Hari Relawan Internasional 2021, seberapa besar kamu peduli sesama?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
poster volunteer day (Haryadi CH/shutterstock)

Hari Relawan Internasional setiap tanggal 5 Desember, diperingati setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Menurut laman resmi PBB, tema tahun ini adalah “Relawan Sekarang untuk Masa Depan Kita Bersama”.

Melalui tema ini, PBB menyarankan generasi mendatang untuk lebih bertanggung jawab atas perubahan yang diperlukan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Mendorong, mengakui, dan mempromosikan kerja sukarela, adalah bagian penting dalam menciptakan masa depan yang lebih setara dan inklusif bagi komunitas kita dan di seluruh dunia.

PBB dalam Program Sukarelawan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengoordinasikan Hari Relawan Internasional setiap tahun untuk mengakui dan mempromosikan kerja para sukarelawan yang tak kenal lelah.

Setiap hari, para relawan mendedikasikan waktu dan energi mereka untuk berkontribusi pada aksi iklim dan memajukan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Oleh karena itu, sangat penting untuk merayakan Hari Relawan Internasional untuk berterima kasih kepada para sukarelawan di seluruh dunia.

Hari relawan internasional dalam sebaran daring

Meski hari relawan internasional jatuh pada 5 Desember 2021, namun selama sebulan terakhir (1-31 Januari 2022) interaksi terkait hari relawan internasional cukup interaktif.

  Masih sedikit yang peduli dengan Hari Gunung 2021

Jika ditarik dalam kurun itu, maka sebaran kata kunci hari relawan internasional mencapai 1,2 juta sebaran. Sebaran tertinggi terjadi pada tanggal 13-29 Januari dengan membukukan sebaran sebanyak 99.078

Sementara sentimen dari kata kunci hari relawan internasional pada kurun itu membukukan 11 mention, dengan sentimen negatif 3 mention

Secara umum, analisis kata kunci hari relawan internasional ada dalam tabel infografik berikut.

Dalam infografik di atas terlihat sebutan kata kunci hari relawan internasional cukup fluktuatif pada periode Januari 2022, utamanya di tanggal 13 dan 18 Januari. Terlihat juga sentimen positif mendominasi di periode bulan itu.

Pemberitaan media online, platform berbasis video, dan ranah web, masing-masing menyumbangkan angka sebaran sebanyak 41,7 persen, 13,1 persen, dan 41,1 persen.

Pemberitaan media

Untuk informasi yang ditulis media-media daring di Indonesia terkait pemberitaan hari relawan internasional, tercatat jaringan Tribunnews cukup mendominasi dengan catatan 76,1 persen. Selangkah di bawahnya ada Suara.com (9,08 persen), Merdeka.com (6,1 persen), dan Kumparan.com (3,86 persen).

  BNI, stop danai batu bara!

Juru kunci 5 besar sebaran pemberitaan daring media tercatat dari media Republika.co.id dengan volume sebaran mencapai 1,91 persen.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya