5 negara ini punya hutan mangrove terbesar di dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
hutan mangrove
Hutan mangrove (Markus Branse/Flickr)

Hutan mangrove punya peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Keberadaan tanaman yang hidup antara daratan dan perairan ini memiliki berbagai manfaat tak hanya bagi manusia, namun juga makhluk hidup lain di sekitarnya.

Beberapa peran yang dimaksud di antaranya pertama, mangrove berperan sebagai produsen rantai makanan bagi ekosistem laut. Daunnya disukai dan dimakan oleh ikan kecil atau kepiting di wilayah pesisir. Hutan mangrove juga dapat melindungi kawasan pantai dari abrasi, dan hantaman ombak tinggi bahkan bencana tsunami.

Bicara mengenai mangrove, tidak semua negara memiliki wilayah istimewa dengan keberadaan hutan mangrove. Namun tetap ada beberapa negara yang dikenal memiliki kawasan mangrove terbesar di dunia.

Apa saja negara yang dimaksud? Berikut daftarnya:

1. Bangladesh

Mangrove Sundarban (Uncornered Market/Flickr)

Hutan mangrove terbesar pertama dimiliki oleh Bangladesh. Berada di kawasan Taman Nasional Sundarban, hutan mangrove satu ini sekaligus menjadi lokasi dari tempat pelestarian berbagai spesies hewan dilindungi dan tanaman biosfer.

Memiliki luas area mencapai 140.000 hektare, salah satu hewan yang terkenal hidup di kawasan tersebut adalah harimau benggala. Lain itu terdapat juga sejumlah hewan mulai dari spesies reptil, invertebrata, buaya air garam, dan burung.

  5 gunung tertinggi di dunia, siapakah penakluk pertamanya?

Bahkan di kawasan mangrove Sundarban terdapat 260 spesies burung yang hidup, dan membuat tempat tersebut menjadi salah satu warisan dunia.

2. India

Mangrove di India (Vijesh Kannan/flickr)

Tak jauh dari Bangladesh, di India juga terdapat hutan mangrove terbesar yang berada di Desa Pichavaram. Memiliki luas sekitar 1.100 hektare, kawasan ini juga memiliki keanekaragaman hayati tak kalah tinggi.

Disebutkan bahwa ada sekitar 200 spesies burung yang tercatat di hutan mangrove Pichavaram. Lain itu, ditemukan juga kehidupan ragam varietas rumput laut, ikan, udang, kepiting, tiram, kura-kura, dan berang-berang. Ditambah lagi, terdapat juga sebanyak 20 jenis pohon mangrove yang berbeda di kawasan tersebut.

3. Amerika Serikat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kaija S Holm 🇫🇮 (@ksh49_pix)

Kawasan hutan mangrove yang berada di Negeri Paman Sam ini berlokasi di Florida. Per tahun 2022 tercatat jika luas kawasan mangrove di Florida mencapai 469.000 hektare.

  Sirop Bogem, minuman berkhasiat dari wilayah pesisir berbahan dasar mangrove

Mengutip keterangan di laman pemerintahan Florida, ada berbagai jenis tanaman mangrove yang hidup di kawasan tersebut. Mulai dari mangrove merah, mangrove hitam, mangrove putih, dan kayu kancing.

Sama seperti tiga lokasi hutan mangrove sebelumnya, di kawasan ini juga terdapat berbagai keanekaragam hayati. Mulai dari ikan, burung, sampai berbagai spesies hewan yang berada di status terancam punah. Beberapa di antaranya lembu laut Florida, penyu sisik, dan masih banyak lagi.

4. Teluk Panama

Mangrove di Teluk Panama (Rita Willaert/Flickr)

Hutan mangrove Panama memiliki cakupan area seluas 2.300 kilometer persegi, yang disebut menjadi habitat bagi lebih dari 1 juta burung pantai.

Sama seperti yang ada di Florida, spesies mangrove yang ada di kawasan ini juga cukup beragam. Mulai dari mangrove merah, mangrove hitam, mangrove putih, dan masih banyak lagi.

Sedangkan dari segi keanekaragaman hayati, berbagai jenis hewan yang hidup di kawasan mangrove ini terdiri dari rakun, rusa, iguana, dan berbagai macam reptil lainnya.

5. Indonesia

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by COME2BORNEO (@come2borneo)

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kawasan hutan mangrove terbesar di dunia. Lokasinya sendiri berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. UNESCO mencatat jika luas hutan mangrove di TN Tanjung Puting mencapai 415.040 hektare.

  Hutan Gunung Rinjani terbakar, ancaman laten yang terjadi pada musim kemarau?

Tak hanya mangrove, sudah umum diketahui jika pada kawasan yang sama juga menjadi akses menuju habitat asli dan lokasi konservasi orangutan. Bahkan menurut catatan Orangutan Foundation, ada sebanyak 9 spesies primata yang hidup di kawasan tersebut.

Sementara itu secara luas, terdapat lima jenis mangrove yang banyak hidup dan ditemukan di Indonesia. Jenis yang dimaksud terdiri dari Avicennia atau api-api, mangrove Bruguiera, mangrove Ceriops, Rhizophora, dan Sonneratia.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya