5 menu sehat ala Nabi Muhammad untuk sahur dan berbuka puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Buah Tin (MADiSYAK/Flickr)
Buah Tin (MADiSYAK/Flickr)

Umat Islam sudah seharusnya meneladani semua kebaikan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Termasuk dalam hal berbuka puasa. Pilihan makanan yang menjadi kesukaan Rasulullah SAW saat berbuka puasa pun sangat tepat dijadikan sebagai referensi sebagai hidangan berbuka oleh umat Islam.

Bukan sembarangan, makanan yang menjadi favorit Rasulullah SAW ini tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Menu buka puasa kesukaan Rasulullah SAW sebagian besar didominasi oleh buah-buahan. Tentunya makanan ini menjadi sumber nutrisi dan kesegaran.

Lalu apa saja menu buka puasa ala Rasulullah? Berikut uraiannya:

1. Kurma 

Kurma (djokomuljanto/Flickr)
Kurma (djokomuljanto/Flickr)

Menurut salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Rasulullah memiliki kebiasaan mengonsumsi kurma di waktu sahur. Kurma merupakan pilihan makanan yang tepat untuk sahur. Buah ini mengandung kalori, serat dan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh

Kita akan merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsinya karena kurma termasuk sumber karbohidrat kompleks. Selain itu, kurma juga kaya akan berbagai nutrisi lain, seperti antioksidan, vitamin B, C, dan K, kalsium, zat besi, dan sebagainya.

  Jadi hewan kesayangan Rasulullah, ini dia keistimewaan kucing

Tak hanya saat sahur, menurut hadis yang diriwayatkan Abu Daud, Rasulullah juga selalu mengakhiri puasanya dengan kurma yang masih segar. Jika tidak ada, beliau akan mengambil kurma kering. Lalu jika keduanya tak ada, barulah beliau minum air putih. Setelah itu, nabi akan menjalankan salah Magrib.

2. Aneka sayuran dan buah-buah 

Sayuran (kunta widjaya/Flickr)
Sayuran (kunta widjaya/Flickr)

Menu lain yang tak kalah penting adalah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW antara lain adalah buah delima, tin, zaitun, anggur, dan melon. Sedangkan sayuran, Nabi Muhammad SAW lebih suka mengonsumsi aneka sayuran seperti labu, zukini, bit, dan timun.

Tak hanya lezat, mengonsumsi sayur dan buah setelah berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.

3. Daging domba

Meat (Robert Occhialini/Flickr)
Meat (Robert Occhialini/Flickr)

Nabi Muhammad SAW juga suka mengonsumsi daging domba. Selain dagingnya yang lezat dan cocok untuk diolah menjadi berbagai macam menu makanan, daging domba juga ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain mencegah atau mengobati anemia, mendukung sistem antioksidan tubuh, menjaga kekebalan tubuh.

  Khasiat buah kurma yang mampu membunuh sel kanker

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak sering mengonsumsi daging. Beliau lebih menyukai makanan yang terbuat dari tumbuhan. Kebiasaan makan daging terlalu berlebih memang tidak dianjurkan. Karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (Atila Yumusakkaya/Flickr)
Kacang-kacangan (Atila Yumusakkaya/Flickr)

Selanjutnya adalah kacang-kacangan. Diketahui, olahan kacang-kacangan favorit Nabi Muhammad adalah tharid, yaitu masakan kaldu dengan isian utamanya kacang chickpea atau kacang Arab. Bisa dibilang, tharid merupakan hidangan paling disukai Rasulullah.

Hal ini juga disebutkan dalam buku Medieval Cuisine of the Islamic World: A Concise History with 174 Recipes. Selain lezat. Kacang Arab juga kaya manfaat antara lain, mampu mengontrol berat badan, mampu mengontrol kadar gula darah, mendukung fungsi sistem pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah penyakit kanker.

5. Susu

Susu (wallace_Lan/Flickr)
Susu (wallace_Lan/Flickr)

Terakhir adalah susu. Susu juga merupakan salah satu minuman favorit Nabi Muhammad SAW. Susu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena menyediakan kalsium, juga sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

  Akibat virus PMK, Indonesia bisa terancam kiamat susu

Dari berbagai jenis susu, Rasulullah SAW ternyata termasuk penggemar susu kambing, sunah ini bisa diikuti umat Muslim karena susu kambing mengandung banyak manfaat. Selain itu, susu juga minuman yang telah tercatat dalam Alquran.

Diriwayatkan para sahabat, Rasulullah SAW pernah mengonsumsi susu sapi, susu kambing dan susu unta. Bahkan secara khusus, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk minum susu sapi. Dan biasanya Nabi Muhammad SAW sering mengonsumsinya untuk sahur dan berbuka.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya