Waktu urai sampah ternyata ada yang mencapai ratusan tahun

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi sampah plastik (wanablushes/Flickr)

Secara umum kebanyakan orang baru mengetahui kalau jenis sampah yang paling lama membutuhkan waktu untuk bisa terurai adalah sampah plastik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi nyatanya berbeda jenis plastik, maka berbeda pula waktu urai yang dibutuhkan.

Fakta lainnya, bukan sampah plastik yang memiliki waktu terlama untuk bisa terurai, melainkan senar pancing. Iya, material satu ini butuh sekitar 6 abad atau 600 tahun untuk bisa terurai dengan sempurna di alam.

Setelahnya, ada botol plastik dan popok sekali pakai yang sama-sama membutuhkan waktu sampai 450 tahun untuk bisa terurai sempurna. Sementara itu di posisi ke-4, ada kaleng aluminium yang ternyata juga membutuhkan waktu terurai sangat lama, yakni mencapai 200 tahun.

Tidak berhenti di situ, ada juga beberapa jenis sampah yang membutuhkan waktu terurai selama 50 tahun, yakni gelas styrofoam, kaleng timah, dan plastik dalam wujud kantong kresek.

Lalu untuk jenis sampah yang bisa dibilang agak ‘mending’ karena memiliki waktu terurai lebih sebentar terdapat pada kaos kaki wol dan puntung rokok. Keduanya hanya membutuhkan waktu terurai selama 5 tahun. Dua tahun lebih cepat, kayu bisa terurai dalam kurun waktu 3 tahun.

  Pertama kalinya, mikroplastik ditemukan dalam darah manusia

Waktu urai sampah

Sumber: NOAA, Woods Hole Sea Grant

Artikel Terkait

Artikel Lainnya