis yang sangat kecil dan di bawah pengawasan medis yang ketat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dan waspada saat menangani bunga-bunga ini, dan pastikan untuk tidak membiarkan anak-anak atau hewan peliharaan bersentuhan dengan tanaman beracun ini.

Jika ada gejala keracunan setelah bersentuhan dengan bunga-bunga ini, segera cari bantuan medis dan laporkan jenis tanaman yang dikonsumsi atau bersentuhan dengan korban, sehingga dokter dapat memberikan perawatan yang tepat dan segera.

Artikel Terkait

Terbaru

Humanis

Lingkungan

Berdaya

Jelajah

Naradata