5 negara tertinggi pendaur ulang sampah (2018)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi daur ulang (Nareeta Martin/Unsplash)

Daur ulang sampah merupakan salah satu upaya penting yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Setidaknya dengan cara tersebut, jumlah sampah yang ada di alam bisa berkurang. Dalam cakupan yang lebih luas, gerakan daur ulang juga bisa berkontribusi dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

Upaya daur ulang telah dilakukan oleh setiap negara, dan hingga saat ini ada beberapa negara yang dikenal memiliki tingkat daur ulang tertinggi serta terbaik.

Lebih detail, di peringkat pertama ada Jerman yang memiliki tingkat daur ulang sebesar 56,1 persen. Mengutip sustainabilitymag.com, Jerman diketahui telah berhasil mengurangi total limbah mereka sebesar 1 juta ton setiap tahunnya.

Ke-2 ada Austria, dengan tingkat daur ulang sebesar 53,8 persen. Hal tersebut lantaran 96 persen penduduk Austria sudah memiliki kesadaran untuk memisahkan sampah mereka ke dalam kategori yang dapat didaur ulang.

Korea Selatan berada di posisi ke-3 dengan tingkat daur ulang sampah tertinggi sebesar 53,7 persen. Saking bagusnya kemampuan daur ulang di negara tersebut, hampir semua jenis sampah dapat didaur ulang, mulai dari kain, TV, sofa, dan styrofoam.

  Perubahan jumlah nelayan yang ada di Indonesia (2010-2020)

Di posisi ke-4 ada Wales, yang memiliki tingkat daur ulang sebesar 52,2 persen. Pada tahun 2025 Wales berencana untuk memiliki kemampuan mendaur ulang 70 persen limbah. Negara ini mampu mendaur ulang sampah jenis kertas, kaca, kartu, kaleng logam, pot plastik, bak, dan nampan.

Terakhir ada Swiss sebagai negara ke-5 dengan tingkat daur ulang tertinggi, yakni sebesar 49,7 persen. Daur ulang menjadi hal yang wajib di negara ini, apabila ada pihak bertanggung jawab tertentu yang gagal melakukan proses tersebut, maka akan dikenakan denda.

Bahkan, negara ini memiliki sekitar 12 ribu titik daur ulang sampah yang berbeda di kota terbesar mereka, yakni Zürich.

Persentase 5 negara tertinggi dalam mendaur ulang sampah di Dunia (2018)

Satuan: %
Sumber: NS Packaging (2018)

Artikel Terkait

Artikel Lainnya