Ini tempat terdingin di luar angkasa, suhunya 3 kali lebih dingin dari antartika

Luar angkasa (J.B. Churchill/Flickr)

Luar angkasa merupakan tempat yang sangat dingin di alam semesta. Suhu dasar luar angkasa dikatakan bisa mencapai minus 270,45 derajat celcius, sementara beberapa area di sana juga memiliki suhu hingga tiga kali lebih dingin daripada di antartika.

Terdapat sejumlah area yang disebut ruang kosong di luar angkasa, meskipun sebenarnya tidak kosong dan jauh lebih dingin daripada planet, bulan, atau asteroid.

Kondisi ini disebabkan karena tempat tersebut tidak menyerap energi dari matahari, seperti yang dilakukan oleh bumi maupun objek lainnya.

Lalu di manakah tempat terdingin di luar angkasa? Berikut uraiannya:

1. Tempat terdingin di luar angkasa

Luar angkasa (MikaX Miklos SL/Flickr)

Dilansir dari Live Science, Senin (18/4/2022) Lunar Reconnaissance Orbiter, pesawat ruang angkasa robotik NASA menunjukan, “kawah bayangan” di Kutub Selatan Bulan kemungkinan merupakan tempat terdingin yang terdapat di luar angkasa.

Hal ini bedasarkan data pengamatan Lunar Reconnaissance Orbiter pada tahun 2009 silam. Ini juga diperkuat oleh peneliti dari University of Arizona, Patrick O’Brien dan rekannya Shane Byrne yang menyebutkan bahwa tempat terdingin di luar angkasa adalah kawah tersebut.

Benarkah tanaman bumi bisa tumbuh di tanah bulan?

Kedua penelitian ini menjelaskan kawah bayangan di Bulan diperkirakan memiliki suhu sekitar minus 248, 15 derajat celcius, namun bisa lebih dingin dari perkiraan.

Menurut Profesor Ilmu Planet dan Astrobiologi, Ian Crawford yakin bahwa suhu ini lebih dingin dari perkiraan suhu permukaan rata-rata Pluto.

Dalam studinya, O’Brien dan Byrne menuliskan bahwa kawah itu memiliki pelindung yang kaya akan karbon dioksida, karbon monoksida, nitrogen, dan argon agar tidak terpapar Matahari.

Sementara itu, profesor astronomi di University of Warmick di Inggris, Don Pallaco memaparkan bahwa dengan bayangan ganda, memiliki tepian yang cukup tinggi.

“Sehingga sinar Mataharinya tidak pernah mencapai dasarnya, itulah sebabnya area ini sangat dingin.” ucap Pallaco.

2. Kawah bulan paling terdingin?

Luar angkasa (Jason Laee/Flickr)

Bedasarkan catatan NASA, suhu permukaan rata-rata Pluto adalah minus 232,75 derajat celcius. Akan tetapi, kawah bayangan Bulan tidak sedingin awan Oort, yakni cangkang puing-puing ruang es yang terletak jauh di luar orbit Neptunus.

Northwestern University di Illionis menyebut bedasarkan data suhu di awan Oort bisa mencapai minus 268,15 derajat Celcius. Kendati begitu, NASA menyebut awan Oort telah dianggap sebagai wilayah paling jauh dari Tata Surya sekaligus berada di luar Tata Surya.

Ternyata selama ini hanya nyamuk betina yang menghisap darah manusia

Bahkan, suhu Antartika yang paling dingin dan paling menyiksa pun jauh lebih hangat daripada kawah bulan atau awan Oort. Di sisi lain, arsip milik World Meterological Organization’s World Weather & Climate Extremes, menunjukan suhu terestrial terdingin yang pernah tercatat di stasiun penelitian Vostok Rusia di Antartika ialah minus 89,2 celcius pada 21 Juli 1983.

Namun, para ilmuwan telah menciptakan suhu buatan yang lebih rendah daripada yang terjadi secara alami di Bumi, di kawah bulan atau bahkan di awan Oort. Tahun lalu, tim peneliti Jerman memecahkan rekor suhu terdingin yang dicapai di Laboratorium: minus 237, 15 derajat Celcius (minus 459,65 F).

3. Cara ilmuwan menghitung suhu di luar angkasa?

Luar Angkasa (JOE COOL8/Flickr)

Crawford menyebut suhu dapat diukur dengan mengamati intensitas radiasi inframerah dan gelombang mikro yang dipancarkan dari permukaan. Dengan tidak adanya pengukuran, jelasnya, suhu dapat diperkirakan bedasarkan jumlah sinar Matahari yang diterima.

Namun demikian, Pallaco berkata melakukan pengukuran kosmik tidak selalu sederhana. Jadi meskipun ada cara akurat untuk mengukur suhu di luar angkasa, akan selalu ada ruang untuk penyempurnaan. Karena menurutnya tidak ada yang langsung dalam astronomi, harus terus ada pengamatan.

Budikdamber, cara budidaya ikan dan sayur di satu tempat

“…Suhu adalah perkiraan. Angka yang Anda hitung bergantung pada seberapa bagus asumsi Anda sebenarnya dan seberapa detail model fisik yang digunakan,” ucap Pallaco.