5 tanaman obat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit ginjal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
tanaman obat pencegah ginjal
Kumis kucing, salah satu tanaman obat pencegah ginjal (Steven/flickr)

Dalam beberapa hari terakhir, bidang kesehatan Indonesia sedang dihebohkan dengan kasus penyakit gagal ginjal yang dialami kalangan anak. Di sisi lain, ginjal sendiri menjadi salah satu penyakit yang cukup serius di tanah air. Tak heran jika berbagai upaya pencegahan dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi obat alami berupa tanaman pencegah ginjal.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, disebutkan bahwa 6 per 1.000 penduduk atau sekitar 1.499.400 penduduk Indonesia menderita Batu Ginjal. Di mana prevalensi gagal ginjal pada laki-laki (0,3 persen) lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan (0,2 persen).

Jangan sampai menunggu pengobatan, upaya menjaga kesehatan ginjal sejatinya juga perlu dilakukan dengan cara pencegahan. Tak selalu bergantung pada obat medis, di lingkungan sekitar kita sejatinya ada banyak jenis sumber daya berupa tanaman yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah penyakit ginjal.

Apa saja jenis tanaman yang dipercaya baik untuk mencegah penyakit ginjal? Berikut 5 di antaranya:

1. Kulit manggis

(Rike Wahyu/flickr)

Manggis dikenal sebagai salah satu buah tropis dengan daging buah yang segar dan kaya akan air. tapi bukan hanya itu, bagian kulit dari buah satu ini rupanya juga memiliki manfaat, yaitu sebagai obat pencegah sejumlah penyakit, salah satunya ginjal.

  Alquran dan sains ungkap gunung yang bergerak seperti awan

Berdasarkan penelitian, kulit manggis mempunyai kandungan antioksidan, xanthone, polifenol, dan flovanoid. Di mana secara ilmiah, kandungan antioksidan xanthone diyakini memiliki khasiat sebagai pencegah kerusakan ginjal dan bersifat melindungi.

2. Daun dari Kumis kucing

(andreas lambrianides/flickr)

Kumis kucing selama ini memang sudah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman obat. Asli Indonesia, kumis kucing dikenal mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit, salah satunya ginjal.

Bukan hanya sebagai pencegahan, khasiat dari kumis kucing juga sudah dikenal sebagai pengobatan alami untuk kondisi penyakit batu ginjal. Di mana secara khasiat, bagian daunnya disebut dapat meluruhkan batu ginjal.

Kumis kucing sendiri mengandung garam kalium dan juga ortosifonin terutama di bagian daunnya. Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu melarutkan fosfat, oksalat, dan juga asam urat di dalam ginjal manusia.

Cara mengonosumsinya, daun dari tanaman satu ini cukup direbus dan kemudian diminum secara teratur.

3. Daun binahong

(Annisa Setiati/flickr)

Jenis tanaman lain yang secara spesifik dipercaya mampu mengatasi penyakit gagal ginjal adalah daun binahong. Menariknya, tanaman dengan nama latin Anredera cordifolia ini memang sudah dipercaya secara turun-temurun sebagai obat tradisional.

  Disebut jadi penyebab banjir rob di Semarang, apa itu perigee?

Binahong disebut memiliki sifat antioksidan, antinyeri, antibakteri, dan antiinflamasi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Fungsi dari daun tanaman obat satu ini salah satunya adalah untuk meningkatkan fungsi ginjal. Ekstrak dari daun ini diyakini memiliki khasiat dalam meningkatkan kerja ginjal, khususnya untuk masalah gagal ginjal kronis.

4. Delima

tanaman obat pencegah ginjal
(deshi yin/flickr)

Bukan hanya tanaman obat, jenis tumbuhan lain yang juga diyakini dapat bermanfaat menjaga dan merawat kesehatan ginjal adalah tumbuhan dari buah delima.

Buah delima juga mengandung banyak nutrisi, seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin c, antioksidan, dan kandungan lain yang baik untuk kesehatan lainnya.

Secara spesifik, buah delima Buah delima memiliki manfaat untuk menjaga saluran kemih dan ginjal. Bukan tanpa alasan, pasalnya kandungan dalam buah delima diyakini dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

5. Tanaman obat seledri pencegah ginjal

Tanaman obat pencegah ginjal seledri (flickr)

Jenis tanaman satu ini sebenernya banyak dikenal sebagai salah satu tanaman untuk menambah cita rasa dalam masakan. Namun sebenarnya, fungsi obat juga dimiliki seledri.

  Jangan sampai tertukar, ini bedanya iguana dan bunglon

Daun seledri mengandung berbagai macam zat dan vitamin seperti antioksidan, vitamin C, zat besi, hingga asam folat. Mengutip Hellosehat, disebutkan bahwa sejak berabad-abad lalu daun seledri sudah terkenal akan manfaat untuk kesehatan, seperti asam urat hingga sakit ginjal.

Bukti akan khasiat ini pun sudah diperoleh dengan penelitian yang dilakukan oleh Para peneliti dari University of Alabama.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya