Panorama keindahan danau terdalam dan tertua di dunia, usianya 25 juta tahun

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Danau Baikal (Maria Dyagileva/Flickr)

Rusia yang terkenal sebagai salah satu negara dengan wilayah terluas di dunia, negara ini juga memiliki danau yang tercatat sebagai salah satu danau terluas di dunia, yaitu Danau Baikal. Bahkan jika dihitung, luasnya hampir sama dengan luas salah satu wilayah negara di Eropa.

Karena keindahannya danau yang berlokasi di selatan Siberia ini diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Dengan memiliki kedalaman mencapai 1.000 m, danau ini juga didapuk sebagai danau terdalam yang ada di dunia.

Lalu bagaimana keindahan danau ini? Dan benarkah danau ini juga yang tertua di dunia? Berikut uraiannya:

1. Danau Baikal

Danau Baikal (Eugene Kaspersky/Flickr)

Danau Baikal adalah danau yang terletak di sebelah selatan Siberia, Rusia. Nama Baikal berasal dari bahasa Tatar, Bai-Kul. Artinya, danau yang kaya. Bahasa Tatar adalah bahasa Turki yang digunakan orang Tatar yang tinggal di sekitar Siberia.

Dilihat dari luas permukaan airnya, Danau Baikal adalah danau terbesar ke 7 di dunia. Dengan panjang maksimalnya 636 kilometer dan lebar maksimalnya 79 kilometer, danau ini memiliki luas permukaan air sekitar 31,494 kilometer persegi.

  Ancaman krisis iklim, ini kota dan negara yang diprediksi tenggelam di masa depan

Bila dilihat dari jumlah air yang tersimpan di danau ini, Danau Baikal adalah danau terbesar di dunia. Danau Baikal berisi air tawar sekitar 20 persen dari seluruh air tawar di dunia atau sekitar 90 persen dari seluruh air tawar terdapat di Rusia.

Danau ini bisa menyimpan air sebanyak itu karena sangat dalam. Rata-rata kedalamannya 758 meter dengan bagian terdalam mencapai 1.637 meter. Dengan kedalaman itu, Danau Baikal juga tercatat sebagai danau yang terdalam di dunia. Danau Baikal juga tercatat sebagai yang tertua di dunia, usianya diperkirakan sekitar 25 juta tahun.

2. Keindahan Danau Baikal

Danau Baikan (Eugene Kaspersky/Flickr)

Air yang ada di Danau Baikal sangat bersih dan jernih. Sehingga Danau Baikal dinobatkan sebagai danau dengan air terbersih di dunia. Begitu jernihnya air danau ini, banyak penumpang kapal yang melintas di Danau Baikal merasa ketakutan, terutama yang takut ketinggian atau kedalaman.

Hal ini karena mereka dapat melihat dengan jelas ke dalam danau hingga kedalaman 50 meter. Selama musim panas, ketika danau penuh dengan es yang mencair dari pegunungan Siberia, terkadang memungkinkan untuk melihat lebih dari 130 kaki (39 m) ke bawah.

  Masuk Indonesia, isu cacar monyet terkatrol sepekan belakangan

Kejelasan yang menakjubkan adalah hasil kemurnian es yang meleleh, plankton yang memakan puing-puing mengambang dan kurang garam mineral di danau. Danau Baikal mungkin lebih hangat daripada bagian lain Siberia, tetapi di musim dingin masih sangat dingin.

Air danau ini bersih dan jernih karena di sana banyak Epischura baikalensis, yaitu krustasea yang sangat kecil. Binatang itu menyaring lumut dan bakteri. Lumut dan bakteri adalah penyebab danau-danau jadi keruh airnya. Selain itu, di sana banyak sekali udang sungai yang memakan sisa-sisa organik yang bisa membusuk. 

3. Spesies endemik

Danau Baikal (Eugene Kaspersky/Flickr)

Di Danau Baikal hidup ribuan jenis binatang dan tumbuhan. Beberapa di antaranya endemik Danau Baikal. Artinya, binatang atau tumbuhan itu hanya hidup di Danau Baikal. Salah satu binatang endemik Baikal yang terkenal adalah nerpa yang merupakan anjing laut Baikal.

Nerpa adalah salah satu dari hanya 3 jenis anjing laut di dunia yang hidup di air tawar. Sesuai namanya, Epischura baikalensis, juga merupakan krustasea endemik dari Danau Baikal. Para ilmuwan tidak yakin bagaimana nerpa datang ke Danau Baikal dan berevolusi.

  Krisis pangan mengancam, orang kaya Korut makan anjing hingga kelinci

Selain itu di Danau Baikal hidup ikan omul. Ikan yang bentuk dan warnanya mirip ikan bandeng ini, paling dicari nelayan karena enak rasanya dan disukai orang sekitar danau. Biasanya ikan omul akan dijual oleh masyarakat sekitar setelah diasap.

Di daratan sekitar Danau Baikal juga banyak ditemukan fauna seperti rusa kutub, elk, beruang, babi liar, serigala, polecat, cerpelai, dan lain-lain. Sementara pada kedalam air Danau Baikal ini, terdapat sekitar 2.600 spesies makhluk laut, misalnya omul, taimen, whitefish, bandeng, hering, dan lain-lain.

Spesies burung juga banyak yang menempati danau ini, mulai dari burung camar, burung bangau abu-abu, elang tutul, hingga elang emas. Berkat keragaman hayati yang dimilikinya, Danau Baikal disebut-sebut sebagai Galapagos-nya Rusia.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya