Jarang disadari, 5 tanaman istimewa ini terkandung dalam Alquran

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Anggur (Lensa Maya/Flickr)
Anggur (Lensa Maya/Flickr)

Sejumlah tanaman ternyata ada yang tergolong istimewa karena disebut dalam Alquran. Tanaman-tanaman ini menawarkan banyak manfaat bagi manusia. Tanaman yang disebutkan dalam Alquran ini umumnya menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi.

Hal yang menarik adalah beberapa tanaman ini ternyata mudah ditemukan di sekitar rumah. Namun karena terlalu sering melihat terkadang tidak menyadari keistimewaan tanaman ini. Karena itu tidak ada salahnya untuk lebih mengetahui mengenai tanaman ini.

Lalu apa saja tanaman yang masuk dalam Alquran? Dan apa saja manfaatnya yang dikandungnya? Berikut uraiannya:

1. Buah Tin

Buah Tin (wanzailani/Flickr)
Buah Tin (wanzailani/Flickr)

Buah tin tergolong istimewa, selain disebut dalam Alquran, buah ini juga menjadi nama sebuah surat. Buah tin disebut dalam surat At-Tin ayat pertama.

“Demi (buah) tin dan (buah) zaitun,” surat At-Tin ayat 1.

Dalam ayat tersebut, Allah SWT bersumpah dengan buah tin. Buah ini pun dijuluki sebagai buah surga. Tanaman ini sendiri memiliki nama latin Ficus carica. Buah tin dipercaya memiliki banyak manfaat kepada tubuh bila dikonsumsi.

Buah tin memiliki kandungan antioksidan yang baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas sperma laki-laki. Tak hanya bagian buah saja, daunnya pun mampu menjadi obat bagi para penderita diabetes. Ekstrak daun tin memproduksi insulin dan zat anti diabetes yang berguna bagi kesehatan.

  Pohon jabon, tanaman dengan segudang manfaat yang ratusan tahun dibudidayakan

2. Buah zaitun

Buah zaitun (Dominique Guyot/Flickr)
Buah zaitun (Dominique Guyot/Flickr)

Buah zaitun termasuk buah yang disebut dalam Alquran. Tak hanya disebut dalam surat At-Tin, tanaman ini disebutkan beberapa kali dalam Alquran, seperti dalam surat An-Nur, Al-An’am, An-Nahl, Al-Mu’minun, dan Abasa. Buah zaitun pun disebut buah yang diberkahi oleh Allah SWT.

“….yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…,” penggalan terjemahan surat An-Nur ayat 35.

Buah zaitun juga kaya akan manfaat karena mengandung antioksidan. Minyak zaitun merupakan minyak yang sehat dan mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Zaitun juga dapat mencegah osteoporosis. Zaitun juga kaya akan vitamin E yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membantu sistem kekebalan tubuh.

3. Buah kurma

Kurma (Qefy Alghifari/Flickr)
Kurma (Qefy Alghifari/Flickr)

Buah kurma juga termasuk buah yang disebut dalam Alquran. Kurma identik dengan bulan Ramadan karena disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Tanaman ini juga beberapa kali disebutkan dalam Alquran, seperti dalam surah Al-An’am ayat 99, Ar Rad ayat 4, An-Nahl ayat 67, dan Maryam ayat 25.

  Namanya jeruk bali, tapi bukan berasal dari Bali

“Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti,” firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 67.

Kurma mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Buah kurma muda juga baik dikonsumsi perempuan karena mengandung vitamin B yang dapat memperkuat persendian rahim. Selain itu buah ini juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

4. Buah delima

Buah delima (Shamsul Liza/Flickr)
Buah delima (Shamsul Liza/Flickr)

Tanaman yang disebutkan dalam Alquran selanjutnya adalah buah delima. Buah dengan nama latin Punica granatum ini merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah delima disebutkan tiga kali dalam Alquran yakni dalam surah Al-An’am ayat 99 dan 141 juga surah Ar Rahman ayat 68.

“Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila dia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tetapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,” firman Allah dalam surah Al-An’am ayat 99.

  Kesumba keling si pewarna alami dengan sejumlah manfaat

Delima mengandung beragam manfaat untuk tubuh seperti memiliki kandungan polifenol yang kaya antioksidan. Buah delima juga mampu mencegah kerusakan pada jantung dan menjaga kadar kolestrol tubuh. Selain itu, delima juga dipercaya dapat menghambat tumbuhnya kanker.

5. Buah anggur 

Anggur (Marufish/Flickr)
Anggur (Marufish/Flickr)

Buah anggur tentunya tanaman yang tidak asing, karena banyak orang yang menjadikannya sebagai buah favorit. Ternyata anggur juga menjadi salah satu buah kegemaran dari Nabi Muhammad SAW. Selain itu buah anggur juga disebutkan beberapa kali dalam Alquran.

“Dengan (air hujan) itu, Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir,” firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 11.

Sejumlah peneliti menunjukan bahwa ekstrak buah anggur mampu membantu mengatasi gangguan ginjal. Ekstrak buah anggur mengandung polifenol yang mempunyai sifat antikosidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Buah anggur juga baik untuk kesehatan mata. 

 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya