Melihat kebiasaan kucing makan rumput, benarkah untuk kesehatan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Kucing dan rumput (Pawsome Kitty/Flickr)

Kucing merupakan hewan pemakan daging, tetapi juga suka makan rumput. Pemandangan kucing makan rumput umumnya terlihat pagi atau sore.

Ternyata perilaku kucing makan rumput adalah hal biasa. Karena semua kucing yang punya kesempatan bergerak di luar, dominan akan mengunyah rumput.

Ternyata mengunyah dan menelan rumput bagi kucing berfungsi sebagai pencahar alami. Serat rumput mengandung pencahar alami yang berfungsi mengeluarkan sesuatu yang sulit dicerna kucing, misal hairball atau cacing yang hidup dalam usus, serta tulang yang tertelan.

Lalu apa alasan kucing sering mengunyah rumput? Dan benarkan rumput tersebut bermanfaat bagi kesehatan kucing? Berikut uraiannya :

1. Kucing suka makan rumput?

Ilustrasi kucing (Gene Dershewitz/Flickr)

Kucing merupakan hewan karnivora alias pemakan daging. Tetapi ada kalanya hewan menggemaskan ini memakan rumput. Sahidah, warga Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh biasanya sering melihat kucing makan rumput karena sakit, misalnya batuk.

Dilansir dari Mongabay Indonesia, Sahidah menyebut sejak lama memelihara kucing kampung. Pemandangan kucing memakan rumput menurutnya, dilakukan tidak hanya pada kucing sakit, tetapi juga yang sehat. Pengalaman ini juga katanya dialami oleh pemilik kucing lainnya.

  Mengungkap makanan manusia zaman purba dari jejak fauna di Situs Purba Maros

Masyarakat Kota Banda Aceh, Ibnu Hajar menuturkan penampakan kucing makan rumput umumnya terlihat pagi atau sore hari. Baginya fenomena itu terjadi saat  kucing lagi sakit. Dan, jelasnya rumput merupakan obat alami dari kucing tersebut.

“Saya benar-benar belum tahu alasannya selain untuk obat,” ujarnya.

2. Perilaku yang biasa

Kucing (Arif/Flickr)
Kucing (Arif/Flickr)

Praktisi satwa kecil dan dosen klinik Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. drh Roslizawaty, M.P menjelaskan perilaku kucing makan rumput adalah hal yang bisa. Karena menurutnya semua kucing yang punya kesempatan bergerak (tidak dikurung), dominan akan mengunyah rumput.

Dirinya menyatakan ada beberapa manfaat dari perilaku ini, diantaranya mengunyah dan menelan rumput bagi kucing yang berfungsi sebagai pencahar alami. Serat rumput berfungsi mengeluarkan sesuatu yang sulit untuk dicerna oleh kucing.

“…Misal hairball atau cacing yang hidup dalam usus, serta tulang yang tertelan,” ujarnya.

Manfaat lain dari konsumsi rumput ini adalah untuk meningkatkan asam folat dalam tubuh kucing, karena sebagian besar tanaman mengandung asam folat. Selain itu, jelasnya juga berguna sebagai penghilang stres. Menikmati tekstur rumput berguna seperti healing pada kucing.

  3 hewan ini dipercaya mampu mendeteksi keberadaan makhluk halus

Rosa menambahkan terkadang kucing yang lepas atau punya kesempatan keluar dari rumah, ternyata jauh lebih sehat daripada kucing yang dikurung di rumah. Karena itu kucing yang dikurung di rumah harus diberi nutrisi tambahan untuk mencukupi asam folatnya.

3. Menjaga kesehatan

Kucing batu (Scott Robinson/Flickr)
Kucing batu (Scott Robinson/Flickr)

Ferri Satriyani dari Majalah Kementerian Kesehatan, Mediakom, mengungkapkan dalam sebuah survei yang dilakukan peneliti dengan melibatkan 1.021 pemilik kucing. Ternyata didapati bahwa kucing cukup sering mengigit tanaman hijau. 

Rinciannya sebanyak 71 persen kucing terlihat ngemil tanaman (enam kali sepanjang waktu pengamatannya), 61 persen kucing (10 kali), dan 11 persen kucing (tidak memakan tumbuh-tumbuhan). Menariknya, 91 persen dari kucing yang memakan tanaman terlihat normal tanpa tanda-tanda penyakit.

“Hasil survei ditampilkan pada kongres International untuk Etnologi Terapan ke 53 di Norwegia. Kesimpulannya, sangat tidak mungkin kucing menggunakan rumput sebagai obat,” tulis Ferri.

Namun para peneliti percaya bahwa makan rumput merupakan cara kucing menjaga kesehatan. Tujuan dari konsumsi ini salah satunya adalah merangsang aktivitas otot di saluran pencernaan dan memaksa parasit untuk keluar dari usus. 

  Iduladha tanpa kantong plastik, apa pembungkus alternatif daging kurban?

“Sari dalam rumput mengandung asam folat yang baik bagi kesehatan kucing. Asam folat terdapat pada air susu induk kucing, berfungsi untuk memproduksi oksigen dalam darah. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia dan menghambat pertumbuhan kucing muda,” sebutnya

Artikel Terkait

Artikel Lainnya