Rasanya gurih, ini 5 jenis pohon dan tanaman dengan daun yang bisa dimakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
daun yang bisa dimakan
Daun pepaya (Bibox Silva/flickr)

Selain hewan, selama ini sumber pangan yang umum dikonsumsi oleh manusia berasal dari pohon atau tanaman. Biasanya, bagian yang umum dikonsumsi dari sebuah pohon atau tanaman adalah bagian buah dan daunnya.

Tapi, tidak semua jenis daun dari berbagai pohon dan tanaman bisa serta-merta dikonsumsi. Nyatanya ada jenis pohon dan tanaman dengan daun yang layak dan cocok dikonsumsi dan ada yang tidak.

Lalu apa saja jenis pohon dan tanaman dengan daun yang selama ini umum bahkan populer dikonsumsi? Berikut 5 di antaranya:

1. Daun pepaya yang bisa dimakan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dapur Asia & Dunia (@dapursindangkasih)

Pohon satu ini nyatanya tidak hanya menjadi sumber pangan dari buahnya saja. Bagian daun dari pohon pepaya nyatanya bisa dimakan dan banyak dikonsumsi serta diolah sebagai makanan tradisional di beberapa daerah.

Sebenarnya, selama ini daun pepaya identik dengan rasanya yang pahit. Meski ada beberapa yang menyukai cita rasa pahit tersebut, tapi sebenarnya ada metode memasak tertentu yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cita rasa pahit dari daun pepaya.

Ada berbagai jenis menu makanan yang bisa dibuat dari daun pepaya, mulai dari lalapan, oseng daun dengan teri, hingga sayur buntil dengan isian teri yang populer bagi masyarakat Sunda.

  Pohon tertua di dunia ditemukan di Chile, bagaimana penjelasannya?

Di saat bersamaan, daun pepaya rupanya juga memiliki banyak manfaat karena kandungan vitamin terutama serat yang tinggi. Tak heran jika daun pepaya selama ini juga dikenal baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi pencernaan.

2. Daun jambu mete

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Abu Albirru (@abu_albirru)

Ada lagi jenis pohon buah lain dengan daun yang bisa dikonsumsi, yakni jambu mete atau dikenal juga dengan nama jambu monyet.

Dalam bentuk mentah, daun jambu mete yang muda dapat dikonsumsi sebagai lalapan bersama sambal, nasi, dan makanan tradisional khas Sunda. Sementara itu lewat metode lain yakni direbus, air rebusan daun jambu mete dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ekstrak daun jambu mete disebutkan dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti rematik, mencegah hipertensi, mengatasi peradangan, sariawan, dan sembelit.

3. Daun kemangi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rhanty Syam (@rhantink)

Jenis tanaman daun satu ini sebenarnya pasti sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Daun kemangi banyak digunakan sebagai pelengkap di banyak masakan mulai dari pepes, menu oseng, dan masih banyak lagi.

  Pohon daluang: penghasil kertas kualitas dunia yang diburu masyarakat Eropa

Daun kemangi dikenal karena memiliki aroma khas dan dapat memberikan kesan harum di setiap masakan yang menggunakan bahan satu ini. Di samping itu, tak sedikit juga yang gemar mengonsumsi daun kemangi secara langsung tanpa dimasak sebagai lalapan. Apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan sambal dan makanan lainnya.

Dari segi manfaat, daun kemangi rupanya juga memiliki ragam khasiat yang baik bagi tubuh. Jenis tanaman satu ini disebutkan dapat mengatasi jerawat, menjaga kesehatan pencernaan, hingga mencegah kanker karena kandungan antioksidan yang dimiliki.

4. Daun kelor

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rianita Christanti (@richrist_1977)

Daun yang bisa dimakan selanjutnya adalah daun kelor. Sebenarnya, jenis daun satu ini memang sudah banyak dikenal memiliki khasiat yang ampuh bagi kesehatan.

Sementara itu dari segi olahan, makanan yang umum dibuat dengan menggunakan daun ini biasanya dibuat berupa sayur bobor, sayur bening, ragam olahan osengan, atau pelengkap dalam berbagai jenis masakan.

  Gembili bagi orang Papua: tanpa tanaman ini, acara adat bisa batal digelar

Dari segi khasiat, manfaat daun kelur juga tak kalah besar seperti jenis daun sebelumnya. Jika dikonsumsi secara rutin, daun kelor disebut dapat mengurangi peradangan, menurunkan kolestrol, dan menurunkan kadar gula darah.

5. Daun buah bit yang bisa dimakan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @eat.lovers_food

Bit pada dasarnya adalah jenis buah yang identik memiliki manfaat kesehatan tinggi. Apalagi jika dikonsumsi dalam bentuk minuman jus.

Tapi nyatanya, khasiat yang diperoleh tidak hanya terdapat pada buahnya, melainkan juga pada daunnya. Salah satu olahan yang bisa dikonsumsi dari daun buah bit adalah dengan cara ditumis secara sederhana dengan ragam bumbu.

Sama seperti daun pepaya, daun bit sebenarnya juga memiliki cita rasa pahit yang mungkin hanya disukai oleh segelintir kalangan. Meski begitu, daun buah bit juga memiliki khasiat tak kalah bagus untuk kesehatan.

Beberapa khasiat yang dimaksud di antaranya menjaga kesehatan mata dan menjaga kesehatan otot serta syaraf.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya