Wajib tahu, ini 5 negara tertua yang pertama kali terbentuk di dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
negara tertua
Mesir, negara tertua di dunia (Sean McPhee/Flickr)

Secara kedaulatan dan pola hidup di bawah kepemimpinan serta teritori wilayah, kehidupan di dunia atau Bumi ini berjalan dengan adanya sebuah negara. Ada negara yang sudah berdiri sejak lama dan menjadi negara tertua, tapi ada juga negara baru yang bahkan belum genap berusia 20 tahun.

Hingga saat ini tercatat jika ada sebanyak 241 negara yang terbentuk dan berdiri di dunia. Tapi, hanya 195 negara yang bergabung sebagai bagian dari PBB, dan Indonesia termasuk salah satunya.

Mengapa demikian? Ada berbagai alasan, salah satunya adalah karena negara yang belum bergabung memang belum berdaulat. Contoh negara baru yang telah menjadi anggota PBB adalah Sudan Selatan di Afrika Utara, yang berdaulat secara utuh pada tahun 2011. Kebalikannya, tentu ada negara yang tertua yang sudah berdiri sejak lama.

Sebenarnya, ada beberapa patokan yang membuat suatu negara dikenal sebagai negara tertua. Bisa berdasarkan adanya kepemimpinan organisasi atau serupa pemerintah. Atau ada juga yang mengukur berdasarkan tanggal mereka mendeklarasikan kedaulatan secara mandiri.

Jauh dari itu, ada lima negara tertua yang sudah terbentuk ketika umat manusia menghentikan pola kehidupan nomaden. Artinya, masyarakat tertentu mulai tinggal menetap di satu daerah dan mengembangkan daerah tersebut.

  Ikan Ying dan Yang, hidangan kontroversial karena disajikan setengah hidup

Apa saja deretan negara yang dimaksud?

1. Negara tertua Mesir

Kairo, Mesir (Cameron Woodworth/Flickr)

Mesir adalah negara yang umum dijadikan rujukan dalam sejumlah film bergenre fiksi-ilmiah, yang mengangkat kisah kehidupan dan peradaban kuno. Siapa sangka, gambaran tersebut memang benar adanya.

Dinasti atau kepemimpinan kuno Mesir memang baru secara resmi terbentuk di tahun 3100 sebelum masehi (SM). Tapi, peradaban negara ini secara historis diyakini sudah ada sejak 6000 SM. Populasi masyarakat yang kala itu mendiami negara ini disebut sebagai pemburu, yang menetap di kawasan Lembah Sungai Nil.

Disebutkan bahwa saat itu pemimpin dari Mesir Kuno adalah sebuah Raja bernama Raja Menes.

2. Negara tertua kedua India

New Delhi, India (Not So Dusty/flickr)

Negara kedua yang diyakini sebagai yang paling tua di dunia adalah India, sejak 3300 SM. Kehidupan umat manusia di wilayah ini dimulai dengan sebuah peradaban yang ada di Lembah Indus.

Terlepas dari catatan historis tersebut, awal terbentuknya India sebagai sebuah negara atau kawasan yang memiliki pemimpin dimulai lewat periode Veda, pada kisaran 1500-600 SM.

  5 gunung tertinggi di dunia, siapakah penakluk pertamanya?

Lebih detail, kerajaan pertama di India mulai terbentuk sekitar tahun 1200 SM. Di akhir periode Veda, baru muncul berbagai paham mulai dari Hinduisme, Jainisme, dan Buddhisme. Sementara itu India modern baru didirikan pada tahun 1947, setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris.

3. Afganistan

Kabul, Afganistan (Scott Avery/Flickr)

Berada di kawasan Asia Selatan, cikal-bakal negara Afganistan diyakini sudah ada sejak awal 3000 SM. Masyarakat di kawasan ini dulunya mendirikan salah satu kota pertama di dunia bernama Mundigak, di lokasi yang saat ini dikenal sebagai kota Kandahar modern.

Seiring berjalannya waktu, kawasan ini pernah dipengaruhi oleh orang semi-nomaden dari Asia Tengah yang menetap di Afganistan, dan membawa budaya mereka. Afganistan dulunya juga pernah dipengaruhi oleh Inggris untuk sementara waktu.

4. China

Beijing, China (Ioannis Alexandris/Flickr)

Saat ini dikenal menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia, China rupanya juga merupakan salah satu negara tertua di dunia. Awal mula pembentukan daerah di negara ini diyakini sudah ada sejak 2070 SM.

  Cerita rakyat duyung, mamalia laut yang dihormati masyarakat Buton

Dinasti pertama negara China adalah Dinasti Xia yang berlangsung dari 2070-1600 SM. Sementara itu bentuk negara yang dipimpin dengan model dinasti di China berlangsung hingga tahun 1912, ketika Dinasti Qing berakhir.

Setelahnya, Republik terbentuk dan Republik Rakyat Tiongkok/China didirikan pada tahun 1949 dan berlanjut sebagai Tiongkok modern hingga saat ini.

5. Georgia

Tbilisi, Georgia (Mateusz Kaczynski/flickr)

Cikal bakal negara Georgia terekam dalam jejak Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia, yang ada padan zaman perunggu Eurasia, sekitar 1500 SM. Setelah penaklukan Romawi singkat sekitar 66 SM, Roma dan negara-negara Iran disebut memperebutkan Georgia selama lebih dari 700 tahun.

Disebutkan juga jika Georgia sempat jatuh ke penaklukan Muslim pada awal abad ke-7 Masehi. Negara  itu kemudian diperintah oleh Persia dan Rusia. Setelah periode singkat kemerdekaan dari Kekaisaran Rusia, Georgia pernah menjadi bagian dari Uni Soviet. Sampai akhirnya negara tersebut memperoleh kemerdekaan dan kedaulatannya pada tahun 1991.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya