Tumbuh subur, ini 5 lokasi pohon kurma yang ada di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi pohon kurma (neo saed/flickr)

Selama ini kurma dikenal sebagai buah dari pohon yang hanya dapat tumbuh di negara-negara Timur Tengah. Beberapa negara yang dikenal unggul sebagai penghasil kurma terbesar di dunia sebut saja Mesir, Arab Saudi, dan Iran. Ketiganya dapat menghasilkan kurma hingga melampaui 1 juta ton dalam kurun waktu satu tahun.

Indonesia, sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama muslim tak dimungkiri juga menaruh minat besar terhadap buah kurma. Terutama saat momen Ramadan dan menjelang hari Idulfitri. Lazimnya, buah kurma yang ada di Indonesia pasti didapat dari negara-negara asal di Timur Tengah.

Namun terlepas dari kondisi tersebut, rupanya di Indonesia terdapat pohon kurma yang terbukti dapat berbuah dengan cukup subur. Hingga saat ini, setidaknya diketahui ada lima lokasi yang menjadi tempat ditanamnya pohon kurma.

Di mana saja lokasi yang dimaksud? Berikut daftarnya.

1. Pohon kurma di Masjid Bekasi

Pohon kurma di Masjid Bekasi (Dean Pahrevi/Kompas.com)

Tak disangka, lokasi pertama yang menjadi tempat ditanamnya pohon kurma adalah Bekasi, tepatnya di Masjid Agung Al-Barkah. Disebutkan jika awalnya pada tahun 2009, ada sebanyak 12 pohon kurma yang berdiri di Masjid tersebut.

  5 menu sehat ala Nabi Muhammad untuk sahur dan berbuka puasa

Dari 12 pohon yang ada, 3 di antaranya diketahui rutin berbuah dengan lebat. Berbeda dengan yang berasal dari Arab, kurma dari pohon tersebut berwarna kekuningan namun tetap manis dan memiliki rasa nikmat.

Sayangnya, kini jumlah pohon yang ada berkurang menjadi hanya 6 pohon, dengan satu pohon yang mampu berbuah dan bisa dipanen menjelang Idulfitri. Biasanya, banyak warga sekitar yang mengantre untuk mendapatkan kurma dari pohon ini.

2. Tasikmalaya

Pohon Kurma di Masjid Agung Tasikmalaya (Irwan Nugraha/Kompas.com)

Di Jawa Barat, rupanya juga ada pohon kurma di Masjid Agung Tasikmalaya yang ditanam pada tahun 2002. Menariknya, pohon tersebut baru berhasil berbuah secara perdana 18 tahun setelahnya pada 2020 lalu.

Ada dua pohon yang disebut menghasilkan buah dengan sangat lebat. Saking lebatnya, bagian tangkai pohon harus ditopang dengan bambu agar tidak ambruk. Pada saat pertama kali panen, pohon buah kurma tersebut dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Kabarnya pengelola masjid juga berencana untuk menambah kembali pohon kurma di lingkungan masjid.

3. Masjid Agung Ciamis

Bukan hanya di Tasikmalaya, jika bergeser sedikit di wilayah Jawa barat lainnya ternyata juga terdapat pohon kurma di kawasan Masjid Agung Ciamis. Jumlah dari pohon yang ada di pekarangan masjid tersebut juga terbilang banyak, yakni 10 pohon.

  Negara dengan jumlah produksi kurma terbanyak di dunia (2020)

Meski begitu, disebutkan baru ada satu pohon yang berbuah dengan lebat dan memenuhi empat tangkai pohon secara penuh. Sayangnya, di kawasan ini banyak tangan jahil yang memetik kurma muda sebelum waktunya panen.

4. Pekarangan rumah NTB

Pohon Kurma di pekarangan warga di NTB (Karnia Septia Kusumaningrum/Kompas.com)

Jika tiga lokasi sebelumnya berada di pekarangan Masjid, lain halnya dengan lokasi kali ini yang berada di wilayah pekarangan rumah warga. Lebih jelasnya, pohon yang dimaksud berada di Perumahan Bumi Kodya Asir, Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Yang menarik, kemunculan pohon kurma berjenis sukari ini ternyata terjadi secara tidak sengaja. Sang pemilik rumah diceritakan membawa kurma saat melakukan umrah, kemudian biji kurma dibuang sembarangan di halaman rumah.

Tak terduga tumbuh tiga pohon kurma yang oleh pemilik rumah awalnya dikira pohon salak. Kini, pohon tersebut diketahui kerap berbuah lebat setiap tahunnya, dan biasa dibagikan ke warga sekitar saat sedang panen.

5. Kebun kurma Magetan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @magetan_greengarden

Bukan secara tidak sengaja, pohon kurma kali ini justru berada di sebuah kebun khusus yang memang ditanam oleh seorang pria bernama Soeparlan. Pria yang ternyata memiliki latar belakang sekolah pertanian itu disebut membeli bibit kurma yang berasal dari Inggris.

  Buah ackee, tanaman beracun yang malah menjadi makanan pokok orang Jamaika

Ia kemudian menanam bibit yang dimaksud pada tahun 2015 di lahan seluas 1 hektare miliknya. Bibit tersebut pun akhirnya berhasil tumbuh, beberapa bahkan dapat menghasilkan buah dan dipanen hanya dalam waktu singkat.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya