Mengintip 7 palung laut terdalam yang ada di perairan Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Palung Laut (Nick Jaffe/Flickr)
Palung Laut (Nick Jaffe/Flickr)

Indonesia merupakan negara kepulauan, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pantai dan laut di kawasan Nusantara. Sebagai negara kepulauan membuat Indonesia memiliki banyak palung laut yang cukup dalam bahkan bisa mencapai 7.430 meter.

Palung merupakan cekungan topografi dasar laut dengan lebar relatif sempit, namun dari ujung ke ujung sangat panjang. Objek oseanografi yang satu ini merupakan yang terdalam dari dasar laut. Bahkan beberapa belum bisa diteliti hingga kini

Lalu, di mana sajakah palung laut terdalam di Indonesia? Berikut uraiannya :

1. Palung Weber

Palung (Makro Paparazzi/Flickr)
Palung (Makro Paparazzi/Flickr)

Palung terdalam pertama yang ada di Indonesia adalah Palung Weber. Palung Weber ada di area Laut Banda, Kepualuan Maluku, Indonesia. Dilansir dari Geology yang dimuat di Detik, Palung Weber mempunyai kedalaman hingga sekitar 7,2 kilometer.

Palung Weber atau yang juga dikenal sebagai Weber Deep adalah cekungan bagian bawah yang sebetulnya berada di area depan busur Banda rantai kepulauan vulkanik. Hingga kini masih banyak pertanyaan bagaimana proses terbentuknya Palung Banda.

  Krisis pangan ancam masyarakat global, apakah food estate bisa menjadi solusi?

Menurut LabOnline, studi yang dilakukan oleh Australian National University (ANU) menyebutkan bahwa beberapa percobaan telah dilakukan untuk menjelaskan evolusi tektonik busur Banda. Tetapi belum ada satu pun hipotesis pun yang dapat menjelaskan terbentuknya anomali kedalaman Palung Weber.

2. Palung Jawa

Palung (Makro Paparazzi/Flickr)
Palung (Makro Paparazzi/Flickr)

Palung ini juga dikenal sebagai Sunda Double Trench. Palung Jawa terletak di sisi timur Samudra Hindia. Menurut Britannica, letak Palung Jawa secara lebih spesfik adalah 305 kilometer dari barat daya pantai Sumatra dan Jawa. Palung Jawa dipastikan sebagai titik terdalam di Samudra Hindia.

Palung Jawa memiliki kedalaman rata-rata 7.140 meter, dan memiliki pandang 2.600 meter. Pada tahun 2004, gempa bumi masif yang terjadi di dasar laut dengan magnitudo sebesar 9,1 pada akhirnya menyebabkan tsunami dan berimbang sangat luas.

3. Palung Buton

Palung (Paul/Flickr)
Palung (Paul/Flickr)

Palung terdalam di Indonesia selanjutnya adalah Palung Buton yang letaknya di sekitar wilayah Sulawesi Tenggara. Kedalaman palung ini sendiri adalah sekitar 4.180 meter. Palung ini berhasil ditemukan karena adanya kegiatan Ekspedisi Snellius I (1929-1930).

  Ada 3 pulau yang terancam tenggelam di Provinsi Riau

Nama Snellius sendiri diambil dari nama ilmuwan Belanda yang hidup di tahun 1580-1626 bernama Willeboard Snellius. Snellius adalah seorang ahli di bidang astronomi, fisika, dan matematika. Alasan penggunaan namanya, karena sekitar tahun 1984-1985 ekspedisi serupa dilakukan kembali.

4. Palung Sangihe

Palung (Dom Nessi/Flickr)
Palung (Dom Nessi/Flickr)

Masih di wilayah Indonesia bagian timur, ada juga Palung Sangihe yang terletak di laut Maluku. Palung ini berada di anatara lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Filipina. Tidak sedalam Palung Buton, Palung Sangihe hanya memiliki kedalaman rata-rata 3.850 meter.

Sebagaimana Palung Buton, palung ini juga ditemukan dalam bagian ekspedisi Snelius I. Ekspedisi Snelius dipimpin oleh P.M van Riel yang merupakan pensiunan angkatan laut Belanda dan merupakan kepala bagian oseanografi dan meteorologi maritim di KNMI (Semacam Lembaga Meteorologi Kerajaan Belanda).

5. Palung Talud

Palung (Andrew Cookston/Flickr)
Palung (Andrew Cookston/Flickr)

Palung Taulud adalah palung terdalam kelima setelah Palung Sangihe. Letak palung ini berada di sebelah utara timur Sulawesi Utara, di mana terdapat pertemuan arus yang menyebabkan banyak ikan berkumpul. Tidak heran bila Palung Talud yang memiliki kedalaman rata-rata 3.450 meter menjadi lokasi favorit nelayan mencari ikan.

  Pantai Pesisir Jawa terancam gempa 8,7 SR dan tsunami 10 meter, mitigasi apa yang perlu dilakukan?

6. Palung Ternate

Palung (famkefonz/Flickr)
Palung (famkefonz/Flickr)

Palung terdalam nomor enam di Indonesia adalah Palung Ternate. Palung ini memiliki kedalaman hingga 3.450 meter dan terletak di sebelah utara Maluku Utara. Palung ini juga ditemukan dalam bagian ekspedisi Snelius I, seperti palung lainnya di timur Indonesia.

Sebagai bagian dari hasil ekspedisi Snelius I, penemuan Palung Ternate juga dipublikasikan dalam serial buku berjumlah 21 buah dengan judul The Snellius Expedition yang diterbitkan oleh E.J Broll, di Leiden, Belanda. Hasil dari ekspedisi ini kemudian menjadi dasar penting bagi pengetahuan oseonagrafi Nusantara.

7. Palung Timor

Palung (Marion Irastorza/Flickr)
Palung (Marion Irastorza/Flickr)

Palung Timor adalah palung terdalam Indonesia yang terletak di Laut Timor. Lokasi palung ini berbatasan dengan Timor-Timor (Timor Leste) dan Benua Australia pada bagian selatannya. Palung Timor merupakan jurang laut yang memiliki kedalaman 3.310 meter.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya