Status burung di Indonesia (2021)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Burung endemik Papua, Mambruk Victoria (Seventh Heaven Photography/Flickr)

Secara keseluruhan, per tahun 2021 diketahui jika jumlah spesies burung di Indonesia berada di angka 1.812 spesies. Dari jumlah tersebut, nyaris setengahnya yakni sekitar 650 spesies memiliki habitat yang berada di daratan Papua.

Jika membahas lebih detail mengenai data dari status burung tersebut, penyebarannya beragam. Dari segi karakteristik ada yang berstatus endemik. Sementara itu jika dilihat dari populasinya ada yang masih lestari, namun ada juga yang menghadapi ancaman kepunahan.

Lantas bagaimana data spesies burung yang ada di Indonesia saat ini secara detail?

Terlebih dulu membahas mengenai statusnya, sekitar 15,88 persen spesies burung yang ada di Indonesia terdata bersifat endemik. Sementara 13,76 persen bagian lainnya memiliki persebaran yang terbatas.

Jika membahas mengenai tingkat kelestariannya, yang melegakan 40,82 persen dari total spesies burung di Indonesia ada di status berisiko rendah. Namun bukan berarti tidak ada ancaman kepunahan, sebanyak 7,19 persen spesies burung lainnya diketahui berada di status mendekati terancam punah.

Di lain sisi meski persentasenya kecil, namun tetap ada sejumlah spesies yang tercatat berada di status rentan (2,86 persen), genting (1,55 persen), dan kritis (0,93 persen).

  Indeks kualitas air di Indonesia (2015-2021)

Mengikuti data di atas, sebanyak 16,62 persen spesies burung di Indonesia saat ini diketahui berada di status dilindungi. Sedangkan sebagian kecil dari total spesies burung di Indonesia atu sekitar 0,39 persen belum memiliki kejelasan status karena masih kurangnya data yang dimiliki.

Status burung di Indonesia (2021)

Sumber: Burung Indonesia

Artikel Terkait

Artikel Lainnya