Jamur bikin resah di dalam rumah? Taruh saja jenis tanaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi roti yang ditumbuhi jamur (Alan/Flickr)

Tak dimungkiri jika pada musim hujan, kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi lembab. Itu artinya, banyak sekali potensi jamur bisa dengan mudah muncul. 

Jamur dapat dengan mudah tumbuh di dinding, kusen kayu, sofa, bantal, tempat tidur, bahkan makanan, dan itu tentu menimbulkan dampak bahaya bagi kesehatan.

Meski acapkali kita rutin menjaga kebersihan rumah saban hari untuk mencegah tumbuhnya jamur atau parasit lain,  namun sebetulnya ada cara yang lebih mudah dan lebih ‘hijau’ untuk mencegah datangnya jamur di dalam ruangan maupun di sekitar rumah.

Lantas, tanaman seperti apakah yang dapat mencegah tumbuhnya jamur akibat kelembaban suhu? Berikut daftarnya.

1. Peace Lily

Bunga Peace Lily (Don Berthiaume/Flickr)

Masuk dalam rumpun tanaman bungan, salah satu tanaman yang bisa mengusir kelembaban dan mencegah datangnya jamur adalah peace lily.

Bagi Anda para pencinta tanaman hias sebenarnya peace lily bukan merupakan barang baru. Selain menambah kesan estetik dan cantik di dalam ruangan, ternyata daun dari peace lily itu mampu menyerap kelembaban udara.

  Pohon jabon, tanaman dengan segudang manfaat yang ratusan tahun dibudidayakan

Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik jika ditaruh ditempat yang mempunyai kelembaban yang tinggi. Akan tetapi bagi pemilik rumah yang memiliki hewan peliharaan, ada baiknya untuk menjauhkan tanaman ini dari mereka. Pasalnya, tanaman ini dapat menjadi racun bagi kucing maupun anjing.

2. English Ivy

English Ivy (Haley Gibson/Flickr)

English ivy diketahui sebagai salah satu tanaman dapat menyerap racun yang ada di dalam ruangan, misalnya dari jenis formaldehida dan juga benzena. Selain itu, tanaman cantik satu ini juga dapat menghilangkan serbuk jamur di udara.

Tanaman yang relatif mudah di rawat ini, umumnya tumbuh baik di tempat dengan tingkat kelembaban tinggi serta jauh dari sinar matahari langsung. Semirip dengan peace lily, english ivy juga disarankan agar di jauhkan dari hewan peliharaan.

3. Palem

Palem (hopefulauthor/Flickr)

Palem? Iya palem. Ada banyak jenis varian tanaman palem yang elok ditaruh di dalam ruangan. Selain menambah estetik dekorasi ruangan, palem juga termasuk tumbuhan yang ampuh mengontrol kelembaban.

Palem dapat membantu menyerap kelembaban udara sehingga bisa mencegah tumbuhnya jamur di dalam rumah. Lantas, jenis palem apa saja yang elok diletakkan di ruangan? Untuk hal satu itu, Anda dapat memilih palem kerdil atau palem buluh.

  7 jenis jamur beracun yang bisa sebabkan kematian

Soal perawatannya, tempatkan palem di bawah paparan sinar matahari tidak langsung. Selain itu, perhatikan pula kondisi tanahnya, jangan terlalu kering atau terlalu lembab.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya