Ketika limbah rambut manusia berperan bersihkan polusi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Kliping rambut manusia untuk menyerap polutan air (Yves Herman/REUTERS)

Selalu ada saja inovasi yang dilakukan manusia untuk menyelamatkan lingkungan, atau setidaknya lebih mengupayakan lingkungan yang bersih di masa depan. Seperti apa yang dilakukan oleh kelompok LSM di Belgia yang menggunakan kliping rambut manusia untuk menyerap polutan lingkungan.

Proyek inovasi daur ulang dari rambut manusia itu dipimpin oleh lembaga nirlaba Dung Dung, yang mengembangkan skema pemulihan limbah yang mendukung ekonomi sirkular.

Mengepul rambut manusia

Untuk proyek ini, kliping rambut manusia dikumpulkan dari penata rambut di seluruh negara, untuk kemudian dimasukkan ke dalam mesin yang mengubahnya menjadi kotak yang mirip keset.

Inovasi ini dipercaya mampu untuk menyerap minyak dan hidrokarbon lain yang mencemari lingkungan, utamanya terkait pencemaran air.

Kliping rambut manusia itu juga dapat dibuat menjadi kantong bio-komposit untuk ditempatkan di dalam saluran air untuk menyerap polusi dalam air sebelum mencapai sungai.

Bahkan, kliping rambut tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah polusi akibat banjir serta diklaim cukup efisien untuk membersihkan tumpahan minyak.

  Mengungkap makanan manusia zaman purba dari jejak fauna di Situs Purba Maros

Satu kilogram rambut yang sudah dijadikan keset, dikatakan dapat menyerap tujuh hingga delapan liter minyak dan hidrokarbon.

Proyek daur ulang limbah rambut manusia ini menguji sifat rambut yang kuat. Satu helai rambut dikatakan dapat menopang hingga 10 juta kali beratnya sendiri. Serta menyerap lemak dan hidrokarbon, larut dalam air, dan sangat elastis karena serat keratinnya.

Inovasi atas masalah lokal

Pembuatan keset dari limbah rambut manusia (Yves Herman/REUTERS)

Meski banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah polusi, baik di udara, darat, maupun di air, namun inovasi kliping rambut manusia disebut lebih alamiah, karena berasal dari alam dan tidak merusak lingkungan. 

“Produk kami lebih etis karena diproduksi secara lokal… tidak diimpor dari sisi lain planet ini,” kata salah satu pendiri proyek, Patrick Janssen, menukil Euronews.

“Mereka dibuat di sini untuk menangani masalah lokal.”

Air hujan di mana-mana di Bumi tidak aman untuk diminum karena ‘bahan kimia selamanya’, demikian temuan penelitian.

Larangan limbah plastik yang diterapkan oleh kelompok negara Uni Eropa juga mengikat peraturan pada hotel-hotel terkait perlengkapan mandinya, utamanya soal banyaknya bahan kimia yang berkontribusi atas kesehatan rambut.

  Budikdamber, cara budidaya ikan dan sayur di satu tempat

Sementara jika mengulik industri rambut manusia lainnya, tentu tak terlepas dari industri wig/rambut palsu. Nah, kliping rambut manusia ini sepenuhnya merupakan ‘sampah’ dari limbah industri yang tak lagi digunakan.

Isabelle Voulkidis, manajer salon Helyode di Brussel, adalah satu dari banyak penata rambut di Belgia yang membayar sedikit biaya untuk mengumpulkan potongan rambut mereka.

“Apa yang memotivasi saya, secara pribadi, adalah bahwa saya merasa malu rambut saat ini dibuang begitu saja ke tempat sampah, padahal saya tahu banyak yang bisa dilakukan dengan itu,” tandasnya.

Ragam kegunaan limbah rambut manusia 

Hal lainnya, beberapa ilmuwan percaya bahwa rambut yang kaya zat nitrogen itu dapat digunakan sebagai pupuk taman. Sementara, eksplorasi soal rambut manusia juga digunakan untuk hal lain, salah satunya berbagai perusahaan di dunia telah bereksperimen dengan rambut manusia sebagai bahan bangunan.

Perusahaan biomanufaktur yang berbasis di London, Biohm, menggunakan limbah rambut manusia untuk menghasilkan alternatif bahan lembaran berbasis kayu dan objek 3D.

  Ada 300.000 spesies tanaman yang bisa dimakan, tapi hanya 0,1 persen yang dikonsumsi manusia

Bahkan pada ajang London Design Week 2022, Studio Sanne Visser meluncurkan peralatan rumah tangga yang menggabungkan tali yang terbuat dari limbah rambut manusia.

Artikel Terkait