SalamAid respons cepat bencana angin puting beliung di wilayah Bogor

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Aktivitas tim Salam Tanggap saat membantu warga terdampak angin puting beliung di Bogor | SalamAid

Hujan deras disertai angin puting beliung melanda sebagian wilayah Bogor Raya pada Kamis sore (10/3/2022), mengakibatkan beberapa pohon tumbang hingga menimpa rumah warga.

Dengan sigap, lembaga sosial kemanusiaan SalamAid melalui tim Salam Tanggap melakukan patroli dan turut ke lapangan dengan menurunkan 10 personel untuk melakukan proses evakuasi terdampak kejadian pohon tumbang dan angin puting beliung.

Salah satu wilayah yang didatangi tim Salam Tanggap adalah di RT 04/01, Kelurahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja,  Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sana, tercatat ada sekira 5 rumah tertimpa pohon yang berdampak pada 5 KK yang harus di evakuasi.

Sementara jumlah rumah terdampak angin puting beliung di wilayah itu tercata mencapai 8 rumah dengan warga yang mengungsi sebanyak 8 KK.

Tim Salam Tanggap | SalamAid

Deretan kejadian angin puting beliung sepekan terakhir

Sebelumnya pada Sabtu (5/3), angin puting beliung juga menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, yang mengakibatkan setidaknya ada 5 kejadian bencana yang terjadi sebab amukan angin tropis tersebut, mulai dari pohon tumbang hingga dinding rumah warga jebol. 

  Longsor di wilayah Pasaman pasca gempa tak surutkan semangat guru relawan

Beberapa pohon besar bahkan tumbang dan menimpa kabel jaringan listrik, hingga membuat tiang penyangga ikut roboh dan menimpa beberapa bangunan semi permanen. Beberapa wilayah yang cukup merasakan amukan angin puting itu ada di Kelurahan Karang Asem Barat, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini di beberapa wilayah di Indonesia memang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

Lumpuhnya jaringan, seperti listrik, telepon, dan jalan, tentu bakal berakibat pada terhambatnya aktivitas reguler warga.

Semoga daya upaya berupa bantuan yang diberikan para relawan, baik itu dari LSM atau relawan dari organisasi lembaga kemanusiaan seperti SalamAid, dapat memberikan sedikit manfaat atau bantuan bagi warga terdampak.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SalamAid (@salam.aid)

Artikel Lainnya

Video

Program