5 hewan yang muncul dalam Alquran yang perlu diteladani

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Lebah madu (Kitty Ganiati/Flickr)
Lebah madu (Kitty Ganiati/Flickr)

Dalam Alquran ternyata ada 200 kata yang menyebut berbagai hewan yang memegang peran spesial. Bahkan beberapa hewan ini dijadikan nama surah dalam Alquran seperti surah Al-Baqarah yang berarti sapi betina. Hewan bahkan memegang peranan penting dalam agama Islam, pasalnya mereka terlibat dalam kisah para nabi.

Hewan-hewan ini bisa ditemui secara langsung karena dekat dengan kehidupan manusia. Karena itu mereka dijadikan inspirasi bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Tentunya beragam hewan ini patut diketahui untuk menjadi teladan. 

Lalu apa saja hewan yang masuk dalam surah Alquran? Berikut uraiannya:

1. Burung Ababil

Barn Swallow (muzahid karim/Flickr)
Barn Swallow (muzahid karim/Flickr)

Burung menjadi hewan yang paling banyak disebutkan dalam Alquran, yaitu sebanyak 18 kali dalam 16 surat yang berbeda. Salah satu burung yang pastinya tidak asing dan termasuk hewan spesial dalam Islam adalah burung ababil. 

Burung ini disebutkan dalam surah Al-Fiil sebagai burung yang datang dari surga atas perintah Allah SWT untuk menghentikan pasukan gajah Raja Abrahah yang ingin menghancurkan Ka’bah. Ketika itu penduduk Mekah bahkan menyingkir untuk menghindari serangan tersebut.

  Budaya perburuan paus di Lamalera dan upaya agar populasi tetap lestari

Burung ini diceritakan membawa batu panas yang berasal dari neraka, kemudian menjatuhkan baru tersebut ke arah pasukan gajah sehingga seluruh pasukan yang terlibat dalam penyerangan Ka’bah pada saat itu mati terbakar termasuk Raja Abrahah.

2. Ikan Paus

Paus samudra (Hogarthoriginals/Flickr)

Kisah ikan besar dan Nabi Yunus merupakan kisah yang bermakna penting sekaligus membuat takjub akan kebesaran Allah SWT. Kisah ini bermula ketika Nabi Yunus mendapatkan perintah Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Ninama. 

Nabi Yunus kemudian menuruti perintah Allah dan melakukan berbagai cara agar kaum Ninama menerima ajaran Allah SWT tetapi tidak ada hasil yang didapatkan. Karena putus asa Nabi Yunus memilih untuk meninggalkan kota tersebut.

Dirinya kemudian naik ke kapal, namun karena ada badai yang menerjang, salah satu dari penumpang harus melompat ke dalam laut. Ketika diundi, nama Nabi Yunus pun muncul, sehingga dirinya harus melompat ke laut dan ditelan oleh seekor ikan besar. 

Nabi Yunus kemudian harus tinggal di dalam perut ikan tersebut selama 40 hari. Di sana, Nabi Yunus kemudian berdoa dan meminta ampunan kepada Allah. Akhirnya Allah mengampuni Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari perut ikan. 

  Harga muntahan paus bisa tembus miliaran rupiah, apa istimewanya?

3. Laba-laba

Laba-laba goblin (Nicky Bay/Flickr)

Laba-laba termasuk hewan yang tidak disarankan untuk dibunuh dalam agama Islam. Hal ini karena laba-laba pernah menyelamatkan Nabi Muhammad SAW ketika dikejar oleh kaum Quraisy. 

Kisah ini berawal saat Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar bersembunyi di dalam Gua Tsur. Muka gua ini terbuka, sehingga membuat orang dari luar bisa melihat ke dalam. 

Namun atas perintah Allah SWT seekor laba-laba membuat sarang yang tebal dan menutupi area mulut gua, sehingga kaum Quraisy mengira bahwa gua tersebut telah lama ditinggalkan manusia karena adanya sarang laba-laba. 

4. Lebah

Lebah (tehkici/Flickr)
Lebah (tehkici/Flickr)

Lebah juga dijadikan sebagai salah satu nama surat dalam Alquran yakni surat An-Nahl. Hewan ini menjadi salah satu yang spesial karena dijadikan inspirasi mengenai cara hidup oleh Allah SWT. 

Hal ini dilihat dari bagaimana cara lebah yang begitu bekerja untuk menyambung kehidupan, lebah bekerja untuk membangun sarang, mengambil sumber makanan dari bunga dan menghasilkan madu, tetapi tidak lupa kepada sang penciptanya. 

Lebah juga selalu bekerja kolektif dan tunduk pada satu pemimpin. Lebah selalu hidup dalam koloni besar, dan tidak pernah menyendiri. Dalam bekerja mereka pun memiliki tugas sendiri-sendiri. 

  Paus bungkuk dihapus dari daftar spesies terancam, kabar baikkah?

Lebah juga tidak pernah melukai kecuali kalau diganggu. Lebah tidak pernah memulai menyerang. Dia hanya akan menyerang bila merasa terganggu atau mempertahankan kehormatan dari ratu lebah. 

5. Sapi

Sapi (Duane Schermerhorn/Flickr)
Sapi (Duane Schermerhorn/Flickr)

Ayat tentang sapi berada pada surat terpanjang dalam Alquran, yakni surat Al-Baqarah. Hewan ternak ini disebutkan sebanyak sembilan kali di dalam Alquran yang lebih banyak mengisahkan tentang perintah untuk menyembelih sapi. 

Namun kisah sapi juga diceritakan dalam cerita Nabi Musa. Ketika Nabi Musa diperintahkan untuk menyeru kepada Bani Israil dengan cara menyembelih sapi betina dengan ciri tertentu yaitu berumur sedang, punya kulit bersih tak bercorak, dan tak pernah membajak sawah. 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya