Hari Peduli Sampah Nasional, seperti apa gambarannya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Dok. Zero Waste Adventure

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pertama kali diumumkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tanggal 21 Februari 2005. Ini yang mendasari HPSN kini diperingati setiap 21 Februari saban tahunnya.

Sejatinya, penetapan 21 Februari sebagai HPSN adalah untuk mengenang tragedi di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 157 orang akibat ledakan gas metana dari tumpukan sampah yang menggunung di sana.

Terlepas dari insiden ini, pengelolaan sampah masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah, dan merupakan hal yang harus dilakukan dengan serius, demi kelestarian lingkungan hidup dan bumi yang lebih baik.

HPSN juga sebagai bentuk peran pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah di wilayahnya, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku yang menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Lain itu, peringatan HPSN juga untuk memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi dengan gerakan memilah sampah.

Catatan KLHK menyebut bahwa timbunan sampah nasional pada 2021 mencapai 67,8 juta ton. Rentetan kasus yang terjadi akibat sampah itu nampaknya memerlukan gerakan nyata dari kesadaran semua pihak, agar pengelolaan sampah tidak banyak terbuang di TPA, salah satunya dengan menerapkan hidup zero less waste.

Zero less waste merupakan bagian dari perilaku hidup berkesadaran berdasarkan mengedepankan konsumsi sesuai kebutuhan, serta tanggung jawab atas sisa konsumsi yang dihasilkan, sehingga jumlah sampah yang berakhir di TPA minimal.

  BNI, stop danai batu bara!

Lantas, seperti apa gambaran HPSN tahun ini? Berikut gambarannya.

Hari peduli sampah 2022 dalam pemberitaan dan sebaran media sosial 

Menarik rentang waktu dalam dua pekan terakhir (7-22 Februari 2022), penyebaran kata kunci Hari Peduli Sampah tertinggi berada di tanggal 2 Februari 2022, dengan jumlah sebutan kata kunci (mention) sebanyak 188 dan persebaran yang tercatat 3,77 juta.

Secara umum, penyebutan (mention) terkait kata kunci Hari Peduli Sampah dalam dua pekan terakhir ini mendulang angka sebanyak 447 mention dengan total sebaran 8,2 juta, baik diranah media sosial maupun di non-media sosial.

Sementara sentimen dari kata kunci Hari Peduli Sampah didominasi oleh sentimen negatif, dengan catatan tertingginya terjadi pada tanggal 20 Februari dengan 12 mention. Total sentimen negatif ini mendulang angka sebutan sebanyak 36.

Lalu sentimen positifnya, catatan tertingginya terjadi pada 21 Februari dengan 4 sebutan. Total sentimen positif ini berada di angka 11 mention.

Secara umum, analisis kata kunci Hari Peduli Sampah ada dalam tabel infografik berikut.

  Kolaborasi untuk Indonesia bersih dan lestari

Dalam infografik di atas terlihat sebutan kata kunci Hari Peduli Sampah angka tertingginya terjadi pada 20 Februari 2022, dibarengi dengan sentimen negatif yang cukup tinggi.

Pemberitaan media online, platform berbasis video, dan ranah forum, masing-masing menyumbangkan angka sebaran sebanyak 48,3 persen, 35,6 persen, dan 0,2 persen.

Pemberitaan media

Untuk pemberitaan media terkait Hari Peduli Sampah, didominasi oleh pemberitaan online. Dari 10 besar media yang memberitakan terkait Hari Peduli Sampah, sebutan kata kunci tertingginya ada di media Antaranews.com dengan 7 mention, kemudian ada Kompas.com dan Republika.co.id (6 mention), lalu Detik.com melalui 5 mention.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya