5 artis ini hidup sukses di desa setelah banting setir jadi petani

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Mark Sungkar dan praktik Aquaponik (via tabloidsinartani.com)

Artis atau kalangan publik figur selama ini umumnya hidup dengan gemerlap hiburan ibu kota untuk memperoleh penghasilan. Ada yang bertahan dengan karier lama, tapi ada juga yang akhirnya berhenti karena berbagai alasan. Dari sekian banyak alasan tersebut, ada salah satu kegiatan alternatif yang akhirnya dilakukan para artis, yaitu menjadi petani.

Meninggalkan ingar bingar Ibu Kota, tak sedikit artis yang membuka usaha menjadi petani, peternak, dan lain sebagainya. Tak disangka, rupanya keputusan tersebut justru membuat mereka menjadi lebih sukses bahkan lebih bahagia.

Siapa saja artis yang memutuskan buat hidup di desa dan menjadi petani atau peternak? Berikut 5 di antaranya.

1. Narji Cagur

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by NARJI_asli (@narji77)

Sosok Narji terkenal lewat grup lawak yang juga menjadi nama terakhir julukannya, yakni Cagur. Berbeda dengan dua anggota lain yang masih berkarier di dunia hiburan sampai saat ini, Narji justru memilih hidup di desa.

Meski begitu, kehidupan Narji nyatanya bisa dibilang cukup sukses. Narji yang memutuskan pulang ke kampung halaman sang istri di Pekalongan, Jawa Tengah, kini dikenal sebagai petani sayur. Narji awalnya memang sudah memiliki sebidang tanah sawah. Namun seiring berjalannya waktu, lahan sawah yang ia punya semakin bertambah.

  Dari Jokowi hingga Dubes Jerman, ini deretan ‘protes’ dari pegiat lingkungan cilik Indonesia

Saat ini diketahui kalau Narji punya sekitar 3.000 meter lahan sawah. Ia juga aktif melakukan semua kegiatan bertani sendiri, mulai dari menggemburkan tanah sampai membajak sawah. Bukan cuma itu, di akun media sosialnya Narji juga aktif menyuarakan gerakan pemberdayaan yang mendukung petani Indonesia.

2. Akri Patrio

Sama seperti Narji, Akri juga jadi salah satu anggota grup lawak yang memilih kembali ke desa. Akri sendiri sebelumnya berada di satu grup lawak yang sama dengan Parto dan Eko Patrio.

Sebenarnya, saat ini Akri diketahui lebih aktif menjadi seorang pendakwah. Tapi di samping itu, ia juga menjalani kehidupan sebagai seorang peternak di kawasan Depok dan Bogor. Adapun jenis peternakan yang dijalani oleh Akri adalah kambing, entok, dan kerbau. Bukan mencoba peruntungan, rupanya kegiatan beternak yang dijalani memang sudah biasa ia lakukan sejak kecil.

“Saya waktu SD dikasih anak kebo. Namanya hobi jadi bisa sayang sama hewan.” ungkapnya, mengutip Detikcom.

Akri juga aktif membagikan kegiatan beternak di kanal YouTube miliknya sendiri. Selain beternak, ia rupanya juga memiliki sedikit lahan perkebunan sayur dan buah seperti jambu dan nangka.

“Bahagia itu bukan karena kita bisa tinggal di kota, mewah, punya segala macam. Kita hidup di kampung begini pun bahagia. Karena bahagia itu dari sini, dari hati.” ujarnya.

  Mengenal 3 sosok pemuda aktivis lingkungan yang menginspirasi

3. Aziz Gagap

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ajis Gagap (@ajis_gagap22)

Satu lagi publik figur kalangan komedian yang memutuskan banting setir menjadi seorang petani, yakni Aziz Gagap. Terkenal lewat acara Opera Van Java (OVJ) yang terbilang sukses pada masanya, kini Aziz juga tak kalah sukses menjalani pilihan usahanya sendiri.

Aziz pertanian, peternakan, dan perikanan di bilangan Serpong, Tangerang Selatan yang diberi nama Gagap Farm. Ragam jenis ternak dan ikan yang ia lakukan di antaranya terdiri dari kambing, sapi, kolam budidaya lele, nila, dan gurami.

Azis jadi orang yang terjun langsung mengurus semuanya. Mulai dari meracik campuran makanan untuk hewan ternak, memberi pakan, sampai membersihkan kandang. Menariknya, pertanian dan peternakan yang ia jalani itu dilakukan untuk mendukung keberlangsungan pesantren yang juga dimiliki.

4. Mark Sungkar

Akuaponik Mark Sungkar (via tabloidsinartani.com)

Kalangan artis satu ini dikenal sebagai ayah dari dua bersaudara artis Shireen dan Zaskia Sungkar, yakni Mark Sungkar. Yang menarik, kegiatan bertani yang dimaksud bukan hal baru dilakukan, tapi memang sudah dilakukan oleh Mark sejak masih muda.

  Greg Hambali, bapak aglaonema yang pernah hasilkan tanaman seharga Rp600 juta

Bukan petani biasa, Mark selama ini rupanya sudah menjalani praktik akuaponik. Lahan yang dipakai untuk menjalankan kegiatan tersebut berlokasi di tempat yang sama dengan rumah tinggalnya saat ini. Yakni berlokasi di kawasan Cisarua, Puncak, Bogor.

Ilmu akuaponik yang dimiliki Mark Sungkar rupanya juga cukup mumpuni. Ia pernah mengikuti pelatihan akuaponik bersama ahli akuaponik Murray Hallam di Brisbane, Australia. Bahkan, Mark juga pernah menjadi konsultan taman akuaponik di Hongkong pada tahun 2015.

5. Ken Ken

Ken Ken (via tabloidsinartani.com)

Sosok satu ini mungkin akan terdengar asing bagi kalangan anak muda masa kini. Ken Ken adalah aktor yang memerankan tokoh Wiro Sableng yang terkenal di tahun 1990-an. Tak lagi aktif di dunia hiburan, sosok kelahiran tahun 1957 ini menjadi petani di wilayah Cimande, Caringin, Bogor.

Sudah 18 tahun bertani, berbagai jenis buah dan sayur pertanian yang ditanam oleh Ken Ken terdiri dari kembang kol, markisa, hingga melon Korea.

Dalam salah satu kesempatan, Ken Ken mengatakan kalau dirinya bangga menjadi petani. Dia berharap, generasi muda bisa menjadi penerus ke depannya, apalagi lahan di Indonesia begitu luas.

“Saya bangga menjadi salah satu petani di indonesia yang menggeluti di agrobisnis,” ujarnya.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya