Potret tragis ancaman pembuangan sampah di Pantai Carita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pantai Carita (Bantenesia/Wikimedia commons)

Salah satu bentuk pencemaran lingkungan berupa aktivitas atau pembuangan sampah ke alam layaknya laut dan pesisir pantai, memang diklaim sudah semakin berkurang dan diawasi oleh beberapa pihak.

Namun di saat bersamaan, nyatanya tetap saja ada sejumlah kawasan yang luput dari perhatian, dan menjadi sasaran pembuangan sampah dari pihak tak bertanggung jawab. Seperti yang terjadi baru-baru ini, viral sebuah video yang yang memperlihatkan aksi pembuangan sampah secara terang-terangan di pesisir pantai.

Dari video yang beredar, pembuangan sampah tersebut dilakukan tepat di bibir pantai oleh dua orang pria tanpa memedulikan lingkungan sekitar.

1. Satu gerobak sampah di Pantai Carita

Setelah ditelusuri, peristiwa tersebut disebutkan terjadi pada hari Minggu (3/4/2022), di kawasan Pantai Carita yang berada di pesisir barat Banten. Tak tanggung-tangung, sampah yang dibawa dan dibuang oleh dua orang pria dalam video yang beredar terlampau banyak, yaitu sekitar satu gerobak penuh.

  Pertama di Asia, Indonesia punya pabrik batu bata sampah plastik di NTB

Pembuangan sampah itu disebut terjadi saat sore hari di kala matahari akan tenggelam. Di mana seharusnya saat tersebut merupakan saat terbaik menikmati pemandangan pantai carita yang sekelilingnya terlihat bersih.

Direkam oleh seorang wisatawan, kabarnya sampah yang dibuang terdiri dari plastik kertas, potongan kayu, sampah makanan, dan sejenisnya.

Saat video yang dimaksud banyak beredar di lini massa, masyarakat otomatis mengecam aksi pembuangan sampah tersebut. Banyak di antara mereka yang menuntut supaya pelaku ditangkap dan diberi hukuman agar jera.

2. Pelaku meminta maaf

Pantai carita (Gunawan IP/Flickr)

Terbaru, pada hari Senin (4/4) Pihak Pemkab Pandeglang disebut telah mengetahui informasi yang ramai tersebut, dan menelusuri tentang dua pria yang membuang sampah satu gerobak di Pantai Carita.

Setelah ditelusuri, ternyata bukan hanya dua melainkan ada tiga orang pelaku pria yang melakukan aksi pembuangan sampah. Masing-masing pelaku bernama Syamsuri, Arman, dan Kadrani.

Menurut Ramadani, selaku Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, ketiga pelaku merupakan seorang pedagang di lokasi wisata Carita. Berdasarkan pengakuan ketiganya, mereka berdalih melakukan aksi pembuangan sampah karena minimnya tempat sampah di wilayah tersebut.

  Waktu urai sampah ternyata ada yang mencapai ratusan tahun

Meski sudah ditangkap, ketiga pelaku dilaporkan tidak menerima hukuman dan hanya diwajibkan untuk membuat video permintaan maaf.

“Sehubungan dengan perbuatan kami yang membuang sampai ke pantai Carita. sehingga menjadi viral. Atas kejadian itu kami memohon maaf kepada pihak pemerintah dan warga,” ujar salah seorang pelaku bernama Syamsuri, mengutip Okezone.com.

“Kami berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu dan menjaga kebersihan di sekitar pantai,” tambahnya lagi.

Hal tersebut sejatinya tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pasalnya, jika merujuk pada Perda tentang Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3) Nomor 4 Tahun 2008, para pelaku bisa dikenai sanksi denda.

Tapi ternyata Pemkab Pandeglang lebih dulu mengutamakan pemberian pemahaman.

“Kalau mereka ternyata nanti mengulangi perbuatannya lagi baru kita kenakan sanksi,” ujar Ramdani, menukil Detikcom.

3. Objek wisata populer

Pantai Carita (tehkici/flickr)

Meski pelaku pembuangan sampah sudah tertangkap dan kasus telah selesai, nyatanya kejadian ini tetap disayangkan. Pasalnya, pantai Carita sendiri merupakan salah satu objek wisata populer dengan pasir putih dan ombak yang cenderung tenang.

  Kado HUT 25 Balai TN Gunung Halimun Salak, dua elang jawa dilepasliarkan ke alam

Ditambah lagi, pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling dekat dengan perkotaan. Karena itu pula, Carita kerap menjadi area rekreasi favorit. Lain itu dari segi kenekaragaman hayati, laut di sekitar pantai cerita dikenal memiliki biota dan terumbu karang yang tak kalah menarik untuk dieksplor.

Di sekitar kawasan terdekat pantai Carita, juga terdapat banyak pulau-pulau kecil. Lebih jelas, pulau-pulau tersebut ada yang nampak ke permukaan dan ada juga yang tidak nampak. Biasanya, pulau yang tidak nampak akan berada di bawah laut, namun dengan perairan dangkal. Titik tersebut yang biasanya dijadikan tempat favorit untuk para pemancing ikan laut.

Tentu, perilaku pencemaran layaknya membuang sampah semena-mena menjadi hal yang dapat mengancam kelangsungan ekosistem di Pantai Carita.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya