5 musisi dunia ini gelar konser yang gaungkan misi ramah lingkungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Billi Eilish | animalagricultureclimatechange.org

Punya rasa kepedulian tinggi akan kelestarian lingkungan memang jadi tanggung jawab semua orang, tanpa terkecuali.

Tanpa memandang status, jabatan, atau latar belakang asalnya, semua orang memang dituntut buat ikut serta berkontribusi menjaga kelestarian alam, apalagi kalau bicara soal kaitannya dengan situasi bumi yang sudah menghadapi ancaman krisis iklim.

Beruntung, beberapa kalangan seperti publik figur yang biasanya punya banyak penggemar setia juga ada yang paham akan pentingnya hal tersebut. Sadar kalau mereka punya power buat menggerakkan massa yang di beberapa kondisi menjadikan mereka sebagai panutan, hal tersebut nyatanya secara tepat dimanfaatkan buat mengkampanyekan aksi kepedulian akan lingkungan.

Terpantau, kalau selama beberapa tahun terakhir ada cukup banyak kalangan publik figur salah satunya musisi dunia yang melakukan hal tersebut. Enggak tanggung-tanggung, aksi itu bahkan dikampanyekan langsung lewat rangkaian tur musik global mereka.

Siapa saja musisi yang gaungkan aksi kepedulian lingkungan lewat konser mereka? Berikut daftarnya:

1. Radiohead

Di tahun 2007, band yang digawangi Thom Yorke, Collin dan Jonny Greenwood bersaudara, Ed O’Brian, serta Phillip Selway memutuskan buat memakai transportasi kru musik berbahan bakar biofuel.

  Budaya perburuan paus di Lamalera dan upaya agar populasi tetap lestari

Band asal Inggris ini juga mengganti pengaturan sorot lampu LED dengan teknologi pencahayaan yang lebih hemat energi di konser mereka yang bertajuk in Rainbows. Fakta menarik lainnya, semua anggota band sepakat buat memilih lokasi konser di pusat kota yang dikelilingi tranportasi umum strategis, supaya para penonton enggak membawa kendaraan pribadi.

2. Billie Eilish

Sebelum bicara soal perannya dalam kepedulian lingkungan, penyanyi wanita satu ini sendiri memang dikenal sebagai pencinta hewan dan seorang vegetarian. Eilish bahkan pernah bekerja sama dengan Greenpeace untuk menyuarakan keprihatinan terhadap kerusakan lingkungan dan seruan bagi masyarakat untuk peduli terhadap perubahan iklim secara lantang dan tegas.

Di beberapa konsernya, Eilish dan pihak penyelenggara kerap membuat aturan kalau penonton harus membawa botol air minum yang bisa diisi ulang, dan tidak boleh ada sedotan plastik di area konser.

3. Maroon 5

Selain menyelami dunia musik, empat anggota band Maroon 5 diketahui juga berperan sebagai anggota dewan Reverb, sebuah organisasi lingkungan nirlaba yang bekerja dengan musisi dunia untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari tur mereka.

  Serba-serbi hiu paus dan eksistensinya di Indonesia saat ini

Disebutkan kalau lebih dari 34 jadwal tur Maroon 5 di tahun 2019, Reverb membantu Maroon 5 mengurangi potensi diperolehnya sebanyak 2.580 drum sampah. Perkiraan itu didapat karena mereka menyediakan stasiun isi ulang air minum yang mensubtitusi penggunaan sekitar 11.060 botol plastik sekali pakai.

Dalam tur tersebut juga, Maroon 5 mendirikan booth Eco-Village, yang mendidik lebih dari 23 ribu pengunjung konser tentang cara mengurangi jejak karbon, dan mengajak supaya mereka jadi lebih peduli terhadap lingkungan.

4. Pink

Sama halnya seperti Maroon 5 yang bekerja sama dengan Reverb, Pink juga menjadi salah stau musisi yang pada ttahun 2019 lalu menggaungkan aksi kepedulian lingkungan lewat konsep ‘Beautiful Trauma’

Konser yang digelar penyanyi ini berhasil mengumpulkan sampah yang terolah menjadi 1,7 ton kompos, sekaligus sukses menghindari pemakaian sebanyak 3.200 botol plastik sekali pakai.

5. Shawn Mendes

Penyanyi pria yang banyak digandrungi kalangan anak muda ini rupanya juga memanfaatkan popularitasnya dengan baik. Aksi pelarangan botol plastik atau botol minum sekali pakai juga dilakukan oleh Mendes dalam gelaran tur musik yang berlangsung di tahun 2019 lalu.

  Melihat Taman Nasional Gunung Palung sebagai rumah baru bagi orangutan

Tanpa dibedakan, kebijakan tersebut nyatanya juga diberlakukan saat rangkaian tur musiknya berlangsung di Indonesia. Menurut keterangan pihak promotor, kebijakan tersebut bahkan diminta khusus oleh Shawn Mendes secara langsung.

“Dia sangat-sangat conscious mengenai environment, ada satu yang dia note, tidak boleh ada botol plastik air mineral,” ujar pihak promotor kala itu.

Foto:

  • Vitalina/Pexels
  • instagram @radiohead
  • animalagricultureclimatechange.org
  • Michele Eve Sandberg/miaminewtimes.com
  • stuff.co.nz
  • Ambry Nurhayati/bandwagon.asia

Artikel Terkait

Artikel Lainnya