5 sungai paling tercemar di dunia, salah satunya dikenal sebagai tempat lahirnya peradaban

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Sungai Gangga ( Christian Plätzinger/Flickr)
Sungai Gangga ( Christian Plätzinger/Flickr)

Campur tangan manusia yang tidak bertanggung jawab tercatat sebagai salah satu faktor yang merusak keseimbangan alam. Beberapa sungai di dunia misalnya, kini telah tercemar akibat industrialisasi berat, kurangnya kesadaran publik dan kebijakan pemerintah yang lemah.

Di tambah hilangnya tradisi penghormatan kepada sungai yang dahulu dirawat oleh para leluhur. Saat ini sejumlah sungai besar di dunia telah tercemar karena campur tangan manusia.

Hal yang sangat disayangkan karena banyak sungai kondisinya sudah berada di ambang kematian. Padahal beberapa sungai ini dahulunya merupakan induk dari peradaban masyarakat sekitar dan menjadi tempat ritual agama besar.

Lalu apa saja sungai yang tercemar karena lingkungan? Berikut uraiannya:

1. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Mississippi Shore ( George Kurzik/Flickr)
Mississippi Shore ( George Kurzik/Flickr)

Pada tahun 2010 sekitar 12,7 juta pon limbah beracun dibuang ke sungai Mississippi, hal ini bedasarkan laporan dari kelompok Environment Missouri tahun 2012. Ini termasuk bahan kimia beracun seperti nitrat, benzena, dan arsenik.

Sungai utama dari sistem drainase terbesar di Amerika Utara ini merupakan sumber daya alam dan ekonomi terbesar untuk jantung Amerika Serikat. Sedangkan lembah sungainya adalah salah satu daerah pertanian yang subur.

  Krisis pangan ancam masyarakat global, apakah food estate bisa menjadi solusi?

Muara sungai yang mengelilingi wilayah ini, saat ini disebut Zona Mati, karena ganggang berbahaya yang tumbuh di sungai yang tercemar menyerap semua oksigen. Jadi mustahil bagi organisme lain untuk bertahan hidup.

2. Sungai Marilao, Filipina

Sungai Marilao (Greenpeace/Flickr)
Sungai Marilao (Greenpeace/Flickr)

Sungai Marilao mengalir melalui Metro Manila di Filipina. Sungai ini merupakan salah satu sungai paling tercemar di dunia yang juga digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi. Benda-benda seperti botol plastik, sendal karet, dan lain-lain terlihat menumpuk di sungai.

Sungai yang terletak di sebelah utara Manila ini memang sangat kotor akibat pembuangan sampah rumah tangga, limbah pabrik, dan limbah pengolahan emas. Air sungai ini juga sudah tercemar berbagai unsur logam berat yang berbahaya bagi pengonsumsinya.

3. Sungai Kuning, China

Sungai Kuning China ( Krzysztof Żyła/Flickr)
Sungai Kuning China ( Krzysztof Żyła/Flickr)

Sungai Kuning yang berasal dari Pegunungan Bayan Har di Provinsi Qinghai di China Barat dan berakhir di Laut Bohai dekat kota Dongying di Provinsi Shandong. Ini merupakan sungai terpanjang kedua di Asia dan terpanjang keenam di dunia.

  Mengenal DAM penahan, konstruksi penting di daerah aliran sungai

Sungai ini dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban Tiongkok, dan pernah menjadi sumber utama air minum. Namun kini, sungai ini telah menderita polusi parah sehingga sepertiga airnya tidak dapat digunakan.

Menurut laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 4,29 miliar ton adalah limbah industri dan dibuang ke sungai pada tahun 1996. Akhir-akhir ini, kota Lanzhou, air sungai ini tiba-tiba berubah menjadi merah karena pembuangan.

4. Sungai Gangga, India

Sungai Gangga ( Ya, saya inBaliTimur/Flickr)
Sungai Gangga ( Ya, saya inBaliTimur/Flickr)

Beralih ke India, ada sungai besar yang disakralkan oleh warga setempat yakni Sungai Gangga. Sungai ini bersumber dari Pegunungan Himalaya mengalir melalui dataran Gangga di India Utara, kemudian memasuki Bangladesh dan bermuara dengan Teluk Benggala.

Sungai besar ini juga jadi salah satu yang paling tercemar di dunia, disebabkan besarnya polusi akibat buangan sampah, limbah, dan berbagai buangan lainnya. Pada tahun 2007, Gangga termasuk lima sungai paling tercemar di dunia.

Polutan berkisar dari limbah industri beracun hingga limbah plastik. Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Dewan Riset Medis India (ICMR), Sungai Gangga begitu penuh dengan polutan beracun hingga orang-orang yang tinggal dekat tepiannya rentan terkena kanker.

  Dikenal tahan banting, ratusan ikan sapu-sapu mati mengambang di sungai Jakarta

5. Sungai Citarum

Sungai Citarum ( Cita-Citarum/Flickr)
Sungai Citarum ( Cita-Citarum/Flickr)

Terakhir ada sungai terkotor dan salah satu yang paling tercemar di dunia, yakni Sungai Citarum yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sungai terpanjang di Jawa Barat ini sangat kotor dengan berbagai sampah plastik dan buangan rumah tangga hingga limbah pabrik yang ada di sepanjang area aliran sungai.

Air sungai ini bahkan mengandung merkuri yang di luar ambang batas wajar dan menjadi tempat pembuangan sampah bagi warga sekitarnya. Tidak heran jika sungai ini menjadi yang paling tercemar di dunia, bahkan juga mencemari air tanah yang ada sepanjang bantaran sungai.

Namun warga masih tetap menggunakan air sungai ini untuk berbagai keperluan rumah tangga. Walau beragam penyakit tentunya bisa mengancam, seperti penyakit kulit, infeksi, saluran pernapasan terganggu, dan batuk karena efek bau busuk yang menyengat dari air sungai.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya