Kota pencemar udara tertinggi di Asia Tenggara (2020)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
ilustrasi polusi (Daniel Angelovski/Flickr)

Jakarta selama ini dipandang sebagai kota dengan tingkat pencemar udara terparah di Indonesia, apalagi jika dibandingkan dengan kota negara lain. Siapa sangka, data yang dimiliki IQ Air pada tahun 2020 justru menunjukkan situasi berbeda.

Dari data yang ada, tingkat pencemaran udara Jakarta justru masih lebih rendah dibandingkan kota-kota besar lain di Asia. Di mana secara mengejutkan, Tangerang justru jadi kota yang mengalami pencemaran udara tertinggi dengan indeks 74,9.

Di posisi ke-2 ada Kota Pai di Thailand yang memiliki indeks pencemaran udara di angka 55. Posisi tersebut kemudian diikuti Bekasi di peringkat ke-3 dengan indeks sebesar 48,1. Setelahnya secara berurut peringkat ke-3,4, dan 5 diisi oleh Kota Chiang Saen, Thailand dengan indeks 43,7, Phan, Vietnam (41,6), dan Saraphi, Thailand (40,5).

Baru di peringkat ke-6, muncul Jakarta dengan indeks pencemaran udara di angka 39,6. Sementara itu di bawah Jakarta masih ada tiga kota lain yang memiliki tingkat pencemaran udara lebih rendah, yakni Hanoi, Vietnam (37,9), San Kamphaeng, Thailand (37,8), dan terakhir Hang Dong, Thailand (36,8).

  Provinsi penghasil padi terbesar di Indonesia (2018-2021)

Kota pencemar udara tertinggi di Asia Tenggara (2020)

Sumber: IQ Air

Artikel Terkait

Artikel Lainnya