5 danau paling misterius dan menakutkan di dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Danau Natron (Charlotte BLANCHET/Flickr)

Selain gunung dan lautan, danau merupakan salah satu tempat yang cukup sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Di Indonesia ada banyak danau yang dijadikan tempat wisata seperti Danau Toba, Danau Poso, Danau Jempang, dan sebagainya.

Ini bukan tanpa alasan, pemandangan alam yang tenang akan memberikan pengunjung perasaan rileks. Namun, ada beberapa danau yang tidak hanya menampilkan keindahan tetapi terdapat keanehan dan misteri yang belum terpecahkan.

Lalu apa saja danau yang sangat misterius di dunia? Berikut uraiannya :

1. Danau Hillier, Australia

Danau Hillier (Vusal Alekberov/Flickr)

Danau Hillier Australia terkenal akan airnya yang berwarna pink. Tidak diketahui secara pasti bagaimana pembentuk warna itu. Tetapi para ilmuwan memiliki gambaran kasar tentang sifarnya. Perwanaan ini disebabkan oleh adanya spesies mikroalga tertentu, Dunaliella salina yang bersembunyi di perairannya.

Ini adalah makhluk fotosintesis yang berkembang biak dengan garam. Makhluk ini menghasilkan energi dalam tubuh mereka dengan berendam di bawah sinar matahari putih dan menyerap setiap panjang gelombang cahaya yang masuk kecuali oranye atau merah.

Meskipun berwarna, danau ini sangat aman untuk berenang dan tidak akan membahayakan kulit Anda, sama seperti badan air lainnya. Namun, meminum air yang terlalu asin sangat dilarang, karena hampir pasti akan menyebabkan gagal ginjal.

  Konsep pelestarian alam masyarakat dari balik keindahan Danau Ranau

2. Danau Taal, Filipina

Danau (Timothy Pohlhaus/Flickr)
Danau Taal (Timothy Pohlhaus/Flickr)

Pemandangan indah dengan keajaiban yang unik tidak terhitung jumlahnya di Filipina. Namun mereka sering dikaburkan dalam misteri, cerita rakyat, dan legenda. Danau Taal yang terletak sekitar 60 kilometer tenggara Manila menjadi salah satu contohnya.

Danau air tawar ini terletak di dalam kaldera vulkanik yang kompleks, salah satu depresi tektonik gunung berapi terbesar di dunia. Di tengah danau terdapat pulau vulkanik kecil yang menjadi lokasi hampir semua aktivitas vulkanik bersejarah.

Menariknya, di pulau itu juga terdapat sebuah danau, sehingga membuatnya seperti danau di dalam danau. Danau Taal adalah rumah bagi “ular laut” dan putih yang berbisa (Hydrophis semperi). Spesies ini adalah salah satu dari sedikit ular sejenisnya yang berkembang biak di air tawar.

3. Danau Plitvice, Kroasia

Danau Plitvice (mingxiak/Flickr)

Sebuah puncak dari enam belas danau yang saling terhubung oleh serangkaian sembilan puluh air terjun, tampak berkilauan berwarna biru. Terletak di hutan lebat, area sekitar danau ini dihuni oleh rusa, serigala, beruang, babi hutan, dan spesies burung langka.

  Hutan Gunung Rinjani terbakar, ancaman laten yang terjadi pada musim kemarau?

Tetapi danau ini juga dikabarkan menjadi tempat tinggal beruang Gua Pleistosen yang telah punah. Legenda mengklaim, danau ini adalah anugerah bagi wilayah yang dilanda kekeringan yang diberikan oleh ratu magis. Danau ini dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

4. Danau Roopkund, India

Danau Roopkund (uttarakhand triptrek/Flickr)

Ketika matahari musim gugur menyinari tarn gasial yang membeku, Rookpund meleleh dan ketika itu terjadi, ratusan kerangka manusia mengapung ke atas perairannya, membuat danau laksana koktail sup manusia. Masih menjadi misteri hingga kini tentang asal kerangka manusia itu.

Era penemuannya yang mengerikan adalah selama masa perang. Sehingga penguasa Inggris secara alami menganggap kerangka manusia ini merupakan korban dari pembantaian tentara Jepang. Namun ketika tulang-tulang itu diperiksa, justru memicu misteri yang sama sekali asing.

Karena tanggal kematian para kerangka kembali ke sekitar 850 Sebelum Masehi. Sehingga menjadi pertanyaan, apa sebenarnya yang dilakukan sekelompok orang dari Mediterania di atas ketinggian 16.500 kaki (5.029 meter) di sudut terjauh Himalaya itu dan bagaimana mereka mati.

  Potensi tsunami 20 meter ancam Jakarta, bagaimana langkah mitigasinya?

5. Danau Natron, Tanzania

Danau Natron (Charlotte BLANCHET/Flickr)

Hal ini mungkin terdengar seperti cerita dongeng. Sebab, Danau Natron menjebak hewan atau burung apa pun yang bersembunyi di perairannya. Terletak di Afrika Timur, danau ini dapat dianggap sebagai kejaiban alam sejati, bahkan walau tanpa misteri yang menyebabkan kematian.

Rahasia danau ini terletak pada komposisi airnya. Danau ini kaya akan natron, senyawa natrium alami yang mengandung campuran natrium karbonat, bikarbonat, klorida, dan sulfat. Hal ini, meningkatkan alkalinitas airnya. Setiap kali seekor burung atau hewan tersesat untuk memuaskan dahaganya, malah membuatnya tewas.

Natron dengan cepat bekerja pada tubuh, mengapur bangkai dan mengirimkannya mengambang kembali ke permukaan, sehingga kerangka patung muncul, diukir bersih oleh alam. Karena itu banyak yang menyebutnya danau cantik tetapi mematikan.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya