Ragam jenis tanaman bunga yang disukai lebah madu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Bunga dan lebah (plasticskin2001/Flickr)

Siapa tak kenal madu, jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan manusia baik untuk kesehatan maupun sebagai obat-obatan. Sejatinya, madu dihasilkan oleh lebah–lebah madu–yang merupakan serangga penghisap sari bunga.

Namun sayang, keberadaan lebah madu sudah mulai diambang kepunahan, dikarenakan manusia terlalu banyak penggunaan pestisida tanaman atau karena perubahan iklim yang membuat lahan penyerbukannya hilang Ditambah lagi karena bangunan telah menggantikan perkebunan hijau yang berpengaruh pada pasokan makanan lebah.

Tanaman berbunga menjadi bagian penting dalam proses penyerbukan lebah madu, bunga di pekarangan rumah, bunga di perkebunan, hingga bunga di hutan merupakan tanaman favorit mereka.

Koloni lebah madu sangat menyukai tanaman atau bunga yang berwarna cerah menawan seperti kuning, merah, putih, atauungu. Selain itu sebagai pengikatnya tanaman atau bunga harus memiliki aroma dan rasa yang nikmat bagi lebah sehingga dapat dihinggapi oleh lebah madu.

Penurunan koloni lebah madu dapat diatasi dengan cara sederhana, yakni menanam bunga yang lebih disukai oleh lebah madu untuk mencari makaan dan melakukan penyerbukan.

  Umbi Gembili, makanan alternatif untuk masa depan dari Indonesia

Berikut deretan tanaman bunga yang sangat disukai oleh lebah madu:

1. Black Eyed Susan

Bunga Black eyed susan (Michael Levine-Clark/Flickr)

Yang pertama adalah bunga susan mata hitam (Black Eyed Susan) memiliki kelopak bunga berwarna kuning nan menawan dengan warna coklat keunguan yang berada di tengahnya.

Bunga ini sangat disukai semua koloni lebah di seluruh dunia karena umur tanaman yang cukup panjang. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan menjadi andalan para peternak lebah di sana.

2. Randa Tapak

Bunga randa tapak (zenprowler/Flickr)

Kemudian ada bunga randa tapak (Dandelion) termasuk salah satu gulma dengan kelopak bunga berwarna kuning meski secara umum bunganya berwarna putih.

Dengan adanya dandelion penyerbukan dilakukan lebah akan meningkatkan nutrisi pada rumput hijau. Tanaman ini cukup disukai lebah madu karena warnanya yang mencolok serta harumnya yang semerbak.

3. Lemon Balm

Bunga lemon balm (John Munt/Flickr)

Selanjutnya tanaman herbal mint bernama latin Melissa officinalis adalah tanaman yang masuk dalam daftar bunga sempurna bagi lebah madu yang menjadikan pakan favoritnya.

Dengan aroma mint yang menyengat bagi lebah serta warnaya yang putih bersih, tanaman ini layaknya ”minuman teh” bagi lebah madu untuk meningkatkan daya tahan dan performa fisik lebah.

  Matoa, flora yang bermanfaat dari batang sampai ke biji

4. Bunga Matahari

Bunga matahari (magnonflorida/Flickr)

Nah, bunga ini mungkin paling banyak dikenal oleh masyarakat dunia, karena keindahan kelopak bunga yang menawan menjulang tinggi dan cenderung mengikuti arah sinar matahari.

Warna kuning bunga matahari (Sunflower) dengan bunga yang besar serta nektar yang banyak dapat dikatakan adalah pabrik penyerbukan bagi lebah madu.

Warna bunga yang kuning cerah menjadi alasan utama mengapa lebah madu menyukainya, karena dalam mencari makanan, penelitian menyebut lebah lebih menyukai warna kuning.

5. Kaliandra

Bunga kaliandra (Vincent Jourdain/Flickr)

Yang terakhir adalah kaliandra yang jadi salah satu tanaman kesukaan lebah madu. Bunga ini disukai lebah karena memiliki nektar meski tak memiliki serbuk sari.

Selain itu, tanaman ini berbunga disepanjang tahun serta berbunga raya selama sembilan bulan, sehingga memungkinkan lebah terus menerus dapat mengoleksi nektar hampir saban harinya.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya