Nyata di masa lampau, mengenal 5 spesies dinosaurus dalam film Jurrasic World: Dominion

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Dinosaurus di film Jurrasic Wolrd: Dominion (IMDb)

Waralaba film fiksi-ilmiah yang menceritakan kehidupan spesies hewan buas di zaman purba baru merilis film terakhirnya. Apalagi kalau bukan Jurrasic Park dan Jurrasic World yang menceritakan kehidupan spesies dinosaurus.

Sejak pertama kali menghadirkan film pertamanya di tahun 1993, tontonan ini memang sukses menyita banyak perhatian. Karena meskipun jalan ceritanya bersifat fiksi, namun sejumlah spesies dinosaurus yang muncul dalam film tersebut dihadirkan berdasarkan kondisi nyata.

Kondisi nyata yang dimaksud adalah menggambarkan spesies dinosaurus yang menurut para ilmuwan memang hidup di zaman purba. Dan di masa kini, bukti eksistensinya terlihat dengan penemuan sejumlah fosil di berbagai belahan dunia.

Hal sama juga terus dihadirkan dalam film-film setelahnya, termasuk Jurrasic World: Dominion, yang baru rilis tanggal 8 Juni kemarin. Ada beberapa spesies dinosaurus yang menarik untuk diketahui mengenai fakta keberadaan dan jejaknya di dunia nyata.

Apa saja spesies dinosaurus yang dimaksud? berikut deretannya:

1. Dsungaripterus

potongan fossil Dsungaripterus (BleachedRice/Wikimedia Commons)

Dikenal juga dengan sebutan pterosaurus, spesies satu ini merupakan salah satu hewan purba berjenis reptil yang dapat terbang. Dulunya, mereka diyakini berada di kawasan laut yang kini menjadi wilayah laut Afrika dan Asia.

  Dibanding hewan modern, mengapa dinosaurus memiliki ukuran tubuh yang lebih besar?

Dsungaripterus memiliki otak berukuran besar dan penglihatan yang sangat baik. Mereka masuk kategori dinosaurus kecil karena tubuhnya berukuran sekitar 1,21 meter dengan lebar sayap mencapai 3,5 meter. Sementara itu bobot tubuhnya diyakini berada di kisaran 13,6 kilogram.

Penemuan pertama kali fosil spesies ini berlokasi di Cekungan Junggar yang berlokasi di China. Penemunya adalah seroang ahli zoologi sekaligus paleontologi bernama Yang Zhongjian. Hingga saat ini, ada sebanyak 3 fosil Dsungaripterus yang berhasil ditemukan oleh sejumlah ahli paleontologi.

2. Oviraptor

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yakima Tatum (@yakima.dinosaurs)

Spesies dinosaurus kecil lain yang memiliki tinggi setara manusia adalah Oviraptor. Spesies ini memiliki berat sekitar 33-40 kilogram dengan ukuran panjang tubuh bisa mencapai 1,8 meter. Meski dikenal sebagai omnivora, para ahli meyakini spesies satu ini lebih sering memakan biji-bijian atau kacang untuk bertahan hidup.

Spesies satu ini diyakini hidup pada kisaran 100-65,5 juta tahun yang lalu. Lain itu, mereka juga disebut hidup di kawasan yang saat ini dikenal sebagai wilayah Asia Timur dan Amerika Utara.

  Kuda sembrani, hewan mitologi yang dipercaya sebagai tunggangan raja-raja Jawa

Terakhir tercatat ada sebanyak dua fosil Oviraptor yang telah ditemukan di wilayah Batken Region (Kyrgyzstan) dan mnögovi (Mongolia). Penemuan pertama kali terjadi pada tahun 1923, oleh tim ekspedisi yang dipimpin oleh seorang penjelajah Amerika bernama Roy Chapman Andrews.

3. Pyroraptor

ilustrasi pyroraptor (commons.wikimedia.org/Mette Aumala | twitter.com/steamblust)

Spesies dinosaurus berukuran kecil lainnya datang dari Pyroraptor.  Penemuan pertama kali fosil spesies satu ini terjadi pada tahun 1992 di wilayah tenggara Prancis, setelah sebuah kebakaran. Tercatat jika hingga kini ada sebanyak tiga fosil yang berhasil ditemukan ahli paleontologi di daerah Aragon dan Rioja (Spanyol).

Diyakini hidup sekitar 70,6 juta tahun lalu, Pyroraptor disebut memiliki tinggi sekitar 1 meter, panjang 2,3 meter, dan berat 35 kilogram. Mereka biasa memangsa reptil, burung, atau hewan-hewan dengan ukuran lebih kecil lainnya.

4. Quetzalcoatlus

Fosil Quetzalcoatlus (Melissa Lawrence/Flickr)

Spesies satu ini diyakini sebagai dinosaurus sekaligus spesies hewan terbang terbesar yang pernah ada di dunia. Mereka disebut hidup pada kisaran 144 hingga 66 juta tahun lalu. Ada sejumlah penelitian yang meyakini jika bobot maksimal hewan satu ini saat masih hidup bisa mencapai 250 kilogram.

  Jejak Mbah Loreng, dan bentuk penghormatan orang Jawa pada harimau

Diketahui jika panjang kakinya bisa mencapai 1,2 meter. Lain itu apabila direntangkan, sayapnya bisa mencapai ukuran maksimal 15,5 meter. Spesies satu ini diyakini biasa hidup di pinggiran pantai dan laut karena memiliki karakteristik paruh yang tepat untuk memangsa ikan. Meski begitu, ada yang meyakini jika mereka kerap memangsa dinosaurus yang berukuran lebih kecil.

Dengan bobot tubuh dan sayap yang lebar, Quetzalcoatlus diyakini dapat terbang sejauh 16.000 kilometer tanpa henti. Fosil dari spesies hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971 di Texas, AS oleh Douglas Lawson.

5. Therizinosaurus

Fosil Therizinosaurus (Natural History Museum of Utah/Wikimedia Commons)

Yang satu ini masuk dalam kategori dinosaurus berukuran besar, panjang tubuhnya bisa mencapai 9-10 meter dengan tinggi mencapai 6 meter. Dipercaya hidup pada kisaran 70 juta tahun yang lalu, penemuan fosil pertama kali terjadi di tahun 1948.

Fosil pertama Therizinosaurus ditemukan oleh tim ekspedisi gabungan antara Soviet dan Mongolia. Lebih detail, letak fosil pertama tersebut berada di Gurun Gobi (China). Meski disebut memiliki bobot mencapai 3 ton, mereka masuk kategori herbivora dan berkembang biak dengan bertelur.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya