Hari Gerakan Satu Juta Pohon, seperti apa gambarannya di Indonesia?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi hari gerakan satu juta pohon | @Art.raihan (shutterstock)

Hari Gerakan Sejuta Pohon diadakan pada tanggal 10 Januari setiap tahun, dengan tujuan untuk menyelamatkan hutan dan melestarikan lingkungan.

Tujuan memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia adalah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri, serta mengajak kita untuk terus melestarikan pohon yang begitu penting bagi kehidupan manusia.

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari tersebut antara lain penanaman pohon di berbagai tempat. Seperti yang kita ketahui bersama, pohon memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen di udara, yang bermanfaat bagi pernapasan manusia dan mengurangi kandungan karbon dioksida.

Selain itu, dengan menanam pohon, kita dapat menjaga stabilitas iklim, mencegah banjir atau erosi, serta menyediakan makanan dan tempat berteduh bagi hewan.

Di Indonesia, gerakan ini pertama kali dicanangkan oleh Presiden Suharto di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1993. Dalam sambutannya, Presiden Suharto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan tersebut. juta pohon di setiap provinsi.

Berkat gerakan penanaman pohon ini, masalah pemanasan global telah terpecahkan. Hal ini dikarenakan cahaya atau sinar matahari akan diserap oleh tanaman melalui proses fotosintesis.

  Masuk Indonesia, isu cacar monyet terkatrol sepekan belakangan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kita bisa memulainya dengan menanam tanaman di lingkungan rumah kita kemudian peduli dengan kelestarian lingkungan.

Lantas, seperti apa apresiasi masyarakat umum serta masyarakat sadar lingkungan terkait hari sejuta pohon dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.

Penyebutan dan sebaran di ranah online

Jika ditarik rentang waktu dalam sebulan terakhir (4 Januari-3 Februari 2022), penyebaran kata kunci hari gerakan sejuta pohon tertinggi berada di tanggal 10 Januari 2022, dengan jumlah sebaran 12.003.

Kemudian naik kembali di tanggal 17 Januari 2022 dengan menyetuh angka 15.000. Secara umum, terkait kata kunci hari gerakan sejuta pohon mencapai 59.747 sebaran.

Setelah dua tanggal yang disebutkan di atas, perlahan kata kunci hari gerakan sejuta pohon memudar, hingga mencapai titik terandahnya pada 31 Januari 2022. Sementara sentimen dari kata kunci hari gerakan satu juta pohon terlihat positif di tanggal 10 dan 16 Januari 2022. 

Secara umum, analisis kata kunci hari gerakan sejuta pohon ada dalam tabel infografik berikut.

  Tagar #PrayForBogor dan penyebab situasi ekstrem di Bogor dan sekitarnya

Dalam infografik di atas terlihat sebutan kata kunci hari gerakan sejuta pohon tertinggi di tanggal 10 Januari 2022, yang kemudian menurun secara perlahan.

Pemberitaan media online, platform berbasis video, dan ranah blog, masing-masing menyumbangkan angka sebaran sebanyak 33,3 persen, 28,6 persen, dan 19 persen.

Pemberitaan media

Untuk informasi yang dikabarkan media-media daring di Indonesia, tercatat jaringan Tribunnews.com masih menjadi yang tertinggi dengan volume sebaran pemberitaan yang mencapai 27,03 persen, sementara Antaranews.com ada di posisi kedua sebaran terbanyak dengan porsi 21,62 persen. 

Juru kunci 3 besar sebaran pemberitaan daring media tercatat dari media Akurat.co dengan volume sebaran sebanyak 16,22 persen.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya