Lebih tahan dari manusia, hewan bisa berpuasa hingga ratusan hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Ilustrasi salamander (Didier et Marie Ruppe Rolland/Fickr)

Jika bicara mengenai hewan yang sanggup berpuasa dalam kurun waktu cukup lama, selama ini unta jadi jenis hewan yang banyak disebut. Padahal, kemampuan unta untuk berpuasa dan menyimpan cadangan makanan di punuknya hanya bertahan selama 8 hari. Jauh dari itu, ada sederet hewan yang kuat tidak makan lebih lama bahkan hingga ribuan hari.

Hewan pertama yang dikenal memiliki kemampuan puasa terlama di dunia adalah salamander. Lebih tepatnya spesies salamander air bernama olm yang sanggup tidak makan selama 3.650 hari atau setara 10 tahun.

Di posisi ke-2, ada katak yang ternyata sanggup berpuasa selama 480 hari, bahkan tidak bergerak sama sekali selama musim dingin. Tak jauh berbeda, di peringkat ke-3 ada ular yang kuat berpuasa selama 360 hari dengan mengurangi metabolisme mereka sekitar 70 persen, ketika memang harus berpuasa di musim dingin.

Posisi ke-4 hewan yang sanggup berpuasa terlama dinobatkan kepada penguin, yang mampu bertahan hidup dengan mengandalkan lemak di tubuhnya. Kemampuan berpuasa lebih lama selanjutnya dialami oleh beruang (100 hari), buaya (90 hari), dan hiu (70 hari), yang nyatanya jauh lebih unggul dibandingkan unta.

  Indeks kualitas air di Indonesia (2015-2021)

Hewan-hewan tersebut mampu bertahan hidup dengan tidak menerima asupan makanan sama sekali karena berbagai hal. Mulai dari menjalani masa hibernasi, hingga kondisi perut yang sengaja diisi penuh saat berburu mangsa sebagai cadangan makanan.

Hewan dengan durasi puasa terlama di dunia

Sumber: Times of India

Artikel Terkait

Artikel Lainnya