Persentase jenis spesies terancam punah di dunia (2020)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Kodok Merah/Darah, amfibi endemik Indonesia yang terancam punah (Simon Aleksander/Flickr)

Bicara mengenai lingkungan, hingga saat ini memang belum ada angka pasti mengenai berapa spesies makhluk hidup yang ada di dunia. Namun mengutip The Conversation, perkiraan untuk jumlah spesies makhluk hidup yang ada di Bumi saat ini bisa mencapai lebih dari 5,3 juta spesies.

Di lain sisi, IUCN per tahun 2020 mencatat jika ada sebanyak 128.918 spesies yang masuk dalam daftar merah (red list), atau terancam punah. Dari ratusan ribu spesies terancam punah yang dimaksud, masing-masing kingdom atau familia memiliki persentase yang berbeda.

Apa saja jenis atau spesies makluk hidup yang paling mendominasi dari keseluruhan spesies terancam punah?

Jawabannya adalah amfibi. Lebih jelas, pada tahun 2019 tercatat jika ada sebanyak 8.007 spesies amfibi yang teridentifikasi di dunia. Dari jumlah tersebut, 41 persen di antaranya sudah menghadapi ancaman kepunahan.

Setelah amfibi, spesies kedua dengan catatan terancam punah tertinggi adalah hiu dan pari. Di mana persentasenya mencapai 37 persen dari keseluruhan spesies mereka. Selanjutnya bukan hewan, makhluk hidup yang berstatus terancam di posisi ke-3 adalah tumbuhan runjung dengan kisaran 34 persen.

  Sebaran komunitas adat di Indonesia (2020)

Berbeda tipis, terumbu karang berada di posisi ke-4 sebagai makhluk hidup yang memiliki catatan kepunahan spesies sebesar 33 persen. Setelahnya, spesies hewan yang memiliki persentase ancaman punah paling besar diikuti oleh krustasea (28 persen), mamalia (26 persen), dan burung (14 persen).

Persentase jenis spesies terancam punah di Dunia (2020)

Satuan: Persen
Sumber: IUCN Red list

Artikel Terkait

Artikel Lainnya