Niat perluas rumah, pria ini malah temukan fosil dinosaurus

fosil dinosaurus
Fosil dinosaurus yang ditemukan di Portugal (Faculty of Sciences of the University of Lisbon)

Dinosaurus merupakan salah satu spesies hewan purba yang eksistensinya masih terus diteliti oleh para ilmuwan hingga saat ini. Dari tahun ke tahun, nyatanya selalu muncul laporan penemuan spesimen baik berupa potongan fosil atau rangka utuh hewan raksasa tersebut.

Seperti yang pada tahun 2017 lalu, seorang pria Portugis menjadi pusat pembeiritaan setelah dirinya secara tak terduga menemukan fosil dinosaurus di halaman belakang rumahnya. Bagaimana bisa hal tersebut terjadi?

1. Niat ingin memperluas rumah

Tak disebutkan identitasnya, seorang pria yang diketahui tinggal di kawasan konstruksi properti Pombal, Portugal, awalnya berniat untuk melakukan perluasan rumah tempat tinggal. Namun saat hendak melakukan konstruksi lahan, ia dikejutkan dengan penemuan fosil tulang yang mencurigakan.

Menyadari jika fosil yang ditemukan bisa menjadi penemuan penting, pria yang dimaksud kemudian menghubungi pihak berkepentingan yang menghubungkannya dengan sejumlah ilmuwan. Akhirnya mulai akhir tahun 2019, penggalian skala besar dilakukan.

Dibanding hewan modern, mengapa dinosaurus memiliki ukuran tubuh yang lebih besar?

Telah berlangsung selama nyaris lima tahun, rupanya penemuan yang terjadi lebih besar dari yang dibayangkan. Penemuan fosil tersebut bahkan diklaim sebagai penemuan fosil/spesimen dinosaurus terbesar di Eropa, bahkan dunia.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Elisabete Malafaia, ahli paleontologi dari Fakultas Sains di Universitas Lisbon, Portugal

“Ini salah satu spesimen terbesar yang ditemukan di Eropa, mungkin di dunia,” ujarnya.

2. Diduga dinosaurus jenis Sauropoda

Ilustrasi dinosaurus spesies Sauropoda (Peter Montgomery/flickr)

Terbaru pada tanggal 1-10 Agustus 2022 kemarin, potongan spesimen yang berhasil ditemukan diperkirakan berasal dari spesies dinosaurus spesies Sauropoda.

Untuk diketahui, sauropoda merupakan sejenis dinosaurus pemakan tumbuhan dengan ciri khas leher dan ekor yang panjang. Kelompok dinosaurus ini termasuk makhluk darat terbesar yang pernah berkeliaran di Bumi.

Dari hasil penemuan, para ilmuwan mengatakan fosil tersebut memiliki tinggi sekitar 39 kaki atau nyaris 12 meter, dan panjang 82 kaki atau sekitar 25 meter. Sementara itu mengenai jejak di masa lampau, diperkirakan jika dinosaurus ini diperkirakan sekitar 160 hingga 100 juta tahun yang lalu.

Selain di bumi, jejak sampah manusia juga menumpuk di antariksa

Selama bertahun-tahun, proses penggalian spesimen fosil lainnya terus dilakukan. Penemuan terbaru lainnya yang diuingkap oleh para ahli paleontologi Spanyol dan Portugis mengungkap jika ada lebih banyak sisa-sisa kerangka raksasa yang belum tergali.

Saking masih banyaknya bagian yang belum terekspos, disebutkan bahwa para ilmuwan berencana untuk melanjutkan penggalian pada tahun depan.

3. Penelitian fosil dinosaurus lebih lanjut

Ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap fosil dinosaurus yang ditemukan (Faculty of Sciences of the University of Lisbon)

Untuk sementara ini, para peneliti disebutkan akan membawa fosil tulang yang baru ditemukan ke laboratorium, Mereka kabarnya akan menghilangkan sedimen atau tanah sisa-sisa kuburan, mendokumentasikan temuan, dan mempersiapkannya untuk studi masa depan serta dipajang di museum tertentu.

Di sisi lain, Steve Brusatte selaku ahli paleontologi di University of Edinburgh, Skotlandia, yang tidak terlibat dalam proyek penelitian menyatakan bahwa temuan itu bisa menjadi pertanda akan hal tak terduga.

Maksudnya, bisa jadi selama ini semua orang bisa saja berpotensi menemukan fosil makhluk purba layaknya dinosaurus. Entah itu di tanah yang tandus atau di halaman belakang rumah seseorang.

Selain Bima Sakti, ini deretan galaksi yang ada di alam semesta