5 makanan dan minuman berkhasiat yang disukai Rasulullah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Buah Tin (wanzailani/Flickr)
Buah Tin (wanzailani/Flickr)

Tubuh yang sehat tidak bisa dilepaskan dari pola makan dan pola hidup yang tepat. Nabi Muhammad menjadi panutan dari segala yang dilakukan untuk ditiru oleh umat Muslim di dunia. Tidak terkecuali mengonsumsi makanan dan minuman yang disukai Rasulullah SAW.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW diriwayatkan hanya pernah menderita dua kali. Pertama akibat diracun oleh seorang wanita Yahudi dan yang kedua adalah saat sakit menjelang wafat. Rahasia sehat ini ternyata adalah pola makan yang juga tercatat dalam Alquran.

Lalu bagaimana pola makan Nabi Muhammad SAW ini? Berikut uraiannya:

1. Jali-jali

Barley (Damien Casey/Flickr)
Barley (Damien Casey/Flickr)

Barley atau jali-jali adalah sejenis biji-bijian. Biji jali kini hanya terkenang melalui tembang jali-jali. Pasalnya orang zaman sekarang nyaris tidak mengenal bahkan mengonsumsi biji-bijian berwarna putih tersebut. Padahal manfaat yang dirasakan tubuh saat mengonsumsi jali sangatlah bagus.

Nabi Muhammad SAW sangat menyukai jali-jali. Biasanya jali-jali diolah dalam bentuk sup hangat. Biji-bijian yang satu ini kaya akan karbohidrat dan nutrisi lainya. Mengonsumsi makanan ini dipercaya dapat mengatasi demam. Juga mempunyai kandungan gizi untuk melancarkan buang air besar hingga jadi obat tradisional kanker.

  Ikan Ying dan Yang, hidangan kontroversial karena disajikan setengah hidup

Anda dapat memasak biji jali menjadi bubur dengan gula secukupnya untuk sarapan setiap pagi. Bila jali rasanya tawar, Anda dapat memakai daun pandan dan sedikit gula. Sarapan bubur jali tidak menaikan gula darah. Apalagi jika digabungkan dengan yoghurt, maka manfaatnya pun semakin bagus untuk tubuh.

2. Kurma

Kurma (Qefy Alghifari/Flickr)
Kurma (Qefy Alghifari/Flickr)

Sudah banyak yang tahu bahwa kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Biasanya Nabi Muhammad SAW akan makan kurma setiap hari. Kurma banyak tumbuh di Arab Saudi bahkan memiliki banyak jenis dan menjadi tanaman khas negara tersebut.

Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Di dalamnya juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, potassium, magnesium, zink, dan lainnya. Manfaat kurma adalah bisa melancarkan sistem pencernaan, hal ini dikarenakan kurma mengandung serat.

Konsumsi kurma juga dipercaya bisa mencegah beberapa kronis seperti gangguan jantung, penyakit kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kurma juga bisa dipakai sebagai pengganti gula putih.

  Catatan Marco Polo soal badak yang disebutnya unicorn

3. Buah Tin

Buah Tin (MADiSYAK/Flickr)
Buah Tin (MADiSYAK/Flickr)

Buah tin menjadi salah satu buah yang dipercaya suci dan istimewa. Bahkan buah tersebut disebutkan dalam Alquran dalam surat At Tin. Buah ini juga merupakan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Khasiat dari buah ini juga sudah dibuktikan lewat penelitian ilmiah.

Buah tin mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dalam buah tin dapat melunakkan feses, mengurangi sembelit, dan berfungsi sebagai prebiotik sehat untuk usus.  Makan buah tin juga dapat membantu mengatasi sembelit.

Pada studi tahun 2017 dalam jurnal “Pharmaceutical Biology” menunjukan, buah tin dapat mengatur tekanan darah dan kadar lemak dalam darah. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Anggur

Anggur (Marufish/Flickr)
Anggur (Marufish/Flickr)

Buah anggur terdapat kandungan nutrisi seperti karbohidrat, potasium, vitamin C, vitamin K, magnesium dan tembaga. Anggur berkhasiat untuk mencegah radikal bebas, risiko kanker hingga meningkatkan daya ingat sehingga bagus untuk dikonsumsi.

Karena khasiatnya, membuat Nabi Muhammad SAW menyukai buah anggur dan sering mengonsumsinya. Buah ini dapat berperan untuk memurnikan darah, memberikan kekuatan dan menyehatkan ginjal dan menjernihkannya dari penyakit.

  Timun suri, buah khas bulan puasa yang mengingatkan jati diri sebagai petani

Manfaat anggur juga terkait dengan penyakit jantung. Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa resveratrol dan kuersetin dapat menurunkan risiko atheroskelosis dan melindungi kerusakan akibat kolesterol jahat. Dengan begitu risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat dikurangi.

5. Madu

Lebah madu (Kitty Ganiati/Flickr)
Lebah madu (Kitty Ganiati/Flickr)

Madu bisa dijadikan obat untuk banyak orang. Hal tersebut pun dimanfaatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk membuat tubuhnya sehat. Biasanya madu diolah dengan cara dicampur air panas. Salah satunya mengonsumsi madu sebelum tidur bisa mendatangkan banyak manfaat.

Manfaat meminum madu sebelum tidur akan membuat tidur semakin nyenyak. Kandungan insulin dalam madu murni bisa meningkatkan kualitas tidur. Madu juga dipercaya mampu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Nutrisi dan vitamin dalam madu baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Mengonsumsi madu juga bisa menyembuhkan gangguan pada saluran pernapasan. Menurut beberapa penelitian, madu terbukti bisa menyembuhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu, madu juga ternyata bisa menurunkan berat badan. 

Artikel Terkait

Artikel Lainnya